-->

Daftar Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi

- 3/31/2017

Daftar Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi

 
10 Tempat Wisata di Sragen yng Wajib Kamu Kunjungi, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Sragen adalah satu dari sekian banyaknya kabupaten yng ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sragen terdapat atau terletak di 30 km ke arah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan yang dengannya Kabupaten Grobogan di Utara, Kabupaten Ngawi Jawa Timur di sebelah timur, Kabupaten Karanganyar di sebelah selatan serta Kabupaten Boyolali di sebelah barat. Kabupaten Sragen mempunyai julukan Bumi Sukowati, lantaran nama Sukowati dipakai pada masa pemerintahan Kerajaan Surakarta. Kabupaten Sragen mempunyai potensi pariwisata yng cukup besar, satu dari sekian banyaknya yng telah Amat terkenal merupakan situs prasejarah di Desa Sangiran. di Desa Sangiran ini lantas didirikan sebuah museum bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung aneka macam benda prasejarah yng didapati di sekitar lokasi. Berikut merupakan 10 Tempat Wisata di Sragen yng Butuh Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Dikunjungi selengkapnya :

1. Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan tempat wisata di Sragen yng berlokasi di 17 km sebelah tenggara Kota Sragen ataupun alamat lengkap nya di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Wisata ini mempunyai daya tarik berupa pemandian air panas yng dipercaya masyaraket sekitar bisa menyembuhkan macam-macam penyakit semisal rematik, gatal-gatal, serta penyakit lain-lainnya. Selain itu air panas di Pemandian Bayanan pun dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, menaikan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi serta otot, menghilangkan capek-capek, serta membuat awet muda. Oleh lantaran itu tidak sedikit masyarakat yng berdatanagn bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi di pemandian air panas ini.

2. Ganesha Technopark

Ganesha Technopark terdapat atau terletak di Jl. dr. Sutomo no. 5 Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Ganesha Technopark adalah sebuah proyek pemerintah yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah akses ke lembaga-lembaga penelitian, guru besar(professor) serta siswa yng sudah lulus bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk proyek R&D maupun proyek lain yng berbasis profit sharing. Selain konsep technopark, ditempat ini pun ada BLK yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetapkan serta mengimplementasikan R&D, pelatihan, mengembangkan, kemandirian maupun kerjasama bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan keahlian, tenaga kerja, produk, serta pelayanan yng memiliki nilai jual serta nilai tambah bagi pemerintah serta masyarakat Sragen.

3. Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran terdapat di Ds. Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Di Sangiran ini adalah lokasi penemuan fosil kita-kita purba Meganthropus palaeojavanicus oleh Von Koenigswald. Dari penemuan ini lantas tidak sedikit didapati aneka macam jenis fosil di area yang telah di sebutkan. Hingga era ini sudah didapati lebih dari 13.685 fosil di Sangiran. Daerah Sangiran era ini sudah ditetapkan menjdai World Heritage List (Warisan Budaya Dunia) oleh UNESCO. Oleh karena itu Museum Prasejarah Sangiran ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan menjdai tempat wisata pendidikan bagi siswa-siswi lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji sejarah peradaban kita-kita. Era ini Tempat wisata Sangiran tidak sedikit dikunjungi lebih-lebih oleh para peneliti prasejarah yng ingin melihat langsung penemuan fosil di sekitar Sangiran.

4. Taman Dayu (Dayu Park/Taman Dayu Alam Asri)

Taman Dayu Alam Asri adalah sebuah tempat wisata keluarga di Kabupaten Sragen yng terdapat di Desa Dayu Kecamatan Sragen ataupun sekitar 20 km dari Kota Solo kearah timur. Area Taman Dayu Alam Asri luasnya sekitar 5 ha yng terdapat aneka macam wahana hiburan serta permainan yng Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan keluarga. Macam-macam fasilitas disediakan di Taman Dayu Alam Asri ini semisal mini zoo , wahana bermain serta ketangkasan, agrowisata, resort , pendopo pertemuan, gazebo, kolam renang lengkap yang dengannya arena luncuran, resto, serta sebagainya.

5. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo adalah sebuah bendungan raksasa yng terdapat di perbatasan 3 Kabupaten yakni Kabupaten Sragen, Boyolali serta Kabupaten Grobogan. Keberadaan Waduk Kedung Ombo ini Amat vital bagi pembangunan di Indonesia. Di waduk ini dibangun pembangkit listrik menjadikan bisa menyediakan listrik bagi masyarakat. Selain itu air yng keluar dari waduk bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi sawah di wilayah Kabupaten Semarang, Demak, Kudus, Pati, Blora, Grobogan, Jepara, Boyolali, serta Sragen. Selain dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengairan serta Pembangkit listrik, Waduk Kedung Ombo adalah tempat wisata yng Amat potensial. Di Waduk Kedung Ombo pengunjung bisa menaiki perahu motor serta keliling waduk dan bisa menikmati sajian aneka macam menu makanan ikan air tawar. Selain itu Waduk Kedung Ombo pun Amat cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing bagi kamu yng hobi memancing ikan air tawar.

6. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus di Kabupaten Sragen adalah sebuah wisata religi yng terdapat di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis, Objek Wisata Gunung Kemukus terdapat atau terletak sekitar ± 29 km di sebelah utara kota Solo. Tempat wisata ini adalah sebuah makam Pangeran Samudro yng dipercaya masyarakat sekitar andaikan ziarah ke makam yang telah di sebutkan bisa mendatangkan rezeki yng berlimpah. Akan tetapi ada cerita negatif dari makam di Gunung Kemukus ini, yakni agar doa yng dipanjatkan terkaul maka peziarah diwajibkan berhubungan intim yang dengannya wanita/pria yng bukan pasangan sahnya. Sehigga dalam perkembangannya tempat ini dijadikan kompleks mesum bagi warga serta para peziarah yng datang. Pemerintah Kabupaten Sragen sudah mencoba keras mengurangi praktek ilegal ini melalui macam-macam sosialisasi yng di lakukan melalui Dinas Pariwisata, akan tetapi masih saja ada msyarakat yng percaya yang dengannya keyakinan yang telah di sebutkan.

7. Desa Wisata Batik Kliwonan

Desa Wisata Kliwonan adalah sebuah tempat yng berada di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen yng adalah tempat pusat kerajinan Batik. Batik yng diproduksi di Kliwonan ini berbeda yang dengannya batik dari daerah lain-lainnya. Di tempat ini pengunjung bisa membeli oleh-oleh berupa kain batik dan bisa melihat langsung proses pembuatan batik. Malah andaikan berminat kamu pun bisa menginap di rumah warga yng sudah disulap menjadi sebuah homestay yng Amat nyaman. Disini kamu akan disuguhkan yang dengannya macam-macam aktifitas yng mengasyikkan, semisal belajar membatik, jelajah desa, memancing, membuat kerajinan tanah liat hitam, edukasi herbal dan outdoor photography.

8. Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika adalah satu dari sekian banyaknya kolam renang kebanggaan warga Sragen. Kolam renang ini terdapat di tengah Kota Sragen tepatnya di Jalan Veteran serta berdampingan yang dengannya Stadion Sepak Bola Sragen. Selain terdapat kolam renang di tempat ini pun terdapat pemancingan yng terdapat atau terletak dekat parkiran depan. Di Kolam Renang Kartika Sragen ini pun telah dilengkapi yang dengannya papan luncur bergelombang, kamar ubah pakaian putra/putri, toilet, cafetaria, gudang, kantor pengelola, serta lain-lain.

9. Makam Joko Tingkir

Joko Tingkir adalah nama lain dari Sultan Hadiwijaya, Raja Kerajaan Pajang yng berkuasa pada tahun 1550-1582. Kerajaan Pajang adalah pewaris Kerajaan Demak serta cikal bakal kerajaan Mataram yng akhirnya melahirkan Kasultanan Yogyakarta serta Kerajaan Surakarta era ini. Kompleks pemakaman ini sangatlah simpel, yng lokasinya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, di pinggir Bengawan Solo. Di dalam kompleks itu pun terdapat makam orangtua Joko Tingkir, yaitu Ki Kebo Kenanga serta Nyi Kebo Kenanga. Semisal kebanykan makam di Jawa lain-lainnya, makam ini pun Suka dikunjungi peziarah yng ingin sekedar berziarah ke makam leluhur serta pun berziarah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh berkah. Setiap Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kota Surakarta mengadakan tradisi perayaan larung Joko Timgkir dari sirkulasi Sungai Bengawa Solo yng diawali di Tempat Wisata Jurug serta berakhir di Desa Butuh Sragen.

10. Galleri Batik Sukowati serta Pusat Usaha Batik Sragen

Galleri Batik Sukowati serta Pusat Usaha Batik Sragen ataupun biasa disingkat yang dengannya SBBS terdapat atau terletak di pusat kota Sragen, cuma beberapa puluh langkah kaki dari kantor Pemerintahan Kabupaten. SBBS serta Galeri Batik Sukowati adalah pusat perbelanjaan serta sirkulasi kerajinan batik Sragen. Dua lokasi itu adalah gerai penjualan para pelaku usaha pada bagian industri batik. Harga produk-produk batik di dua gerai itu sengaja dirancang agar terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Dua gerai itu akhirnya menjadi pusat perbelanjaan batik yng mampu diakses masyarakat ekonomi lemah maupun golongan kaya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik pembeli serta mengembangkan pasar, di SBBS serta Galeri Batik Sukowati kerap diadakan bazaar batik serta acara yng bertema batik khas Sragen.
Demikian tadi 10 Tempat Wisata di Sragen yng Wajib Kamu Kunjungi. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber refrensi kamu bagi yng mau berkunjung ke Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi