-->

Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta

- 2/03/2017

Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta

 
Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta, Tempat Wisata Terindah - Taman Monumen Nasional merupakan ikon Negara Indonesia yng berdiri tegak di Ibu Kota Indonesia. Monumen Nasional yng ternama yang dengannya singkatan Monas ataupun tugu monas dibangun pada masa pemerintahan presiden RI yng pertama Ir. Soekarno, bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan tugu peringatan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Dibangun pada tanggal 17 agustus 1961 yang dengannya tinggi 132 m dari atas tanah. Tugu yng ujungnya dihiasi emas murni berbentuk nyala api ini merupakan simbol perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia yng tekadnya menyala-nyala bagai api yng berkobar demi merebut kemerdekaan. Tugu Monas tepat berada ditengah lapangan Medan Merdeka Jakarta pusat. Museum Tugu Monas era ini dijadikan tempat wisata yng Amat menarik yng bisa dikunjungi tiap hari mulai jam 8 pagi hingga 3 sore oleh pengunjung dari Jakarta serta Kota-kota lain di Indonesia. (Baca pun : 12 Tempat Wisata di Jakarta)
Gambar Pemandangan Monas di Malam Hari
Gambar Pemandangan Monas di Malam Hari

Sejarah pembangunan monas diawali diakuinya kedaulatan RI oleh bangsa belanda pada tahun 1949. Ibu kota Negara yng dulu pernah sempet berkedudukan di Yogyakarta pada tahun 1950 dikembalikan lagi di kota Jakarta. Lantas bapak Ir.Soekarno memiliki gagasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun monumen nasional tepat diseberang Istana Merdeka. Menjdai simbol peringatan serta pelestarian perjuangan bangsa dimasa revolusi kemerdekaan 1945, agar bisa dikenang oleh bangsa Indonesia serta generasi penerus bangsa.
Tanggal 17 agustus 1954 komite nasional mengadakan sayembara desain Taman Monumen Nasional. Diikuti oleh tidak sedikit peserta dari aneka macam kalangan dimasa itu. Akan tetapi diantara peserta-peserta sayembara ada 1 karya peserta yng paling menonjol. Yakni karya Frederich Silaban. Yng ahirnya ia serta R.M Sudarsono ditunjuk menjdai arsitek pada tanggal 17 agustus 1961. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan mega proyek diatas tanah seluas 80 hektar.
Taman Monumen Nasional dibangun dalam beberapa tahapan. Tahap pertama dimulai pada tahun 1961. Presiden soekarno mengesahkan dimulainya pembangunan yang dengannya penanaman pasak beton pertama. Lantas disusul sebanyk 284 pasak beton ditancapkan menjdai alas penyangga bangunan. Disusul tahap kedua pada tahun 1966 – 1968, yng pembangunannya pernah sempet tertunda lantaran terlaksana upaya kudeta oleh PKI (gerakan 30 september 1965). Lantas tahap terahir dimulai tahun 1969-1976 yakni tahapan finishing bagian-bagian bangunan yng hampir selesai . Monument ini bisa dikunjungi publik secara resmi di syahkan pada tanggal 12 juli 1975.
Lapangan monas beberapa kali mengalami beberapa pergantian nama yakni lapangan gambir, lantas diubah menjadi Lapangan Ikada, Lantas Lapangan merdeka, Lapangan monas, hingga era ini dikenal menjdai Taman Monas. Tidak sedikit pengunjung yng singgah di Monas sekedar menghabiskan waktu libur mingguan. Lantaran tempatnya yng luas yang dengannya taman-taman yng indah. Disekeliling tugu terdapat dua kolam, taman hijau, serta lapangan terbuka yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk olah raga ringan warga ibu kota.
Monas Menjdai simbol pemersatu bangsa Indonesia dari awal masa kemerdekaan masa saat ini sampai-sampai masa-masa mendatang. Tugas kita menjaganya agar anak cucu kita memahami arti semangat perjuangan yng tersimpan pada Taman Monumen Nasional.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta