-->

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

- 1/24/2017

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

 
12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yng Indah, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Wonogiri adalah satu dari sekian banyaknya kabupaten yng berada di Jawa Tengah serta masuk dalam eks karesidenan Surakarta. Lokasi Kabupaten Wonogiri merupakan di sebelah selatan dari Kota Solo. Kabupaten Wonogiri berbatasan yang dengannya Kabupaten Karanganyar serta Sukoharjo di sebelah utara, bagian selatan berbatasan langsung yang dengannya Samudera Indonesia, sebelah timur berbatasan yang dengannya Kabupaten Ponorogo, Pacitan serta Magetan Jawa Timur dan bagian barat berbatasan yang dengannya Kabupaten Gunung Kidul Yoyakarta. Wilayah selatan Wonogiri yng berbatasan yang dengannya Laut selatan memicu Kabupaten Wonogiri mempunyai beberapa obyek wisata pantai yng cukup indah. Akan tetapi lantaran minimnya penataan serta promosi dari pemeritah memicu tempat wisata pantai di Wonogiri tidak lebih begitu ramai dikunjungi. Berikut merupakan 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yng Indah selengkapnya :

1. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Bicara wacana wisata di Wonogiri rasanya tidak lengkap kalau tak membahas Waduk Gajah Mungkur. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur sudah menjadi satu dari sekian banyaknya ikon wisata di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur letaknya cuma berjarak sekitar 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk ini adalah waduk buatan yng dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan pertanian. Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun pada tahun 1970 serta selesai pada tahun 1978. Waduk Gajah Mungkur mempunyai luas sekitar 8800 ha serta bisa mengairi ribuan hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar serta Klaten. Era ini di okasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan menjdai tempat wisata yng ramai dikunjungi oleh aneka macam wisatawan dari aneka macam daerah. Wisatawan bisa menikmati panorama waduk yng indah dan menikmati aneka macam hasil ikan dari waduk yng Amat lezat.

2. Pantai Nampu

Tempat Wisata Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini mempunyai pemandangan pasir putih serta batu karang yng Amat indah. Pantai ini mampu disebut masih asri serta belum tidak sedikit terjamah kita-kita. Udara pantai yng segar serta bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Nampu ini berada di Kecamatan paranggupito Wonogiri, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapainya bisa di lakukan yang dengannya naik bis umum dari Kota Solo ke arah Kecamatan paranggupito. Tiket masuk Amat murah yakni cuma sebesar 2000 rupiah.

3. Pantai Banyutowo


Tempat wisata pantai di Wonogiri yng satu ini pun terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya Pantai Banyutowo terdapat di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini "Banyutowo" mempunyai arti air tawar. Berguna di pantai ini terdapat air tawar yng berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini pun terdapat pemandangan berupa batu karang yng indah menjadikan Amat sayang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilewatkan.

4. Pantai Sembukan

Selain Pantai Nampu serta Banyutowo teryata di Kecamatan Paranggupito pun ada pantai lain-lainnya yakni Pantai Sembukan. Pantai ini selain mempunyai pemandangan yng indah pun dijadikan menjdai tempat bermeditasi serta ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Pada waktu tertentu di lokasi Pantai Sembukan ini diadakan acara larung serta wayangan menjdai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat wisata, di Pantai Sembukan pun dijadikan lokasi memancing yng tentunya mengasyikkan.

5. Air Terjun Setren

Kalau di Kabupaten Karanganyar mempunyai Air Terjun Tawangmangu, di Wonogiri pun mempunyai tempat wisata berupa air terjun yakni Air Terjun Setren. Air Terjun Setren terdapat di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Wonogiri. Letak air terjun ini sekitar 30 km arah timur dari Kota Wonogiri. Sehari-hari lokasi wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yng umumnya oleh pasangan muda-mudi dan para pecinta alam.

6. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Gantole serta paralayang adalah satu dari sekian banyaknya olahraga yng cukup menantang menjadikan diharapkan nyali yng tinggi. Di Kabupaten Wonogiri pun terdapat tempat khusus yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk olahraga gantole ini. Tempat ini berada di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini telah biasa dipakai oleh atlet gantole serta paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian, yakni 200 meter serta 400 meter. Bagi kamu yng ingin berupaya olahraga ini bisa langsung datang ke Wonogiri.

7. Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual ini umumnya dipakai oleh warga masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk nenepi serta tirakat. Dalam istiadat Jawa tirakat ini umumnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai maupun meraih suatu tujuan. Wisata Spiritual Kahyangan terdapat di Kecamatan Tirtomoyo wonogiri. Pendapat dari warga sekitar, kahyangan adalah tempat dimana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo melakukan tirakat. Dalam tirakatnya ini Sutowijoyo bisa berkomunikasi yang dengannya Ratu Kidul serta melakukan perjajian bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun Kerajaan Mataram. Dalam sejarah memanglah Kerajaan Mataram ini akhirnya bisa menguasai tanah Jawa serta menjadi satu dari sekian banyaknya kerajaan yng disegani di nusantara.

8. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono mempunyai pemandangan yng Amat indah yakni berupa stalagtid serta stalagmid di sepanjang goa. Goa ini mempunyai keunikan tersendiri yakni mempunyai luas sekitar 1000 m2 dan jalurnya yng bisa menmbus bukit disebaliknya. Goa Putri Kencono terdapat di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro Wonogiri ataupun berjarak 40 km dari Kota Wonogiri.

9. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia yng berada di Wonogiri ini mempunyai kemiripan yang dengannya Museum Wayang yng berada di Jakarta yakni sama-sama menyimpan koleksi berupa wayang yng adalah warisan kebudayaan adiluhung masyarakat Jawa. Wayang yng menjadi koleksi museum ini ada macam-macam diantaranya merupakan wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng dll. Yang dengannya adanya museum wayang ini diharapkan bisa menjadi wahana pembelajaran bagi muda-mudi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal satu dari sekian banyaknya kebudayaan asli Indonesia. Museum Wayang di Wonogiri ini tepatnya berada di Kecamatan Wuryantoro.

10. Museum Karst Dunia

Museum karst Dunia ini berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri ataupun berjarak sekitar 38 km dari Kota Wonogiri ke arah selatan. Pengertian Karst didasari Wikipedia merupakan sebuah bentuk permukaan bumi yng pada biasanya dicirikan yang dengannya adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, serta gua. Daerah ini dibentuk lebih-lebih oleh pelarutan batuan, kebanykan batu gamping. Karst yng berupa pegunungan kapur ini membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri serta Kabupaten Pacitan. Museum Karst dunia dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan menyediakan berita wacana daerah karst kepada seluruh pihak bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata yng bersifat edukatif, konservasi serta pemberdayaan masyarakat.

11. Alas Kethu

Alas Kethu di Wonogiri adalah sebuah hutan di di daerah Kota wonogiri seluas 40 ha yng dijadikan menjdai paru-paru Kota. Alas Kethu Wonogiri tidak sedikit ditumbuhi pepohonan yng sudah berumur ratusan tahun semisal jati, mahoni serta kayu putih. Konon dikabarkan dahulu pada era pembangunan KEraton Surakarta, satu dari sekian banyaknya material yng dipapai merupakan kayu dari Alas Kethu Wonogiri. Kayu-kayu ini dihanyutkan melalui Bengawan Solo hingga ke Solo.

12. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah adalah tempat wisata yng masih tersembunyi di Wonogiri. Tempat ini belum tidak sedikit orang yng tahu, lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tempat ini dibutuhkan perjalanan darat yang dengannya berjalan kaki sekitar satu jam, melewati sawah serta perbukitan Pegunungan Lawu Selatan. Air Terjun Binangun Watu Jadah ini terdapat atau terletak di wilayah Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri.
Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yng Indah dan mamiliki potensi pengembangan wisata yng tinggi. Tempat wisata Wonogiri yang telah di sebutkan andaikan di garap serta dipromosikan yang dengannya serius akan bisa menambah Pendapatan asli Daerah yng cukup besar. (Baca pun : 12 Tempat Wisata di Jawa Tengah )

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah