-->

Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

- 2/02/2017

Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

 
Wisata Religi Kayangan di Wonogiri, Tempat Wisata Terindah - Masyarakat Jawa memanglah mampu disebut unik dalam hal kepercayaannya. Meskipun sebagian besar masyarakat Jawa mengaku muslim akan tetapi banyak sekali praktek berupa ritual, upacara istiadat, lelaku dsb masih tidak sedikit di lakukan sampai-sampai kini. Ada banyak sekali tempat di Pulau Jawa yng Suka dijadikan menjdai tempat ritual bagi atau bisa juga dikatakan untuk masyarakat tertentu, di antaranya merupakan yng terdapat di Wonogiri Jawa Tengah. Tempat wisata yng akan kita bahas di artikel ini merupakan sebuah wisata religi lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk masyarakat kejawen, yng Suka dijadikan menjdai tempat ritual di kabupaten Wonogiri yakni di Kahyangan. Sebagian orang menyebutnya yang dengannya Kayangan.
Gambar Pintu Masuk Kahyangan Wonogiri
Gambar Pintu Masuk Kahyangan Wonogiri

Tempat wisata Kahyangan adalah sebuah tempat yng terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yng masih asri. Di lokasi ini nuansa mistis Amat terasa. Tempat ini mempunyai daya tarik terseniri bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan menjdai tempat bermeditasi lantaran pendapat dari kepercayaan masyarakat, Kahyangan adalah petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram. Pada waktu itu Danang Sutowijoyo, Nama kecil Panembahan Senopati menginginkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi raja di tanah jawa. Beliau lantas bertirakat, bersemedi di kahyangan yang telah di sebutkan. Di dalam semedinya Danang Sutowijiyo bertemu yang dengannya Nyi Roro Kidul yng adalah penguasa Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul lantas mengadakan perjanjian yang dengannya Sutowijoyo bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menjadi raja. Pendapat dari cerita Nyi Roro Kidul ini akhirnya menikah yang dengannya Sutowijoyo. Hal itu lah yng lantas menjadikan Kerajaan Mataram yng dipimpin Sutowijoyo disegani wilayah lain di Nusantara. Kerajaan Mataram adalah Kerajaan di tanah jawa yng berdiri sesudah Kerajaan Pajang yng dipimpin Sultan Hadiwijaya ataupun Joko Tingkir mengalami kehancuran. Kerajaan mataram ini yng dikemudian hari melahirkan Kasultanan Yogyakarta serta Kerajaan Surakarta dimasa saat ini.
Kahyangan mempunyai enam bagian tempat yng telah Amat terkenal yakni Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok serta Pemandian Kahyangan yng tak lain adalah pertemuan dua arus sungai yng dalam bahasa jawa disebut yang dengannya nama Kedung. Di dalam kedung ini lah tidak sedikit di lakukan laku kungkum oleh masyarakat yng andai di lakukan dipercaya bisa membantu terkabulnya segala keinginan.
Demikian tadi sekilas ihwal tempat wisata religi yng terdapat di Wonogiri yakni Daerah Kahyangan. Terlepas dari itu seluruh, segala bentuk ritual yng di lakukan masyarakat adalah hasil dari kepercayaan orang-orang sendiri. bagi kamu yng tak percaya yang dengannya banyak sekali ritual ini cukup mempelajarinya menjdai pengetahuan. ( Baca pun : Tempat Wisata Terindah di Wonogiri )

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri