-->

Daftar Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah

- 4/11/2017

Daftar Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah

 
12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Karanganyar adalah sebuah kabupaten yng terdapat atau terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar pernah sempet menjadi terkenal di Indonesia lantaran menjdai "Kota Jemani". Ya, dahulu pada era demam jemani, Kabupaten Karanganyar adalah satu dari sekian banyaknya penghasil jemani yang dengannya kualitas tidak jelek alias bagus. Selain Jemani tentunya pun ramai sekali dikembangkan tanaman hias disana semisal anthurium, gelombang cinta, adenium, dan juga lain-lainya. Kondisi iklim di Kabupaten Karanganyar yng terdapat di lereng Gunung Lawu ini memanglah Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman hias dan tanaman buah serta sayur ataupun hortikultura. Hingga era ini, tanaman hias masih dijadikan menjdai satu dari sekian banyaknya komoditas unggulan di Karanganyar, akan tetapi kepopulerannya telah tak semisal dulu. Para wisatawan yng berkunjung ke Grojogan Sewu masih tidak sedikit yng membeli tanaman hias ini menjdai oleh-oleh keluarga dirumah.
Lokasi Kabupaten Karanganyar merupakan 14 km di sebelah timur Kota Surakarta ataupun Solo. Yang dengannya demikian pariwisata di Karanganyar tak mampu dilepaskan dari Pariwisata di Kota Solo. Tidak sedikit paket wisata yng memberikan paket wisata di Kota Solo serta sekitarnya. Umumnya beberapa tempat wsiata di karanganyar pun dimasukkan dalam paket wisata Kota Solo ini.
Yang akan di sajikan kali ini merupakan 12 tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tegah yng Perlu kamu kunjungi :

1. Grojogan Sewu

Andai orang sunda menyebut air terjun yang dengannya curug, maka orang jawa menyebutnya yang dengannya kata grojogan. Di Karanganyar terdapat tempat wisata yng Amat terkenal yakni Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terdapat di lereng Gunung Lawu ataupun tepatnya beralamat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tempat Wisata Grojogan Sewu ini adalah tempat wisata unggulan serta Amat terkenal di Kabupaten karanganyar. Hal itu menjadikan tempat wsiata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari banyak sekali daerah di Indonesia. Lokasi tempat wisata ini Amat sejuk lantaran terdapat atau terletak di lereng gunung yng disekitarnya masih ditumbuhi hutan yng lebat. Di hutan sekitar Grojogan Sewu di Tawangmangu ini tidak sedikit terdapat kera yng hidup secara liar. Kera-kera ini semisal kera-kera lain-lainnya, Suka merebut tas bawaan para wisatawan. Oleh lantaran itu kamu Perlu berhati-hati andaikan berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga ke air terjun pengunjung Perlu menempuh perjalanan yang dengannya menuruni anak tangga sebanyk 1.250 buah. Cukup melelahkan bagi kamu yng tak terbiasa, akan tetapi rasa lelah itu seakan hilang sesudah melihat pemandangan Grojogan Sewu yng Amat memukau.

2. Taman Ria Balekambang

Tidak jauh dari lokasi parkiran wisata Grojogan Sewu terdapat sebuah taman yng Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisata bersama keluarga. Taman ini bernama Taman Ria Balekambang. Tempat Wisata di Daerah Tawangmangu ini lebih tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan lokal, lebih-lebih yng ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Disini kamu bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan dan menikmati macam-macam fasilitas, semisal Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis serta lain-lain. Butuh kamu ketahui tempat wisata di Tawangmangu ini pun terdapat macam-macam hotel serta villa yng bisa kamu sewa bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan bersama keluarga ataupun sahabat. Ya, mungkin hampir mirip yang dengannya di Puncak Bogor lah. Daerah ini selalu ramai pada Hari Minggu.

3. Astana Giribangun

Dimanakah Presiden Kedua Indonesia Soeharto dimakamkan ? Apakah kamu tahu ? Sepertinya tak tidak sedikit yng tahu andai Presiden Kedia RI Soeharto dimakamkan di kabupaten Karanganyar, kecuali orang-orang yng benar-benar mengidolakannya. Makam Presiden Soeharto ini adalah kompleks pemakaman keluarga yng diberi nama Astana Giribangun. Astana Giribangun dibangun diatas sebuah bukit yng terdapat atau terletak di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Sebelum Bapak Soeharto wafat, tempat ini telah dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemakaman Ibu Tin Soeharto beserta beberapa keluarga beliau yng telah wafat pun. Era ini makam Bapak Soeharto ini tidak sedikit dikunjungi oleh warga masyarakat yng ingin mengenang jasa-jasa beliau dalam membangun Bangsa Indonesia.

4. Candi Cetho

Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar selanjutnya merupakan Candi Cetho. Candi Cetho adalah sebuah Candi Hindu yng terdapat di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi Kabupaten Karanganyar. Pendapat dari sejarah, Candi Cetho adalah candi peninggalan Kerajaan majapahit. Di kompleks ini pun terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi yng adalah leluhur Dusun Cetho. Apa keunikan Candi Cetho di Karanganyar ini ? Candi Cetho mempunyai keunikan tersendiri yng tidak ada di candi lain-lainnya, yakni terdapat patung berupa kalacakra ataupun alat kelamin laki-laki. Selain itu candi Cetho ini dibangun pada lahan yng berundak. Ada sebelas teras yng masing-masing teras mempunyai keunikan bangunan tersendiri.

5. Candi Sukuh

Tidak jauh dari obyek wisata Candi Cetho, terdapat obyek wisata lain yng tidak kalah uniknya dibanding Candi Cetho, yakni Candi Sukuh. Candi Sukuh terdapat di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, yng lokasinya tidak jauh dari Candi Cetho. Semisal halnya di Candi Cetho, di Candi Sukuh ini pun tidak sedikit terdapat patung-patung beraroma erotis. Akan tetapi pendapat dari beberapa literatur patung-patung ini mempunyai arti menjdai simbul kesuburan. Ada yng unik di Candi Sukuh ini, yakni struktur bangunan candinya sebenarnya tak percis yang dengannya candi lain di Indonesia. Bahkan struktur Candi Sukuh ini lebih mirip yang dengannya bangunan suku Maya di Meksiko ataupun suku Inca di Peru. Penasaran bukan, mari berkunjung ke Karanganyar Jawa Tengah !

6. Perkebunan Teh Kemuning

Tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tengah selanjutnya merupakan berupa perkebunan Teh Kemuning. Bagi warga Solo serta sekitarnya, andaikan ingin menikmati indahnya perkebunan teh, maka tak Perlu pergi ke puncak Bogor, lantaran di tetangga orang-orang di Kabupaten karanganyar terdapat sebuah perkebunan teh yang dengannya pemandangan yng tidak kalah memukaunya dibanding Puncak Bogor. Perkebunan teh ini disebut yang dengannya Perkebunan Teh Kemuning. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati indahnya perkebunan teh yng hijau yang dengannya udara yng sejuk. Selain itu di tempat ini bisa dijadikan menjdai ajang bagi atau bisa juga dikatakan untuk hobi aero sport paralayang tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar. Lokasinya memanglah di lereng Gunung Lawu menjadikan udara khas pegunungan menjadi ciri khas daerah ini. Jalur yng ditempuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke Perkebunan Kemuning ini sejalan yang dengannya jalur yng ditempuh andaikan ingin ke Candi Cetho, Candi Sukuh serta Air terjun Jumog.

7. Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pun terdapat Air TErjun Jumog. Tempat wisata di Karanganyar ini mampu disebut masih baru serta belum sebanyk dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjung tempat wisata ini cuma dibatasi pada keluarga serta rombongan dari seputar Wilayah Solo Raya. Suasana yng ditawarkan di tempat wisata Air Terjun Jumog ini merupakan suasana pegunungan yang dengannya udara yng sejuk yang dengannya ditambah yang dengannya air terjun yng indah. Andai kamu pernah ke Grojogan Sewu, air trjun di Jumog ini tidak banyak lebih kecil dibandingkan di Grojogan Sewu. Akan tetapi akses bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke sini tidaklah begitu sulit. cuma menuruni tidak banyak tangga serta kamu akan hingga di Lokasi wisata, tak semisal di Grojogan Sewu yng Perlu menuruni ribuan tangga.

8. Agrowisata Sondokoro

Tidak jauh dari Kota Karanganyar terdapat sebuah pabrik gula yng masih dalam naungan PTPN IX Jawa Tengah yakni Pabrik Gula Tasikmadu. pabrik gula ini adalah satu dari sekian banyaknya pabrik peninggalan zaman Balanda dulu. Era ini manajemen PTPN IX membuka agrowisata di sekitar Pabrik Gula Tasikmadu yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisata keluarga di sekitar Karanganyar yakni Agrowisata Sondoloro. Di area ini wisatawan bisa menikmati macam-macam fasilitas permainan yng disediakan misalnya flying fox, waterboom serta arena bermain lain-lainnya. Selain itu pun kamu bisa mengelilingi tempat wisata yang dengannya mempergunakan kereta tua yng Amat unik serta antik. Hal ini tentunya bisa menjadikan pengalaman tersendiri bagi kamu serta anggota keluarga kamu.

9. Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso

Kalau umumnya orang mengenal rafting, di Karanganyar kamu bisa melakukan tubing. River Tubing ataupun biasa disingkat yang dengannya tubing adalah aktivitas menyusuri sungai yang dengannya mempergunakan ban. Perlengkapan yng dipakai menjdai standard keselamatan hampir percis denga rafting yakni yang dengannya mempergunakan helm serta pelampung. Permainan tubing di Karanganyar terdapat atau terletak di area Banyu Bening Arena yng berada di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Aktivitas tubing ini Amat menyenangkan apalagi di lakukan yang dengannya rombongan. Umumnya rombongan ini mampu sekeluarga, sahabat kampus ataupun sahabat sekantor. Di sepanjang rute sungai yng ditempuh ini pesrta bisa menikmati dinginnya air sungai yng Amat jernih dan bebatuan khas pegunungan. Pemandangan di sekitar sungai pun Amat mengagumkan.

10. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Obyek wisata di Kabupaten Karanganyar selanjutnya merupakan Pemandian Sapta Tirta yng berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Merujuk pada namanya, Sapta Tirta, di tempat ini terdapat 7 buah sumber mata air yng masing-masing mempunyai rasa yng berbeda. Padahal ketujuh sumber mata air ini terdapat atau terletak dalam satu area. Ketujuh sumber air yang telah di sebutkan merupakan Pertama, Sumber Air Bleng yng airnya dipakai menjdai bahan pembuatan karak ataupun kerupuk. Kedua, Sumber Air Kasekten, airnya dipercaya bisa menambah kekuatan serta mensucikan badan. Ketiga, Sumber Air Mati yng dianggap unik karena airnya selalu tetap, tak bertambah serta tak berkurang, akan tetapi konon air dari sumber ini tak boleh dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi, cuci muka apalagi diminum. Keempat merupakan Sumber Air Urus-Urus yng airnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlancar Buang air besar ataupun obat pencuci perut. Kelima, Sumber Air Anget, airnya dipercaya bisa menyucikan badan sekalian bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati banyak sekali penyakit kulit, gatal-gatal, serta rematik. Keenam Sumber Air Hidup yng airnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasuh muka agar seseorang awet muda serta tampak cantik penampilannya, Sedangkan ketujuh Sumber Air Soda, yng airnya berasa soda alami serta mampu menyembuhkan banyak sekali penyakit dalam semisal ginjal, TBC, liver dan gula.

11. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort serta Sekipan

Masih di Daerah Wisata Tawangmangu, tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, terdapat sebuah tempat wisata yng tidak kalah seru, yakni berupa Bumi Perkemahan ataupun Buper. Buper ini Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan camping baik oleh siswa-siswi sekolah, mahasiswa maupun dari kalangan lain-lainnya. Lokasinya yng Amat sejuk menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Tidak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan camping, pada era liburan tiba tidak sedikit pun yng sekedar datang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati pemandangan berupa jajaran pohon pinus yng Amat indah. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort terdapat atau terletak di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Masyarakat sekitar telah Amat familiar yang dengannya Buper SEkipan. Jadi kalau kamu kesana kamu bisa bertanya yang dengannya masyarakat di sekitar Tawangmangu, hampir dipastikan orang-orang tahu Buper Sekipan.

12. Puncak Gunung Lawu

Wisata di Karanganyar yng pun telah terkenal selanjutnya merupakan Puncak Gunung Lawu ataupun di Cemoro Sewu serta Cemoro Sangkar. Tempat wisata ini kami masukkan lantaran memanglah menjadi satu dari sekian banyaknya daya tarik tersendiri Kabupaten Karanganyar lebih-lebih bagi kamu pecinta alam di seluruh Indonesia. Lokasi jalur pendakian ini terdapat atau terletak di perbatasan antara Kabupaten karanganyar Jawa Tengah serta Kabupaten Magetan jawa Timur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendaki puncak Gunung Lawu ini kami sarankan didampingi oleh pendaki yng telah berpengalaman. Lantaran memanglah mendaki di puncak gunung manapun tak boleh disepelekan, Perlu yang dengannya persiapan yng matang dan pengalaman di pegunungan yng mumpuni. Umumnya para pendaki akan mengawali mendaki dari pos di Cemoro Sewu serta nantinya berakhir di Cemoro Sangkar. Sebelum mengawali mendaki kamu bisa menikmati segelas kopi serta jajanan yng dijajakan oleh warung di sekitar tempat ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pendakiannya umumnya dimulai pada malam hari, harapannya nantinya di pagi hari telah bisa mencapai puncak serta melihat sunrise dari puncak Lawu Hargo Dumilah. Ada keunikan tersendiri dari Puncak Lawu ini, yakni di atas Gunung Lawu sebelum hingga puncak ada sebuah warung yng menjajakan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk para pendaki. Warung ini namanya Warung Mbok Yem yng Lokasinya masih di jalur pendakian ini. Hal ini tentunya Amat membantu para pendaki, lantaran bisa beristirahat menggelar tenda sambil menikmati banyak sekali makanan yng dijajakan dan minum banyak sekali minuman Anget yng pun disediakan. Yng kami tak habis pikir bagaimana perjuangan pemilik warung ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa macam-macam bahan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibawa ke atas gunung. Perjalanan yng ditempuh padahal hampir percis yang dengannya perjalanan ke puncak Lawu Hargo Dumilah.
Bagaimana info perihal tempat wisata Karanganyar diatas ? Menarik Bukan ? Tidak banyak berita andaikan kamu sedang berkunjung ke Karanganyar lantas ingin berkeliling ke tempat wisata Karanganyar yang dengannya mempergunakan kendaraan beroda empat rental, kamu bisa menyewa jasa rental kendaraan beroda empat di Karanganyar yang dengannya mengakses situs Docar.co.id. Disana ada ramai sekali kendaraan beroda empat yng bisa kamu sewa. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkunjung ke situs resminya kamu bisa klik di DOcar sewa kendaraan beroda empat Solo.
Nah, Demikian tadi 12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah. Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sendiri tak cuma terdapat 12 wisata diatas saja, akan tetapi tidak sedikit pun wisata lain yng mungkin belum tidak sedikit terekspos serta belum tidak sedikit dikembangakn oleh pemerintah setempat. Yang akan di sajikan kali ini kami sampaikan pun beberapa tempat wisata lain-lainnya yng tidak kalah menarik yng terdapat di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.
Pemandian Air Anget Cumpleng terdapat atau terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu
Monumen Joko Songo, adalah Makam Pahlawan dari para Tentara Pelajar (TP) yng tergabung di Pasukan Ala-alap yng gugur melawan penjajah Belanda
Candi Planggatan, letaknya di tak terlalu jauh dari Candi Sukuh
Monumen Tanah Kritis, berupa wisata pendidikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenang keberadaan tanah kritis yng terdapat atau terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.
Waduk Lalung, dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan pengairan, perikanan dan pertanian akan tetapi belum serius dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pariwisata.
Situs Watu Sangkar, adalah situs peninggalan zaman pra sejarah yng terdapat atau terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Astana Mengadeg, terdapat atau terletak di Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih adalah komplek makam raja-raja dari Istana Mangkunegaran, Surakarta.
Goa Tlorong terdapat atau terletak di Desa Lempong Kecamatan Jenawi, adalah goa alami yng mempunyai ukuran mulut goa dua meter kali 1,5 meter.
Air Terjun Pringgodani terdapat atau terletak di Kelurahan Blumbang empat kilometer dari terminal bus Tawangmangu, Karanganyar.
Monumen RRI tersembunyi di Desa Balong Jenawi
Pura Peninggalan Leluhur Bali di Karanganyar yng awal mulanya berupa petilasan yng semula berwujud makam Ki Ageng Pasek (Pemacekan), Beliau merupakan leluhur Bali yng dimakamkan di Desa Pasekan Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.
Wisata Gunung Bromo adalah tempat hutan penelitian yng ditumbuhi banyak sekali jenis pohon, salah satunya pohon-pohon langka, semisal Cendana.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah