-->

Daftar Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer

- 2/04/2017

Daftar Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer

 
12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Ternama, Tempat Wisata Terindah - Ah, kalau bicara wacana wisata di Provinsi Yogyakarta maka dijamin tidak akan ada habisnya. Provinsi Yogyakarta memanglah diberkahi yang dengannya pemandangan alam yng indah dan macam-macam kebudayaan yng Amat menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dinikmati. Hal itu menjadikan sektor pariwisata menjadi satu dari sekian banyaknya penyokong sumber pendapatan asli daerah. Kondisi ini pun didukung yang dengannya banyaknya biro perjalanan yng memperlihatkan macam-macam paket wisata di Yogyakarta dan ketersediaan hotel yang dengannya macam-macam tarif. Satu dari sekian banyaknya kabupaten yng ada di Yogyakarta merupakan Kabupaten Bantul. Kabupaten ini pun mempunyai macam-macam tempat wisata yng Amat sayang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilewatkan. Kami akan membahas daftar tempat wisata di Bantul Yogyakarta dalam tulisan atau artikel ini, dimana kami cuma akan memilih 12 lokasi yng akan kita bahas. Selebihnya cuma akan kita tampilkan namanya saja. Semisal kami sampaikan diatas bahwasanya di Yogyakarta ini ramai sekali tempat wisata yng Amat diminati wisatawan, salah satunya yng berada di Kabupaten Bantul. Berikut merupakan 12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Ternama.

1. Pantai Parangtritis

Bicara wacana Wisata Bantul, maka yng tidak bisa dilewatkana dalah tempat wisata berupa pantai yng pastiya Amat menarik. Ada beberapa pantai indah yng ada di Bantul. Butuh diketahui bahwasanya sebelah selatan Kabupaten Bantul berbatasan langsung yang dengannya Samudera Hindia menjadikan ada beberapa lokasi wisata pantai yang dengannya pemandangan yng indah. Akan tetapi harap berhati-hati, lantaran pantai-pantai ini mempunyai ombak yng Amat besar. Malah beberapa kali pernah sempet menelan korban jiwa. Pantai-pantai ini pun Suka dijadikan menjdai lokasi ritual tertentu oleh pihak Keraton Yogyakarta.
Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata pantai di Bantul Yogyakarta yng Amat ternama. Pantai ini terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis memperlihatkan keindahan wisata berupa hamparan pantai yang dengannya pasir putih yng Amat luas. Di beberapa lokasi terdapat gumuk pasir yng Amat indah. Di tempat ini pada malam satu Suro diadakan ritual khusus menyambut tahun baru Islam yng diadakan Keraton Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo adalah obyek wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yng berdekatan yang dengannya Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo pun adalah obyek wisata yng menarik di Bantul. Selain lantaran keindahan pemandangannya, Pantai Parangkusumo pun diminati lantaran faktor mistisnya. Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yng diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yng diberi nama Batu CInta, Konon katanya diatas batu ini pernah di lakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yng pertama yang dengannya Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan. Dalam pertemuan itu disepakati bahwasanya Ratu Kidul akan membantu Mataram bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadikannya kerajaan yng disegani di Tanah jawa. Oleh lantaran itu tidak sedikit yng menjadikan Pantai Parangkusumo ini menjdai tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermeditasi, bersemedi, melakukan ritual khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di Bantul yng cukup unik merupakan Pemandian Air Panas Parang Wedang. Dikatakan unik lantaran pemandian air panas ini tak terdapat di pegunungan semisal kebanykan pemandian air panas, akan tetapi lokasinya terbilang dekat yang dengannya pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi tak jauh dari Pantai Parangtritis.Di pemandian ini telah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 m serta beberapa kamar mandi air Anget bagi atau bisa juga dikatakan untuk para pengunjung.

4. Pantai Samas

Tempat wisata pantai di Bantul selanjutnya merupakan Pantai Samas. Pantai ini terdapat atau terletak di Kecamatan Senden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasi Pantai Samas merupakan berjarak 25 km ke arah selatan Kota Yogyakarta. Di Pantai Samas terdpat mercusuar yng dipakai menjdai navigasi bagi para nelayan. Bagi pecinta fotografi, nampaknya tempat ini bisa dieksplore lebih lanjut menjdai bahan obyek fotografi kamu.

5. Kids Fun

Selain terdapat wisata alam berupa pantai yng indah, Kabupaten Bantul pun terdapat wisata keluarga berupa taman bermain bagi anak-anak kita yakni Kids Fun. Kids Fun terdapat di Jalan Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Disini terdapat banyak sekali wahana permainan yng mampu dinikmati semisal Bumper Car, Gokart, Kolam Renang, Flying Fox, Swinger dan juga lain-lainya.

6. Balong Waterpark

Selain Kids Fun, Bantul pun terdapat taman bermain bagi anak, yakni Balong Waterpark. Nah kalau tempat wisata ini berupa wisata permainan air yng Amat digemari oleh anak-anak. Balong Waterpark terdapat atau terletak di sebelah timur Kota Yogyakarta tepatnya berada di Jalan Pleret Km 1,5, Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini terdapat macam-macam permainan air yng disediakan, salah satunya diantaranya merupakan seluncuran air yang dengannya tinggi 12 meter serta 9 meter, selain itu pun tersedia seluncuran khusus keluarga ataupun family slide yng berukuran cukup lebar.

7. Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)

Taman Wisata Tirta Tamansari di Bantul ataupun Waterbuur Bantul ini adalah tempat wisata keluarga di Bantul yng menyediakan kolam renang serta pun fasilitas outbound. Lokasi Taman Wisata Tirta Tamansari berada di Jalan Wijaya Kusuma No. 180, Niten, Trirenggo Bantul, Yogyakarta. Andai kamu dari Masjid agung Bantul terus saja berjalan ke arah timur. Harga tiket masuk di Taman Wisata Tirta Tamansari cukup murah yakni cuma Rp. 7000 serta buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB. Destinasi wisata di Bantul ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

8. Goa Selarong

Goa Selarong adalah tempat wisata religi di Bantul yng Amat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini Suka dipakai Pangeran Diponegoro bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyendiri, serta lantas dipakai menjdai markas perang gerilya melayan Hindia Belanda. Goa Selarong terdapat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Tidak sedikit orang yng berkunjung ke Goa Selarong ini, lantaran ingin mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda. Selain terdapat Goa yng bersejarah di tempat ini pun telah dibangun bumi perkemahan.

9. Makam Imogiri Yogyakarta

Makam Imogiri adalah tempat pemakaman Raja-Raja serta keluarga raja Kasultanan Mataram. Makam ini oleh penduduk Bantul dianggap keramat. Pemakaman Imogiri mempunyai beberapa nama lain yakni Pasarean Imogiri serta Pajimatan Girirejo Imogiri. Pendapat dari sejarah, Pemakaman Imogiri ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632. Lokasi pemakaman Imogiri ini berada di atas perbukitan yng masih dalam kumpulan Pegunungan Seribu serta beralamat di usun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Imogiri adalah satu dari sekian banyaknya wisata religi di Bantul yng cukup diminati. Andaikan kamu berkunjung disini, kamu bisa membeli buku cecil yng berisi wacana Sejarah makam Imogiri salah satunya nama-nama Raja yng dimakamkan di Pemakaman Imogiri ini.

10. Masjid Kotagede Yogyakarta

Destinasi wisata lain-lainnya yng bisa kamu jadikan pertimbangan merupakan wusata sejarah berupa Masjid Kotagede Yogyakarta. Masjid Agung Kotagede ini merupkan bangunan yng mempunyai nilai historis yng Amat tinggi. Bangunan Masjid ini adalah Masjid tertua di Yogyakarta serta adalah peninggalan Kerajaan Mataram. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Agung pada tahun 1640-an. Di Masjid Kotagede ini tidak sedikit ditemui benda-benda bersejarah yng berusia ratusan tahun, diantaranya merupakan bedug yng usianya telah ratusan tahun, dan tembok berperekat air aren.

11. Goa Cerme

Goa Cerme adalah tempat wisata berupa Goa di Kabupaten Bantul yng mempunyai pemandangan berupa stalagtit serta stalagmit yng Amat indah. Goa ini berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa Cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa ini mempunyai panjang sekitar 1,5 km dan berujung di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

12. Pantai Goa Cemara

Pantai di Kabupaten Bantul lain-lainnya merupakan Pantai Goa Cemara. Pantai ini sebetulnya mempunyai pemandangan yng indah, meskipun masih kalah ternama dibandung yang dengannya Pantai Parangtritis serta pun Pantai Samas. Nama Pantai ini Pantai Goa Cemara diambil lantaran di jalan masuk pantai ini terdapat tidak sedikit pohon cemara yng berjejer menjadikan membentuk semisal goa. Lokasi Pantai Goa Cemara terdapat di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menambah kepuasan kamu dalam berwisata di Kabupaten Bantul ada baiknya andaikan kamu menyewa kendaraan berupa kendaraan beroda empat di rental-rental yng terdapat di Bantul. Hal ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan rombongan keluarga dalam jumlah kecil. Andaikan menyewa bis tentunya akan tidak murah serta tidak lebih praktis. Satu dari sekian banyaknya rental kendaraan beroda empat yng bisa kamu coba merupakan di Docar. Docar menyediakan web serta App android yang dengannya antarmuka yng gampang dipahami. Sebelum pesan kamu bisa melihat-lihat dulu di web orang-orang di DOcar sewa kendaraan beroda empat Jogja
Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Ternama. Selain 12 tempat wisata diatas, Kabupaten Bantul pun terdapat tempat wisata lain yng pun Amat menarik. Di bawah ini akan kami tampilkan daftar tempat wisata di Bantul secara lengkap.

Potensi Wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta


Wisata Alam berupa Pantai di Bantul
1. pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
2. pantai Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
3. pantai Depok di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek
4. pantai Samas di Desa Srigading, Kecamatan Sanden;
5. pantai Patehan di Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden;
6. pantai Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
7. pantai Kuwaru di Desa Poncosari, Kecamatan, Srandakan.
Wisata Alam berupa Pegunungan serta Hutan di Bantul :
1. pegunungan Hargodumilah di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
2. Tugu Pandang Nganjir di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
3. hutan Wanagama di desa Mangunan Kecamatan Dlingo;
Wisata Alam berupa Gua di Bantul :
1. goa Gajah di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
2. goa Cerme di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;
3. goa Jepang di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
4. goa Sunan Mas (Surocolo) di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
5. goa Nogobumi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
6. goa Payaman di Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu;
7. goa Lawa di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;
Agrowisata Bantul
1. Pabrik Gula (PG) Madukismo di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan;
2. AGROWISATA, ARGOREJO, Sedayu, Bantul.
Wisata Religi/Ziarah di Kabupaten Bantul
1. Makam Raja-raja Mataram di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
2. Makam Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
3. Makam Sunan Cirebon di Desa Wukirsasi Kecamatan Imogiri;
4. Makam Sewu di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak;
5. Makam Seniman di Dusun Karang Kulon, Kecamatan Imogiri;
6. Makam Pahlawan di Desa Patalan Kecamatan Jetis;
7. Makam Syeh Belabelu di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
8. Makam Syeh Maulana Maghribi di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
9. Makam Pangeran Pekik di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
10. Makam P. Pekik, di Dusun Banyu sumurup, Girirejo, Imogiri;
11. Makam Sunan Geseng di Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan;
12. Makam Dipokusumo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
13. Makam Selohening di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
14. Makam Barat Ketigo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
15. Petilasan Goa Selarong di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan;
16. Petilasan Ki Ageng Mangir di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan;
17. Petilasan Pandansari di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
18. Petilasan Pandan Payung di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
19. Petilasan serta ziarah Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
20. Petilasan serta ziarah Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
21. Petilasan Ambarbinangun di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan;
22. Sendang Kasihan di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;
23. Sendang Semanggi di Kasongan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan;
24. Sumber Air Bengkung di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
25. Sumur Bandung di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
26. Sendang Manikmoyo di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan; serta lain-lain.
Monumen Bersejarah di Bantul
1. Monumen Segoroyoso, di Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret;
2. Monumen Bibis di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
3. Monumen TNI-AU Ngoto di Desa Tamanan Kecamatan Banguntapan;
4. Monumen Brimob di Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu;
5. Monumen KB/APSARI di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
6. Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
7. Monomen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Srimartani Kecamatan Piyungan;
Wisata Seni serta Budaya Bantul
1. museum wayang kekayon di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan;
2. museum batik di Dusun Ketandan Tengah, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri
3. Padepokan seni Bagong Kusudiharjo di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;
Situs Bersejarah Kabupaten Bantul
1. situs Kraton Kerto di Desa Pleret Kecamatan Pleret;
2. situs Watu Wedhok di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri;
3. situs Batu Songkamal di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
4. situs Watu Lindung di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
5. situs Payak di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
6. situs Pleret di Kecamatan Pleret;
7. situs Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
8. situs Watu Cantheng di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
9. situs Watu Gilang di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
10. situs Segoroyoso di Desa Segoroyoso Kecamatan Pleret;
11. situs watugilang di Desa Gilangjharjo, Kecamatan Pandak;
12. situs candi Ganjuran di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro;
Obyek Wisata Buatan di Bantul
a. pemandian Parangwedang di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
b. kolam renang Parangtritis di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
c. kolam renang Tirtotamansari di Desa Trirenggo Kecamatan Bantul;
d. Kid Fun Park di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
e. Bendung Tegal di Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri
f. Balong Waterpark di Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan
g. Grand Puri Waterpark di Gabusan, Kecamatan Sewon

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer