-->

39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi

- 2/18/2017

39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi

 
Tempat Wisata di Pekalongan - Pekalongan adalah sebuah nama Kabupaten serta Kota yng berada di Jawa Tengah. Kota serta Kabupaten Pekalongan terdapat atau terletak berimpitan, Kota Pekalongan berada di sebelah utara sedangkan Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan.
Kabupaten Pekalongan berbatasan langsung yang dengannya Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, Kabupaten Bajarnegara di sebelah selatan serta Kabupaten Pemalang di sebelah barat. Pekalongan menjadi satu dari sekian banyaknya pusat produsen batik yng cukup terkenal. Batik Pekalongan menjadi satu dari sekian banyaknya produk batik unggulan dari Jawa Tengah disamping Batik Solo.
Selain terkenal yang dengannya batiknya, Pekalongan pun terkenal yang dengannya destinasi wisatanya yng terkenal. Dalam tulisan atau artikel ini kami akan membahas beberapa tempat wisata yng terdapat atau terletak baik di Kota Pekalongan maupun yng masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pekalongan.
Baca ini : Tempat Wisata di Wonogiri yng Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Pekalongan Paling Ternama Wajib Dikunjungi
Yang akan di sajikan kali ini merupakan sejumlah tempat wisata di Pekalongan yng wajib Kamu kunjungi, beberapa di antaranya merupakan destinasi wisata di Pekalongan yng indah serta mempesona di kalangan penikmat perjalanan.
Tempat Wisata Gunung Kendalisodo Pekalongan
Gunung Kendalisode
Apakah kamu suka yang dengannya kegiatan mendaki? andai iya, kamu coba mendaki gunung di pekalongan yakni Gunung Kendalisodo, Gunung ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk memuaskan hasrat mendaki kamu. Gunung ini tingginya cuma sekitar 1.695 meter diatas permukaan laut.
Menikmati semburat matahari pagi di puncak Hanoman Gunung Kendalisoda yng berjarak 4 Km dari kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa tengah ini, menciptakan kesan tersendiri.
Menjadikan mampu pun menjadi spot mendaki bagi pemula yng ingin berupaya hiking. Berlokasi di kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, gunung ini tidak cuma menjadi tempat wisata kota pekalongan saja, akan tetapi pun tidak sedikit dipakai menjdai tempat melakukan ritual norma tertentu oleh masyarakat setempat.
Tempat Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Pantai Pasir Kencana
Tempat wisata di pekalongan pun ada nih destinasi pantai indah yng mampu dikunjungi era liburan yaitu pantai Pasir Kencana. Pantai Pasir Kencana adalah pantai yang dengannya panorama indah, lebih-lebih era sore menjelang.Yang dengannya ditemani hembusan angin khas pantai, tempat nongkrong yng asik, dan pemandangan matahari terbenam yng Amat epic, tentunya menjadi momen liburan yng Amat menyenangkan.
Fasilitas di daerah pantai Pasir Kencana pun telah Amat lengkap, semisal ada mushola, toilet, kamar mandi, tempat makan, taman bagi atau bisa juga dikatakan untuk piknik serta bersantai, serta fasilitas lain-lainnya yng mampu membuat pengunjung makin betah berlama-lama dberada pada tempat wisata menarik di pekalongan yng satu ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu tiba di pantai Pasir Kencana ini jarak yng Perlu ditempuh cuma sekitar 4,5 km saja dari pusat kota Pekalongan.
Tempat Wisata Gunung Rogojembangan Pekalongan
Gunung Rogojembangan
Gunung Rogojembangan merupakan sebuah gunung yng terdapat di perbatasan Banjarnegara serta Pekalongan. Secara administratif gunung ini berada di kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara. Gunung ini merupakan salh satu puncak dari pegunungan Serayu utara yng menjulang dari sebalah barat dieng hingga mendekati Gunung Slamet. Gunung Rogojembangan mempunyai ketinggian sekitar 2117 mdpl.
Gunung ini mempunyai 2 akses pendakian, yng pertama mampu melalui kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara serta Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan. Ada beberapa desa yng mengelilingi kaki gunung ini yakni: Gumelem, Semego, Balun serta Karang Tengah. Akan tetapi jalur pendakian yng paling Suka dilalui merupakan dari desa Gumelem serta melalui desa Semego.
Tempat Wisata Curug Bajing Pekalongan
Curug Bajing Pekalongan
Curug Bajing adalah primadona baru tempat wisata di kabupaten Pekalongan, tepatnya di desa telogopakis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan. Yng konon keindahan mampu membuat takjub setiap orang yng mendatanginya. Lantaran selain keindahan curug itu sendiri, pun lantaran lokasinya yng berada di daerah pegunungan Petungkriono yng telah lama terkenal akan keasriannya.
Menjadikan tidak sedikit orang mulai berbondong-bondong datang ke wanawisata ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk berwisata ataupun sekedar memenuhi rasa penasarannya.Curug Bajing ini terdiri dari beberapa tingkat air menjadikan makin membuatnya tampak indah. Berada di Curug Bajing Amat tak lengkap andai tak berupaya berenang di airnya, lantaran kesegaran airnya yng jernih dan bunyi gemuruh deburan air terjun di Curug Bajing pastinya mampu membuat kita makin fresh serta rileks.
Tempat Wisata Pantai Slamaran Pekalongan
Pantai Slamaran
Pantai Slamaran Indah terdapat atau terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, terbatas oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, bisa dicapai lewat muara pelabuhan yang dengannya perahu pesiar serta lewat jalur darat yang dengannya mempergunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota ataupun terminal bus Kota Pekalongan.
Menjdai daerah wisata, Pantai Slamaran mempunyai pemandangan yng Amat indah, udara yng segar serta bisa juga disaksikan terbit serta terbenamnya matahari menjadikan Amat menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikunjungi. Luas lahan Pantai Slamaran Indah sekitar 3,5 Ha, dilengkapi fasilitas lahan parkir yng luas, rumah makan, warung makan dan perahu sewa yng siap mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar Pantai Slamaran.
Tempat Wisata Pantai Depok Pekalongan
Pantai Depok
Pantai Depok yng memiliki panorama yng memanjakan wisatawan. Pantai ini memiliki ombak yng landai / tenang menjadikan cocok di pakai menjdai tempat wisata keluarga di pekalonga. Kamu tak butuh khawatir andai anak kamu bermain di pantai yang telah di sebutkan lantaran ombaknya yng kecil.
Walaupun begitu tetap Perlu dalam pengawasan ya. Alamat pantai depok pekalongan : bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokasi pantai depok pun gampang di temukan yakni berlokasi di Ds Depok, Kec Siwalan Pekalongan. Nama pantai depok pun tak cuma ada di peklaongan, di bantul yogyakarta pun memiliki wisata pantai yng bernama pantai depok.
Tempat Wisata Desa Wisata Lolong Pekalongan
Desa Wisata Lolong Pekalongan
Desa wisata lolong ini menyuguhkan wisata masakan durian, mendengar nama durian bagi kamu pecinta durian semisal saya pastinya langsung tertarik dong bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahu lebih lanjut wacana desa wisata lolong yang telah di sebutkan. Di desa wisata yang telah di sebutkan menyuguhkan aneka macam maca jenis durian yang dengannya kualitas yng unggulan.
Bagi kamu pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yng Perlu di kunjungi disaat berkunjung ke pekalongan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokasi desa wisata loong sendiri berada di Desa lolong, Kec karanganyar, Pekalongan. Selain menyuguhkan wisata durian yng sungguh menarik hati, desa wisata ini pun mneyediakan wisata adventure semisal halnya river stubing yng di lakukan di sungai sengkarang.
Tempat Wisata Kebun Teh Pagaliran Pekalongan
Kebun Teh Pagaliran
Sebenarnya pekalongan pun memiliki argowisata kebun teh yng sayang andai kamu lewatkan disaat liburan ke pekalongan. Andai kamu menginkan destinasi wisata yng memiliki hawa sejuk nan asri mungkin argowisata kebun teh pagaliran ini cocok bagi kamu.
Selain itu, Hawa sejuk dan hamparan tanaman teh yng berundak-undak tentunya menjadi pemandangan yng Amat epic serta mampu jadi latar berfoto paling baik. Ini merupakan tempat yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah koleksi foto instagram anda.
Sebetulnya kebun teh ini masuk ke wilayah kabupaten batang, akan tetapi dekat yang dengannya pekalongan denan jarak cuma sekitar 40 kilometer. Kebun teh yang telah di sebutkan berlokasi di perbukitan dieng jawa tengah tepatnya di desa pagilaran kecamatan blado, Batang.
Tempat Wisata Linggo Asri Pekalongan
Linggo Asri
Di Linggo Asri ada tidak sedikit pilihan rekreasi keluarga yng lengkap, semisal bumi perkemahan, outbond, kolam renang, mini zoo, tracking hutan, sampai-sampai arung jeram yng menantang. Cocok banget deh bagi atau bisa juga dikatakan untuk jadi destinasi outing bersama keluarga, sahabat kantor, tempat malam keakraban kampus, ataupun mampu pun tempat kemah bareng sahabat.
Linggo Asri ini pun memberikan panorama khas perbukitan yng masih Amat asri serta penuh pesona.Berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, Linggo Asri ini memberikan pemandangan indah plus pengalaman seru yng tidak tidak teringat lagi. Di akhir pekan, ada tidak sedikit rombongan kantor maupun keluarga yng menghabiskan akhir pekan orang-orang yang dengannya berupaya aneka macam jenis tantangan outdoor di tempat ini.
Tempat Wisata Bukit Pawuluhan Pekalongan
Bukit Pawuluhan
Bukit Pawuluhan terdapat atau terletak di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Orang kerap menyebutkan bahwasanya kita bisa melihat golden sunrise di bukit pawuluhan. Jalur pendakiannya cukup gampang serta tak butuh mempergunakan perlengkapan profesional. Perjalan dari desa terdekat ke puncak bukit hanyalah dalam kisaran waktu 2 jam berjalan kaki.
Dari puncak, kita bisa melihat jajaran perbukitan di sekitar wilayah pekalongan yng sebesarnya daerah pesisir akan tetapi beberapa wilayahnya tetap dataran tinggi. Jarak tempuh dari pusat kota pekalongan ke bukit pawuluhan tidak lebih lebih 3 jam perjalanan darat menuju ke kecamatan kandangserang. Lantaran medan yng cukup sulit, jalur ke bukit pawuluhan cuma mampu ditempuh yang dengannya kendaraan bermotor.
Tempat Wisata Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan
Nah yng telah kami sampaikan di awal bahwasanya Pekalongan terkenal yang dengannya Batik Khasnya yng diberi nama Batik Pekalongan. Batik Pekalongan adalah sebuah warisan budaya yng sudha ada sejak aman dahulu serta dibuat secara turun temurun hingga saat ini ini.
Oleh lantaran tu Kota Pekalongan diakui menjdai Kota Batik Internasional. Oleh lantaran itu sangatlah beralasan andaikan di Kota ini dibangun sebuah Museum Batik. Di dalam Museum Batik di Pekalongan ini disimpan koleksi sebanyk 1149 batik dan macam-macam benda yng berhubungan yang dengannya batik salah satunya alat membuat batik itu sendiri.
Tempat Wisata Curug Muncar Pekalongan
Curug Muncar Pekalongan
Ada ramai sekali curug yng terdapat di Pulau jawa ini. Beberapa diantaranya mempunyai nama yng percis. Menjdai misalnya merupakan di Kabupaten Pekalongan terdapat Curug bernama Curug Muncar. Destinasi wisata Pekalongan Curug Muncar ini mempunyai kesamaan nama yang dengannya Curug Muncar yng terdapat di Purworejo.
Curug Muncar di Pekalongan terdapat di ketinggian 1.249 mdpl dimana di sekitarnya terdapat pemandangan yng snagat eksotis lereng Gunung Rogojembangan. Lokasi Curug Muncar ini tepatnya merupakan di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.
Tempat Wisata Curug Bidadari Jolotigi Pekalongan
Curug Bidadari Jolotigi
Tempat Wisata yng ada di pekalongan selanjutnya merupakan Curug Bidadari Jolotigi. Berlokasi di desa Purbo Jolotigi, Kecamatan Talun, Pekalongan, objek wisata satu ini memberikan panorama curug yng khas serta eksotis.
Di Curug Bidadari Jolotigi ini terdapat 5 peredaran air yng indah serta berbentuk semisal kolam renang, menjadikan tidak sedikit juga yng menyebutnya menjdai Curug Batu Dinding Kolam Lima.Destinasi wisata alam satu ini pun Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk jadi tempat hunting foto lantaran keindahan panorama sekitarnya.
Tempat Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan
Pantai Wonokerto
Pantai Wonokerto mempunyai keindahan tersendiri yakni pemanangan sunset yng indah. Selain itu di daerah Pantai Wonokerto ini jugaterdapat sebuah pelelangan ikan. Jadi andai kamu beruntung kamu bisa menemui tidak sedikit pedagang ikan yng menjajakan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan setempat. Pada saat-saat tertentu di Pantai ini diselenggarakan acara nyadran menjdai wujud rasa syukur para nelayan atas hasil melaut yng melimpah.
Tempat Wisata Hutan Mangrove Pekalongan
Hutan Mangrove Pekalongan
Berada di Pekalongan, objek wisata alamnya memanglah sangatlah lengkap. Tidak cuma pantai, gunung, serta curug, di Pekalongan pun ada lho spot hutan Mangrove yng mampu dikunjungi.Hutan Mangrove Pekalongan ini awal mulanya adalah tempat tambak udang yng dikelola oleh pemerintah Pekalongan.
Yng lantas diubah menjadi hutan bakau ataupun mangrove yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan pengikisan air di daerah yang telah di sebutkan.Lantaran keindahan deretan pohon mangrove yng tertata rapi yng membuat pemandangan hutan mangrove kian penuh pesona, tidak heran hutan mangrove ini lantas menjadi ramai menjdai tempat wisata.
Tempat Wisata International Batik Center
Internastional Batik Center
Nah sesudah melihat macam-macam koleksi batik di Museum Batik, tidak lengkap rasanya andaikan tak membawa batik menjdai oleh-oleh khas dari Pekalongan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperolah barang yng tidak jelek alias bagus yang dengannya macam-macam pilihan, kamu Perlu berupaya mengunjungi International Batik Center.
Di International Batik Center ini dijual macam-macam koleksi Batik yng tak cuma ari Pekalongan sendiri akan tetapi pun koleksi batik dari daerah lain semisal Cirebon, Solo dll. Lokasi International Batik Center merupakan di Jalan A Yani Nomor 573 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.
Tempat Wisata Pasar Grosir Batik Setono
Pasar Batik Setono
Pasar grosir batik setono jawa tengah terdapat atau terletak di kota batik, pekalongan ini sudah lama berdiri ini memanglah menjadi satu dari sekian banyaknya pusat batik di Indonesia. Pasar grosir yng didirikan pada tahun 1939 itu awal mulanya didirikan oleh orang-orang yng ahli dalam membatik.
Sesudah sekian lama, pusat grosir batik yang telah di sebutkan masih tetap bertahan yang dengannya ketenarannya. Pusat grosir ini terdapat atau terletak di Jalan Dr. Soetomo Pekalongan. Sebuah jalur utama pantai utara yng menghubungkan Kota Tegal serta Semarang. Produk yng dijual di pasar yang telah di sebutkan mempunyai beberapa ciri khas, yaitu pada corak batiknya serta harganya. Itulah kilasan pasar grosir batik setono jawa tengah.
Tempat Wisata Masakan Sego Megono Pekalongan
Sego Megono Pekalongan
Sego megono merupakan satu dari sekian banyaknya masakan nusantara khas dari daerah pekalongan jawa tengah. Megono mempunyai cita rasa yng cukup unik, terasa Amat enak dilidah serta harganya jauh lebih murah. Bahan dasar megono percis yang dengannya bahan dasar gudeg jogja cuma saja megono tak berkuah. Umumnya megono terbuat dari bahan dasar nangka muda ataupun gori yng dicincang kasar serta dicampur yang dengannya parutan kelapa muda dan bumbu-bumbu khas yng sedap serta menggugah selera.
Akan tetapi seiring perkembangan jaman masyarakat kota pekalongan Suka mengkombinasikan sayur , ikan, serta daging menjadikan nasi megono lebih lezat serta bergizi. Megono yang dengannya berbahan dasar gori Suka disut yang dengannya nama megono cecek. Sedangkan andai berbahan sayur dikenal yang dengannya megono paris. Megono pun bisa dibuat dari bahan dasar batang pohon bambu muda yng disebut megono bung.
Tempat Wisata Watu Ireng Pekalongan
Watu Ireng Pekalongan
Mungkin kamu suka serta Suka penasaran yang dengannya hal-hal mistis, mungkin satu dari sekian banyaknya wisata pekalongan ini mampu kamu kunjungi. Yakni wisata misteri watu ireng yng berlokasi di Ds lambur, Kec Kendang Serang, Pekalongan. jarak dari dari kota pekalongan pun cekap dekat, yakni cuma berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota pkelaongan.
Watu Ireng sendiri memiliki arti batu hitam dalam bahasa indonesia. batu hitam yng berada di lokasi yang telah di sebutkan di perkirakanan mempunyai rongga serta tak ada satu orang pun tahu asal mula dari batu yang telah di sebutkan. Walaupun tergolong wisata mistis akan tetapi sebetulnya wisata yang telah di sebutkan tak menakutkan kok.
Tempat Wisata Curug Cinde Pekalongan
Curug Sinde
Curug Cinde adalah satu dari sekian banyaknya objek wisata alam yng terdapat di Kecamatan Lebakbarang tepatnya di Desa Depok. Jarak Desa Depok sendiri kira – kira 24 Km dari Tugu Durian Kecamatan Karanganyar. selama perjalanan menuju objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yng Amat mempesona serta masih asri, mulai dari perjalanan melewati tengah hutan,
Jalan pegunungan yng berkelok – kelok yang dengannya tanjakan dan turunan serta gemericik bunyi air sungai. Suasana alam pedesaan khas daerah pegunungan akan nampak dari deretan perkampungan yng dilalui.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-oleh dari daerah ini, pelancong wisata alam bisa membeli kopi tumbuk asli Lebakbarang, madu hutan serta gula merah aren alami tanpa pengawet. Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang telah dikenal menjdai pengumpul madu hutan serta Desa Timbangsari menjdai pusat pengrajin gula aren di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan.
  1. Masjid Agung Al Jami Pekalongan, Terdapat atau terletak Jl. KH Wahid Hasyim, depan Alun-alun Kota Pekalongan, dibangun oleh Tumenggung Adinegoro Aryo Wiryo Pekalongan pada 1852.
  2. Wisata Alam Rogoselo berada di Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber serta Makam Ki Gede Atas Angin.
  3. Situs Baron Sekeber, Tempat wisata di Pekalongan berupa arca peninggalan dari jaman Hindu Buddha di Dukuh Kaum, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan
  4. Situs Lingga Yoni, Peninggalan kebudayaan Hindu di tengah persawahan Desa Tlogopakis, Petungkriyono
  5. Pura Lingga Buana Ksira Arnawa, Sebuah pura Hindu yng ada di Jl. Pandanarum, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara
  6. Petilasan Ki Ageng Cempaluk, Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, pun dikenal menjdai Ki Ageng Ngerang, ayah dari Tumenggung Bahurekso.
  7. Pendopo Kajen Pekalongan, Pendopo yng cukup megah yang dengannya lingkungan sekitar luas serta asri, dan jalanan di bagian depan yng Amat lebar.
  8. Lapangan Jetayu Pekalongan, Area lapangan yng cukup luas ini pun dikenal menjdai Tempat Budaya Jetayu Pekalongan, adalah daerah terbuka hijau yng pun menjadi taman bermain segala usia.
  9. Gua Batu Doro, Dukuh Kopeng, Desa Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, seratus limapuluh meter dari Makam Ki Gede Penatas Angin.
  10. Kelenteng Po An Thian, Jl. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian ataupun Bao An Dian berguna “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.
  11. Ekowisata Petungkriyono, Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, yang dengannya air terjun, bumi perkemahan serta peninggalan sejarah.
  12. Wisata Bahari, Sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, yang dengannya beragam hiburan semisal akuarium ikan laut serta air tawar, serta taman bermain anak.
  13. TPI Kota Pekalongan, Gerbang masuk berada di daerah PPNP (Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan). Lokasinya persis di samping Sungai Loji, sekitar 500 meter sebelum muara.
  14. Masjid Wakaf, Masjid tua bersejarah yng ada di JL. Surabaya, No. 47, Sugih Waras, Kota Pekalongan
  15. Makam Habib Ahmada Sapuro, Sekitar 100 meter dari jalan Jendral Sudirman, 2 kilometer ke arah barat dari Terminal Induk Kota Pekalongan.
  16. Pohon Beringin Trembesi, Pohon beringin besar yang dengannya pohon trembesi menjulang di tengahnya Jl Patiunus, pohon yng unik di bantaran Sungai Kupang.
  17. Masjid Aulia Sapuro, Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yng berdiri sejak 1714 yang dengannya tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.
  18. Gereja Katolik Santo Petrus Pekalongan, Gaya bangunannya yng menyerupai bangunan Eropa yang dengannya pilar-pilar tinggi. Lokasi gereja ini memanglah Amat strategis, berada di dekat Jembatan Loji
Baca pun : Tempat Wisata di Surabaya yng Bisa Membuat Kamu Kagum
Demikian mengenai 39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Ternama Wajib Dikunjungi Dikunjungi nah mudah-mudahan ini mampu berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh, andai kamu ingin bertanya wacana tulisan atau artikel ini, kamu mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi