-->

18 Tempat Wisata di Samarinda yang Terkenal Dikunjungi

- 2/16/2017

18 Tempat Wisata di Samarinda yang Terkenal Dikunjungi

 
Tempat Wisata di Samarinda - Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia dan satu dari sekian banyaknya kota terbesar di Kalimantan. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung yang dengannya Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda bisa dicapai yang dengannya perjalanan darat, laut serta udara. Yang dengannya Sungai Mahakam yng membelah di tengah Kota Samarinda, yng menjadi sebuah "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur.
Selain itu, Samarinda pun dikenal yang dengannya kain tenun nya yng memiliki motif kotak kotak serta pun aneka macam warna akan tetapi tak cuma itu saja sebenarnya kota ini mempunyai tidak sedikit tempat wisata alam yng Amat menarik serta ternama. Andai kamu sedang berkunjung di Kota Samarinda, maka jangan hingga melewatkan tempat tempat wisata yng ada disini.
Baca Ini : Tempat Wisata di Wonosobo yng Menarik Dikunjungi
Tempat Wisata di Samarinda yng Terkenal Dikunjungi
Pada peluang di artikel ini Aneka Wisata Seru akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Samarinda, Selain menjadi tempat wisata yng ada di Indonesia, Samarinda menjadi kota yng paling indah di Indonesia serta andai kamu sedang traveling ke kota yang telah di sebutkan mungkin rujukan yng kami berikan mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu.
1. Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda
Pulau Kumala
Pulau Kumala adalah tempat wisata yng ada di Samarinda tempat wisata yng satu ini berada di tengah sungai Mahakam Pulau yng tercipta lantaran ada pengendapan lumpur di sungai yang telah di sebutkan andai kita lihat bentuk Pulau ini menyerupai perahu yng terbalik.
Menjdai taman rekreasi, Pulau Kumala mempunyai sekitar 10 wahana permainan yng mampu Kamu nikmati semisal jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, serta kereta api mini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menglilingi pulau dan juga lain-lainya. Selain itu Kamu pun bisa menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian yang dengannya menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini mencapai 75 meter.
2. Tempat Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda
Air terjun Pinang Seribu
Tempat Wisata Air terjun Pinang Seribu terdapat atau terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara ini mempunyai bentuk yng unik yng berupa undakan semisal anak tangga menjadikan mampu dinaiki. Bagi Kamu yng ingin bermain bersama anaknya jangan khawatir lantaran Air Terjun Pinang Seribu ini mengalir tak terlalu deras menjadikan relatif aman.
Selain bermain air,mampu pun menyewa sepeda air seharga 15.000 Rupiah yng mampu Kamu genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelilingi danau buatan. Andai Kamu hobby memancing mampu pun membayar 10.000 Rupiah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing di kolam sepuasnya. Di tempat ini pun ada ramai sekali gazebo bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersantai sambil menikmati makanan Kamu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk harga Tiket bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk ke Air Terjun Pinang Seribu ini merupakan 5.000 Rupiah per orang.
3. Tempat Wisata Pulau Beras Basah Samarinda
Pulau Beras Basah Samarinda
Tempat Wisata Pulau Beras Basah ini terdapat atau terletak di Bontang, Kaltim, lebih tepatnya di Selat Makassar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tempat wisata ini, setidaknya Kamu akan butuh waktu kira-kira sekitar 3 jam dari Samarinda. Meski jauh, namun perjalanan yng lama yang telah di sebutkan akan terpuaskan disaat Kamu melihat keindahan Pulau Beras Basah.
Pemandangan pasir putih serta air jernih yng kebiru-biruan akan membuat Kamu tidak lagi mengingat lelahnya perjalanan panjang menuju ke tempat ini. Kamu pun akan melihat sebuah mercusuar tinggi yng telah tak dipakai. Keindahan pulau Beras Basah ini tak cuma sekedar pasir putih serta panorama pantainya, akan tetapi alam bawah laut Pulau Beras Basah ini dia yng tak mampu dilewatkan begitu saja.
4. Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah Samarinda
Air Terjun Tanah Merah
Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah adalah sebuah air terjun yng terdapat atau terletak di Dusun Purwosari, Samarida Utara, Air terjun ini mempunyai ketinggian 15 meter serta tergolong unik, lantaran air yng mengalir kelihatannya jernih, akan tetapi disaat di bawah, air akan berganti menjadi keruh kemerahan. Hal ini penyebabnya yaitu tanah di sini berjenis gambut.
Di sekitar air terjun tersedia gazebo yng bisa kamu genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersantai menikmati keindahan air terjun, warung makan, serta area bermain anak. Jarak tempuh menuju Air Terjun Tanah Merah lebih tidak lebih sekitar 14 km dari kota Samarinda. Tempat wisata yng satu ini gampang sekali diakses yang dengannya mempergunakan transportasi umum, Kamu cuma cukup naik angkot jurusan Pasar Segiri - Sungai Siring.
5. Tempat Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Umul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan Tempat wisata pendidikan milik Universitas Mulawaman serta saat ini ini telah terbuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk umum. Jarak menuju Kebun Raya Unmul Samarinda lebih tidak lebih sekitar 10 km dari pusat kita Samarinda. Andai kamu ingin masuk di area tempat wisata ini, kamu cukup membayar Rp 5.000 / orang.
Di tempat Kebun Raya Unmul Samarinda terdapat danau besar, kamu mampu menyewa sepeda air bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkeliling danau ataupun mempergunakan andong bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkeliling tempat ini. Selain itu di tempat wisata ini pun memiliki kebun binatang mini serta pun museum kayu yng berinformasi perihal aneka macam jenis kayu di Kalimantan.
6. Tempat Wisata Telaga Permai Batu Besaung Samarinda
Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung adalah tempat hijau yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokasi berkemah. meski tidak berkemah, kamu mampu menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung di sini. Jarak menuju Telaga Permai Batu Besaung sekitar 15 km dari kota Samarida. Ketinggian tanah di tempat Telaga Permai Batu Besaung ini bervariasi, menjadikan sungai yng melaluinya menyerupai air terjun pendek.
Keindahan alam serta lingkungannya dipenuhi yang dengannya pohon hijau, menjadikan membuat Telaga Permai Batu Besaung menjadi sebuah tempat yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkemah andai kamu ingin berkemah di daerah ini. Kegiatan rekreasi diluar ruangan ini pada biasanya di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara waktu menjauh dari keramaian serta kebisingan kota. Telaga Permai Batu Besaung bisa menyediakan suasana tenang semisal itu.
7. Tempat Wisata Desa Budaya Pampang Samarinda
Desa Pampang
Desa budaya Pampang adalah satu dari sekian banyaknya tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu mampu belajar perihal budaya lain yng ada di Samarinda tempat wisata yng satu ini ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan lantaran mempunyai keunikan sendiri, Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan ramai sekali para wisatawan yng berkunjung ke tempat yng satu ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk Menikmati keindahan yng diberikan oleh desa ini.
Pada akhir pekan, tempat wisata ini tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan luar kota maupun luar negeri. Sehari-hari Minggu, pada pukul 13:00 - 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin ataupun gedung pertemuan desa. Gedung ini unik lantaran berupa rumah norma Dayak yang dengannya ukiran khas suku. Menariknya, pada era sedang berlangsung pertunjukan seni, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.
8. Tempat Wisata Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda
Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau adalah satu dari sekian banyaknya obyek wisata yng tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Obyek wisata ini adalah perpaduan wisata alam yang dengannya aneka macam sajian atraksi yng disediakan. Tidak kalah yang dengannya aneka macam obyek wisata terkenal lain-lainnya di kota Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau ini pun mampu menarik perhatian aneka macam wisatawan yng datang ke kota ini.
Selian itu, Di tempat obyek wisata ini pun menyediakan fasilitas outbond. Banyak sekali wahana permainan pun pun mampu dinikmati oleh para pengunjung di sini, semisal waterboom, flying fox serta beraneka jenis wahana permainan lain-lainnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisatawan yng berkunjung bersama keluarga, tersedia tempat bermain bagi anak-anak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk haga tiket masuk ke tempat wisata ini Rp 5.000 per orang, paket outbond Rp. 180.000 per orang.
9. Tempat Wisata Tjiu’s Palace Samarinda
Tjius palace
Tjius palace adalah wahasa wisata keluarga yng mempunyai tidak sedikit atraksi hiburannya semisal kolam pemancingan ikan, sepeda air (kayuh serta mesin) yang dengannya mempunyai bentuk yng cukup unik yakni semisal binatang gokil (bebek, naga dll), ada pun yng berbentuk kendaraan beroda empat, kapal besar, sepeda motor serta masih tidak sedikit lagi.
Selain itu pun terdapat kereta api serta kolam khusus anak-anak yng mengelililngi area bersepeda air. Serta pun terdapat lapangan futsal. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasuki tempat wisata ini tak dikenakan tarif, akan tetapi pada era didalam tempat wisata ini dilarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa makanan serta minuman dari luar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk seseorang yng memiliki hobby memancing, tempat ini Amat cocok.
Tempat wisata ini terdapat atau terletak di daerah Sambutan tepat nya pada Jalan Sultan Sulaiman (pelita 6) Samarinda.
10. Tempat Wisata Kampung Tenun Samarinda
Kampung Tenun Samarinda
Nah Satu dari sekian banyaknya yng khas dari kota Samarinda merupakan kain tenunnya. Kain tenun khas Samarinda mempunyai motif kotak-kotak yng cantik. Andai ingin membeli kain tenun ini menjdai oleh-oleh, silakan datang ke Kecamatan Samarinda Seberang.
Ada dua kampung yng menjadi pusat kerajinan ini yakni Kampung Baqa serta Kampung Masjid. Kedua kampung ini menjadi tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. Di sini, selain membeli kain, Kamu pun mampu melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih Amat simpel lantaran tetap mempergunakan alat tenun bukan mesin yng disebut ‘Gedokan’.
11. Tempat Wisata Pelas Tahun Samarinda
Pelas Tahun
Pelas Tahun Pampang adalah kegiatan budaya yng di lakukan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah menjdai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB) yng sudah memberikan anugerah berupa panenan dari hasil pertanian masyarakat. Setiap tahun masyarakat Dayak Kenyah di Pampang selalu melaksanakan Upacara Pelas Tahun ataupun upacara ucapan syukur kepada pencipta atas hasil panen yng baik.
Satu lagi ritual yng sampai-sampai era ini masih dilestarikan merupakan upacara Junan. Upacara Junan adalah tradisi yng telah berumur ratusan tahun, akan tetapi sampai-sampai saat ini masih tetap dilaksanakan. Junan merupakan ritual mengambil gula dari batang tebu yang dengannya cara diperas memakai kayu ulin.
12. Tempat Wisata Penangkaran Buaya Samarinda
Penangkaran Buaya Samarinda
Tempat Wisata Penangkaran buaya makroman Samarinda adalah Sebuah objek wisata alam yng menarik di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Pulau Kalimantanyaitu Penangkaran buaya makroman. Lebih jelasnya tempat ini terdapat atau terletak diDesa pulau atas, kelurahan makroman, kecamatan palaran tidak lebih lebih berjarak 17 km dari pusat kota samarinda.
Tempat ini bisa kamu tempuh yang dengannya mempergunakan kendaraan beroda dua maupun kendaraan roda empat. Tempat wisata alam seluas tidak lebih lebih 7 hektar ini mempunyai 3 jenis buaya yng era ini berada di dalam penangkaran Makroman. nama-nama dari jenis buaya yang telah di sebutkan yakni buaya siam, buaya muara, serta buaya sepit. Seluruh jenis buaya yng ada di dalam penangkaran ini.
13. Tempat Wisata Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center
Masjid Islamic Center adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata religi yng paling tidak sedikit dikunjungi di kota ini. Arsitektur masjid terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubah besarnya yng bermotif. Masjid ini mempunyai satu menara utama setinggi 99 meter yng disesuaikan yang dengannya asmaul husna, serta enam menara yang dengannya ukuran lebih pendek yng melambangkan rukun iman.
Selain itu, anak tangga menuju ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah, jumlah yng percis yang dengannya butiran tasbih. Masjid ini terdapat atau terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Dibangun pada tahun 2001 serta diresmikan pada tahun 2008.
14. Tempat Wisata Pusat Kerajinan Sarung Samarinda
Kerajinan Sarung Samarinda
Kualitas Sarung Tenun Samarinda Amat terkenal hampir ke seluruh pelosok Nusantara. Pusat pembuatannya terdapat atau terletak disebuah perkampungan Suku Bugis, Kampung Mesjid Baqa Kecamatan Samarinda Seberang.
Berada dipinggir Sungai Mahakam sebelah kiri jalan Pangeran Bendahara ataupun sekitar 300 meter dari Terminal Bus Sei Keledang. Bisa dicapai baik jalan darat melalui Jalan Bung Tomo ataupun menyeberangi Sungai Mahakam dari Pasar Pagi yang dengannya mempergunakan perahu tambangan.
15. Tempat Wisata Tepian Mahakam (Wisata Sungai Mahakam)
Sungai Mahakam
Sungai Mahakam adalah alur sungai yng mengitari sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat serta Kota Samarinda. Aktifitas sosial budaya masyarakat Samarinda bisa kita saksikan.
Semisal pemanfaatan sungai menjdai sarana transportasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk angkutan penumpang serta barang dan hasil bumi yng diperdagangkan antar pulau serta diekspor ke mancanegara melalui Pelabuhan Samarinda. Pada malam hari bisa dikunjungi serta dinikmati juga jajanan Jagung bakar serta terdapat beberapa warung makan lain-lainnya disepanjang bantaran tepian Sungai Mahakam ini.
16. Tempat Wisata Citra Niaga Samarinda
Citra Niaga
Citra Niaga yng adalah taman hiburan rakyat pertama yng berdiri di kota Samarinda, Citra Niaga memenangkan Penghargaan Aga Khan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Arsitektur lantaran rancangannya yng menyatukan antara fungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung pedagang kaki-lima (makanan, kerajinan, dll).
Yang dengannya konsep terbuka dan pedagang menengah yang dengannya konsep ruko yng saling mendukung. Bersama-sama yang dengannya pemerintah daerah serta konsultan penggabungan ini sukses dalam mendatangkan pengunjung serta konsep pemeliharaan lingkungan yng mampu berdiri diatas kaki sendiri.
17. Tempat Wisata Samarinda Central Plaza
Samarinda Central Plaza
Samarinda Central Plaza, adalah mal ketiga yng dibangun di kota Samarinda sekitar tahun 1998. Mal ini terdapat atau terletak di Jl.Pulau Irian.Samarinda Central Plaza merupakan satu dari sekian banyaknya mall terbesar di Samarinda, Kalimantan Timur. samarinda Central Plaza ini tediri dari 5 lantai
18. Tempat Wisata Masakan Bubur Ayam Banten Samarinda
Bubur Ayam Banten
Nah walaupun mempergunakan nama Banten, bubur ini menjadi sajian masakan yng terkenal di Samarinda, lho. Bubur Ayam Banten ini menjadi unik lantaran sajian buburnya mempergunakan kuah. Selain itu, buburnya sendiri telah mempunyai cita rasa yng gurih.
Lantas dilengkapi yang dengannya suwiran daging ayam, irisan telur rebus, irisan daun bawang serta seledri, dan potongan tomat. Jangan lupakan pun emping menjdai pendamping agar bubur lebih sedap. Andai penasaran yang dengannya sajian bubur berkuah, Kamu mampu mencicipinya di Komplek Prefab yng berada di Jalan Harmonika ataupun berada di depan Kantor Bapedalda.
Baca ini : Tempat Wisata di Balikpapan yng Wajib Dikunjungi
Demikian mengenai 16 Tempat Wisata di Samarinda yng Terkenal Dikunjungi nah mudah-mudahan ini mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh, andai kamu ingin bertanya perihal tulisan atau artikel ini, kamu mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 18 Tempat Wisata di Samarinda yang Terkenal Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 18 Tempat Wisata di Samarinda yang Terkenal Dikunjungi