-->

Daftar Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta

- 3/05/2017

Daftar Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta

 
12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta, Tempat Wisata terindah - Kulon Progo adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Letak Kabupaten ini merupakan sebelah barat Kota Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta mempunyai ibu kota di Wates. Kabupaten ini mempunyai batas yang dengannya Kabupaten Sleman serta Kabupaten Bantul di timur, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, dan Kabupaten Magelang di utara. Ada beberapa destinasi wisata yng menarik di Kabupaten Kulon Progo ini. Dalam tulisan atau artikel ini kami akan berupaya membahas cuma 12 tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yng tentunya Amat menarik serta bisa dijadikan satu dari sekian banyaknya tujuan wisata disaat musim liburan mendatang. Berikut merupakan 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta.


1. Pantai Glagah




Obyek wisata di Kabupaten Kulon Progo yng menjadi telah terkenal merupakan Obyek wisata Pantai Glagah. Pantai Glagah adalah satu dari sekian banyaknya pantai yng berbatasan yang dengannya Samudera Hindia yng terdapat di Kulon Progo. Lokasi pantai ini merupakan sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta ataupun andai dari Kota Wates jaraknya 15 km. Wisata pantai di Kulon Progo ini Amat potensial sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan lebih lanjut. Pantai Glagah ini selalu tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal lebih-lebih era musim liburan tiba.


2. Pantai Trisik




Pantai Trisik di Kulon Progo adalah pantai yng terkenal yang dengannya pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yng luas yang dengannya pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini terbatas oleh muara Sungai Progo, satu dari sekian banyaknya sungai besar yng ada di Yogyakarta. Di Pantai ini terdapat tidak sedikit perahu milik nelayan, lantaran sejak dulu di pantai ini dijadikan menjdai transit perahu nelayan warga setempat. Pada saat-saat tertentu kamu bisa menyaksikan secara langsung aktivitas dari para nelayan ini.


3. Pantai Congot




Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya merupakan Pantai Congot. Pantai Congot ini letaknya berdampingan yang dengannya Pantai Glagah, menjadikan andaikan kamu telah hingga di Pantai Glagah ada baiknya kamu pun sekalian pergi berkunjung ke Pantai Congot ini. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Satu dari sekian banyaknya hal yng mencolok dari Pantai Congot merupakan di pantai ini adalah pusat kegiatan para nelayan dari warga setempat. Jadi di pantai ini kamu bisa yang dengannya gampang menjumpai nelayan yng sedang membenahi perahu, menjahit jaring, dll. Nuansa perkampungan nelayan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Congot ini.


4. Waduk Sermo




Waduk Sermo adalah satu dari sekian banyaknya wisata kebanggaan warga Kulon Progo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulon Progo berada di atas sebuah perbukitan yng berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini mempunyai pemandangan yng Amat indah dan udara yng sejuk menjadikan Amat menarik wisatawan bagi atau bisa juga dikatakan untuk datang mengunjunginya. Waduk Sermo ini sebetulnya dibangaun yang dengannya tujuan utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung bisnis pertanian di Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata Waduk di Kulon Progo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Lantaran mempunyai pemandangan yng indah Waduk Sermo lantas dikembangkan menjdai obyek pariwisata yng menarik.


5. Air terjun Grojogan Sewu




Nama Air Terjun Grojogan Sewu sebenarnya tak cuma terdapat di Kabupaten Kranganyar Jawa Tengah, sebenarnya di Kulon Progo pun terdapat air terjun yang dengannya nama yng percis. Air Terjun Gorjogan Sewu di Kulon Progo terdapat di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini bisa dokategorikan masih sepi pengunjung, lantaran memanglah baru dikembangkan secara serius menjdai obyek wisata sekitar tahun 2013. Destinasi Wisata ini mempunyai pemandangan air terjun yng Amat indah serta menawan menjadikan cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi liburan akhir pekan kamu bersama kawan.


6. Puncak Suroloyo




Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yng terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini terkenal yang dengannya pemandangannya yng indah dan adanya beberapa pertapan yng bersejarah. Dari puncak Suroloyo ini kamu bisa melihat Candi Borobudur dari atas bukit. Di Puncak Suroloyo di Kulon Progo ini terdapat 3 buat pertapan yakni Pertapaan Suroloyo, Pertapan Sariloyo serta Pertapan Kaendran. Keberadaan PuncakSuroloyo ini tidak lepas dari sebuah kisah yng menyyelimutinya. Kisah ini beraal dari goresan pena Ngabehi Yosodipuro dalam kitabnya Cabolek. Dalam kisah ini mengisahkan Mas Rangsang yng adalah putra mahkota Kerajaan Mataram Islam yng mendapatkan wangsit andaikan ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya Perlu mau menempuh perjalanan dari KEraton Mataram ke arah barat sejauh 40 km. Dalam perjalannya yang telah di sebutkan Raden as Rangsang hingga di Perbukitan Menoreh. Lantaran kelelahan beliau pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Dalam pingsannya Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit lagi agar melakukan tapa ataupun semedi di tempat ia pingsan yang telah di sebutkan. Tempat pingsan ini berada di Puncak Suralaya yng lantas dibangun pertapan ini. Sedangkan Raden Mas Rangsang sendiri di lantas hari menjadi Raja Mataram serta diberi gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dalam masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan.


7. Hutan Wisata Kalibiru




Tempat WIsata unggulan Kulon Progo selanjutnya merupakan Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru adalah sebuah wisata alam yng terdapat di Perbukitan Menreh Kabupaten Kulon Progo. Di Wisata alam Kalibiru ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yng indah ataupun melakukan beberapa aktivitas outbound yng menyenangkan. Pemandangan yng paling menarik tentunya di satu dari sekian banyaknya spot dimana kita bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Wisata Kalibiru dibuka sekitar tahun 2008 serta konon katanya awal mulanya dibuka secara swadaya oleh penduduk desa setempat.


8. Goa Kiskendo




Wisata Goa Kiskendo Kabupaten Kulon Progo menunjukkan pemandangan alam yng Amat menawan berupa stalagtit serta stalagmit yng terdapat di dalam goa yng membentuk perpaduan yng Amat indah. Goa Kiskendo terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Ada cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana pendapat dari mitos yng dipercaya masyarakat, Goa ini adalah tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa relief.


9. Kebun Teh Nglinggo




Bukan Puncak Bogor saja yng mempunyai kebun teh, sebenarnya Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta pun terdapat kebun teh yang dengannya pemandangan alam yng Amat menawan. Kebun teh di Kulon Progo ini bernama kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Pada era liburan tidak sedikit wisatawan yng berkunjung ke tempat ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati hamparan perkebunan teh yng berwarna hijau yng indah.


10. Air Terjun Sidoharjo




Air Terjun Sidoharjo adalah satu dari sekian banyaknya wisata alam di Kulon Progo yng tersembunyi serta belum tidak sedikit dikunjungi para wisatawan. Air terjun Sidoharjo terdapat atau terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Air Terjun ini mempunyai tinggi sekitar 75 m, cukup lumayan bukan ?Adanya bunga-bunga liar yng tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Pada saat-saat tertentu kamu pun akan bisa menyaksikan adanya kera ekor panjang yng sedang berkunjung di sekitar air terjun.


11. Wildlife Rescue Center




Dilihat dari namanya, Wildlife Rescue Center adalah sebuah tempat yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung serta menyelamatkan beberapa satwa liar yng hampir punah. Wildlife Rescue Center dahulu bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ) serta hingga saat ini masyarakat setempat masih familiar yang dengannya nama yng lama yang telah di sebutkan. Koleksi hewan yng dipelihara di Wildlife Rescue Center ini kebanykan merupakan orangutan yng era ini keberadaannya Amat memprihatinkan. Wildlife Rescue Center Amat cocok dipakai menjdai wisata pendidikan, apalagi di tempat ini pun telah disediakan fasilitas seminar, pelatihan outbond, eco-wisata dan akomodasi.


12. Waduk Mini Kleco




Waduk Mini Kleco di Kulon Progo adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata pengganti yng ada di Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini terdapat atau terletak di dusun ngesong, desa giripurwo, girimulyo kulonprogo yogyakarta. Bentuknya memanglah tak besar, tak semisal Waduk Sermo, akan tetapi pemandangan di sekitar Waduk Mini Kleco ini terbilang Amat indah. Wisata alam yng kecil ini bisa dijadikan menjdai pengisi liburan akhir pekan bersama sahabat ataupun keluarga kamu. Yng pasti andai kamu jeli kamu bisa memperoleh spot yng Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan menjdai background foto kamu. Oh ya, lantaran memanglah belum tidak sedikit pengunjung, di lokasi Waduk Mini Kleco ini belum tidak sedikit warung yng menjajakan makanan, menjadikan ada baiknya andai kamu ingin berkunjung kesana, kamu bawa bekal berlebi dahulu.
Baca pun Info Obyek wisata menarik lain-lainnya :
Tempat wisata menarik di Yogyakarta
Demikian tadi 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta. Beberapa wisata di Kulon Progo diatas telah Amat terkenal di Yogyakarta menjadikan tidak sedikit paket wisata di Yogyakarta yng memasukkan temat wisata di Kulon Progo menjdai satu dari sekian banyaknya destinasi wisata.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta