-->

Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah

- 3/27/2017

Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah

 
Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah, Tempat Wisata Terindah - Kamu pernah dengar dalam buku sejarah bahwasanya di Yogyakarta pernah terlaksana Serangan Umum 1 Maret 1949 yng berlangsung selama enam jam ? Ya, fenomena itu adalah satu dari sekian banyaknya peristiwa sejarah yng Amat penting bagi perjalanan NKRI. Lantaran pentingnya peristiwa itu maka pemerintah mengabadikannya menjadi dalam sebuah Monumen yng diberi nama Monumen Jogja Kembali ataupun Suka disingkat yang dengannya MONJALI yng berada di Yogyakarta. Monumen Jogja Kembali ini mempunyai bentuk yng Amat unik yakni berbentuk kubah kerucut raksasa.

Sejarah Monumen Jogja Kembali

Pada bulan desember 1948 Belanda melakukan Serangan Militer Belanda II. Dalam agrei ini Belanda sukses menguasai Kota Yogyakarta. Selain itu pun sukses menangkap serta mengasingkan dua proklamator Republik Indonesia yakni Ir. Soekarno serta Moh. Hatta. Pada waktu itu Belanda mengumumkan kepada dunia bahwasanya Republik Inonesia telah tak ada, telah jatuh ke tangan Belanda.
Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku penguasa Yogyakarta waktu itu mempunyai gagsan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerang pos pertahanan Belanda yng berada di Yogykarta. Serangan ini lantas direalisasikan oleh Letkol Soeharto, Comandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III yng lantas menjadi Presiden RI ke 2. Letkol Soeharto menyerang Belanda pada pukul 06.00 pagi hari tanggal 1 Mret 1949 an Belanda mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikalahkan tepat pada pukul 12 siang. Oleh lantaran itu sejarah mencatat serangan ini menjdai Serangan Umum 1 Maret 1949.
Serangan Umum 1 Maret ini mempunyai arti penting bagi Republik Indonesia yakni serangan ini menjadi bukti bahwasanya TNI masih punya kekuatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerang Belanda serta memperlihatkan bahwasanya pemerintah RI masih ada. Kabar serangan ini hingga ke PBB di New York, serta akhirnya PBB memaksakan Belanda bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelenggarakan pertemuan yng lantas dikenal yang dengannya Perjanjian Roem-Royen. Dalam perjanjian ini berisi Belanda dipaksa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik pasukannya dari Indonesia, dan memulangkan Presiden serta Wakil Presiden, Ir. Soekarno serta Moh. Hatta ke Jogja. Pada tanggal 27 Desember 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Harga Tiket Masuk Wisata Monumen Jogja Kembali ini mampu disebut Amat murah. Didasari berita dari website resmi Monjali, Terhitung mulai tanggal 01 Januari 2014 tiket Monumen Yogya Kembali naik dari Rp.7.500 menjadi Rp.10.000,-. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ketentuan discount masih tetap semisal semula yaitu bagi atau bisa juga dikatakan untuk rombongan diatas 30 orang diberikan discount 10% ,sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Panti Asuhan serta murid TK diberikan discount 50%.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali terdapat atau terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman. Lokasi Monumen Jogja Kembali ini masih disebut di dalam Kota Yogyakarta. Dari Malioboro kamu tinggal lurus ke utara hingga Ring Road Utara lantas belok kiri. Monjali berada di kanan jalan.

Fasilitas Monumen Jogja Kembali

Lantaran ini berupa museum, Monumen Jogja Kembali tidak sedikit menyimpan benda-benda bersejarah yng berhubungan yang dengannya Serangan Umum 1 Maret. Diantaranya merupakan replika Pesawat Cureng, dua senjata mesin beroda lengkap yang dengannya tempat duduknya, dinding yng memuat 420 nama pejuang yng gugur antara 19 Desember 1948 sampai-sampai 29 Juni 1949 dan puisi Karawang Bekasi-nya Chairil Anwar bagi atau bisa juga dikatakan untuk pahlawan yng tak diketahui namanya, empat ruang museum yng menyajikan sedikitnya 1.000 koleksi ihwal Satu Maret, perjuangan sebelum kemerdekaan sampai-sampai Kota Yogyakarta menjadi ibukota RI, Seragam Tentara Pelajar serta kursi tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman yng masih tersimpan rapi, dan beberapa diorama serta fasilitas lain-lainnya salah satunya taman pelangi monumen jogja kembali.

Peta menuju Monumen Jogja Kembali

peta menuju Monumen Jogja Kembali

Photo Monumen Jogja Kembali

foto Monumen Jogja Kembali foto Monumen Jogja Kembali dari atas, foto monjali depan Monumen Jogja Kembali relief Monumen Jogja Kembali diorama Monumen Jogja Kembali


Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah