-->

14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi

- 2/11/2017

14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi

 
Tempat Wisata di Purwakarta - Mungkin sobat Aneka Wisata Seru sedang ingin liburan ke banyak sekali wilayah di Indonesia namun galau mau milih kota yng ingin menjdai tujuan wisata kamu, jangan khawatir, tempat wisata di Purwakarta tidak sedikit yng menarik loh, tidak sedikit wisata alamnya.
Sebelum kita membahas mengenai tempat wisata di Purwakarta yng paling ternama, mending kita bahas dulu apa itu kota Purwakarta, Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yng berjarak sekitar 80 km ke timur Jakarta, sebagaimana kabupaten lain di Jawa Barat.
Purwakarta pun dikenal yang dengannya budaya Sundanya yng kuat Bagi atau bisa juga dikatakan untuk urusan tempat wisata, Purwakarta tidak boleh dipandang sebelah mata. Kabupaten ini punya tidak sedikit potensi wisata daerah yng cukup menarik. Yng paling baru merupakan Taman Sri Baduga yng diklaim menjdai taman air mancur terbesar di Asia Tenggara.
Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yng Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Purwakarta Paling Ternama Dikunjungi
Nah, tempat wisata di daerah Purwakarta pun tidak kalah istimewa yang dengannya wisata lain-lainnya. Tempat-tempat yng bisa menjadi tujuan liburan kamu bersama keluarga. Serta tentunya akan menjadi momen istimewa bagi anda sekeluarga. Berikut tempat-tempat wisata istimewa di Purwakarta yng cocok banget buat jadi tujuan wisata.
1. Tempat Wisata Alam Curug Cipurut Purwakarta
Curug Cipurut
Tempat wisata yng pertama yakni Cipurut, adalah nama sebuah curug yng berada di Kabupaten Purwakarta. Curug ini berada di kaki Gunung Burangrang serta berada di Tempat Cagar Alam Gunung Burangrang menjadikan pengelolannya dipegang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I yang dengannya bantuan dari warga desa setempat. Curug ini cukup terkenal di Purwakarta.
Curug cipurut sendiri tak terlalu besar. Kita mampu yang dengannya bebas berdiri di dekat air terjun karna volume airnya tak terlalu tinggi menjadikan tak terlalu beresiko Tebing batu di air terjun ini cukup unik. Bentuknya mirip undakan anak tangga.
Fasilitas yng dimiliki curug ini telah cukup lengkap salah satunya warung makan, shelter, trail kayu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah para pengunjung dan area camping ground. Warung-warung di sekitar air terjun ini umumnya cuma akan buka pada hari libur saja. Lokasi air terjun ini berada di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk biaya ticket masuk kamu bakal dikenai biaya ticket masuk sekitaran Rp 3000 per orang. sedangkan biay aparkir kendaraan roda dua sebesar Rp 1000 dan kendaraan roda empat Rp 2000.
2. Tempat Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta
Waduk Jatiluhur Purwakarta
Tempat wisata kedua yakni Waduk Jatiluhur adalah objek wisata bendungan yng ada di Provinsi Jawa Barat. Objek wisata bendungan ini terdapat atau terletak di Kecamatan Jatiluhur serta secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Purwakarta. Dari Kota Purwakarta, wisatawan yng ingin berkunjung ke waduk ini Perlu menempuh perjalanan sepanjang tidak lebih lebih 9 kilometer.
Fasilitas wisata di Waduk Jatiluhur pun telah dikembangkan yang dengannya cukup serius. Tidak sedikit fasilitas wisata yng ada di sekitar danau semisal bar serta restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang yang dengannya water slide, ruang pertemuan sampai-sampai hotel menjdai sarana penginapan.
Di waduk ini memanglah ramai sekali terdapat beragam jenis ikan yng mampu ditangkap serta di antaranya merupakan ikan keramba jarring apung yng pun dibudidayakan di daerah ini. Kamu bisa memancing di siang hari maupun di malam hari. Umumnya era malam hari suasana di waduk ini makin ramai lantaran para pengunjung sesudah memancing bisa menikmati hasil tangkapannya semisal ikan bakar yng lezat.
3. Tempat Wisata Alam Situ Wanayasa Purwakarta
Situ Wanayasa Purwakarta
Situ Wanayasa adalah sebuah danau yng berada di Kecamatan Wanayasa. Lokasi danau alami ini tidak terlalu jauh dari Curug Cipurut dan sumber air panas alami Ciracas. Dari waduk ini kita mampu melihat pemandangan Gunung Burangrang.
Pemandangan sekitarnya Amat indah, kamu mampu menikmati aneka permainan di sini. Kamu mampu menikmati keliling danau yang dengannya menaiki kapal bebek kayuh ataupun mungkin memancing ikan malah warga sekitar biasa mempergunakannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk jogging. . Danau ini mempunyai sebuah pulau di tengahnya.
Selain itu juga sudah dibuat pun jembatan semi permanen yng menghubungkan dari sisi ke pulau kecil yng terdapat atau terletak ditengah situ, menjadikan kini pulau kecil yng berada ditengah situ bisa dicapai pengunjung yang dengannya gampang, dimana dalam tahun yng percis sudah di lakukan juga penataan taman ditengah Situ yang telah di sebutkan, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yng bisa dipakai pengunjung bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersantai.
4. Tempat Wisata Waduk Cirata Purwakarta
Waduk Cirata Purwakarta
Waduk Cirata adalah satu dari sekian banyaknya tujuan wisata di Kabupaten Purwakarta yng telah tidak sedikit dikenal masyarakat luas. Waduk yng memiliki luas tidak lebih lebih 43 ribu hektar ini sebetulnya terdapat atau terletak di tiga kabupaten, yakni kabupaten Bandung, kabupaten Purwakarta serta kabupaten Cianjur.
Waduk ni menunjukkan pemandangan yng alami serta asri dan udara yng sejuk serta segar yng jauh dari perkotaan. Bagi kamu yng sehari-hari berkecimpung di daerah perkotaan, suasana waduk cirata cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk refreshing kamu.
Di tempat ini kamu mampu memancing di waduk, yng terkenal tidak sedikit ikan-ikan besar. Di sekeliling waduk pun tidak sedikit wisata masakan yng menyajikan menu semisal ikan bakar, nasi liwet serta pun sate maranggi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke objek wisata ini, kamu mampu melalui beberapa pengganti rute.
Andai kamu dari arah Jakarta, keluar tol Jatiluhur, hingga pertigaan belok kanan menuju kota kecamatan Plered. Andai dari arah bandung, kamu keluar tol di Cikalong wetan, lanjut menuju ke waduk. Ataupun andai kamu dari Cianjur, kamu lebih baik lewat Cikalong Kulon.
5. Tempat Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta
Air Mancur Sri Baduga
Inilah Taman Sri Baduga Purwakarta mempunyai taman air mancur di dalamnya yng tak kalah mengagumkan yang dengannya tempat wisata lain-lainnya di Indonesia. Air Mancur Sri Baduga adalah taman air mancur yng terbesar di Asia Tenggara serta mempunyai pertunjukan air mancur yng mengagumkan.
Air mancur setinggi 6 meter bisa menyembur yang dengannya indahnya ke angkasa dipenuhi yang dengannya warna-warni lighting yng menghiasinya. Banyak sekali warna pelagi menghiasi keindahan air mancur sri baduga yang telah di sebutkan yang dengannya drama-drama maupun pertunjukan teater lain-lainnya di tengah taman air mancur.
Tempat wisata yng dibuka pada hari tertentu ini menyajikan pertunjukan air mancur cuma pada hari jumat serta sabtu malam setiap akhir pekan. Ada 2 sesi pertunjukan air mancur pun di sehari-hari pertunjukannya. Maka tak heran daerah ini akan menjadi ramai serta padat pada hari-hari yang telah di sebutkan. Lokasi Kampoeng Maranggi berada tepat di seberang pintu masuk Taman Sri Baduga. Taman Sri Baduga sendiri dibangun di daerah Situ Buleud.
6. Tempat Wisata Alam Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta
Air Panas Ciracas
Sumber Air Panas Ciracas berjarak tidak lebih lebih cuma 8 km dari Situ Wanayasa. Sumber Air Panas Ciracas berlokasi di kaki bukit, dikelilingi oleh pepohonan serta hamparan sawah. Di sekitar lokasi, Kamu mampu melihat hamparan perkebunan teh yng terlihat hijau di kiri kanan jalan sejak simpang empat Legokhuni menuju Desa Ciracas.
Di tempat ini terdapat 12 titik sumber mata air panas, beberapa diantaranya berada diantara pematang sawah milik masyarakat. Mandi di sumber air panas yang telah di sebutkan dipercaya bisa mengobati penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, serta sebagainya.
7. Tempat Wisata Giri Tirta Kahuripan di Purwakarta
Giri Tirta Kahuripan
Giri Tirta Kahuripan adalah sebuah Agrowisata yng berada di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Di tempat ini terdapat banyak sekali fasilitas semisal villa, arena outbond, ATV, kolam angsa, taman anggrek, taman burung, lapangan futsal, camping ground sampai-sampai meeting room.
Selain banyak sekali wahana permainan di alam yng tersedia, yng paling disukai oleh pengunjung merupakan skypool yng terkesan berbatasan yang dengannya langit dalam bidikan foto. Penataannya yng seolah berada di ujung daratan yang dengannya view perbukitan sejuk adalah panorama yng indah.
Resort Giri Tirta Kahuripan berada di Desa Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Purwakarta. Resort ini juga yng menjadi satu dari sekian banyaknya andalan wisata di Purwakarta. Para pelancong, khususnya dari Jakarta, kerap menjadikan tempat ini menjdai destinasi wisata. Sajian lingkungannya asri serta alami, jauh dari hiruk-pikuk keramaian pusat kota.
Tempat berenang ini memanglah letaknya di atas bukit. Ini dia kenapa kolam renang di Resort Giri Tirta Kahuripan menjadi objek paling ngehits bagi para wisatawan. Tiket masuk kolam renang yang dengannya view indah ini cuma Rp. 50.000.
8. Tempat Wisata Desa Sajuta Batu Purwakarta
Desa Sajuta Batu
Desa Sajuta Batu adalah wisata alam di Purwakarta yng cukup unik. Tempat ini terdapat atau terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Kegiatan yng mampu di lakukan oleh pengunjung diantaranya jelajah desa yang dengannya alam perbukitan serta sawah yng hijau, memancing, panjat tebing di gunung Parang dan olah raga offroad serta bumi perkemahan yng menarik.
Lokasi ini paling Suka dipakai menjdai tujuan liburan pelajar serta anak muda ataupun fotografer panorama serta pre wedding. Yang dengannya suasana khas pedesaan Purwakarta, terdapat banyak sekali objek wisata yng tersedia di Desa Wisata Sejuta Batu ini, diantaranya wisata rekreasi serta jelajah desa yang dengannya suguhan keindahan alam yng masih asli, trekking serta lain-lain.
9. Tempat Wisata Kampung Andir Purwakarta
Kampung Andir
Sebagian besar masyarakat Jawa Barat adalah suku sunda. Demikian pun yang dengannya Purwakarta. Di Purwakarta ada sebuah perkampungan sunda yng mampu kita kunjungi andai ingin mengenal lebih jauh norma sunda. Perkampungan yang telah di sebutkan dikenal nama Kampung Andir. Lokasinya berada di Desa Cianting, Kecamatan Sukatani.
Warga sekitar sana lebih mengenal perkampungan ini yang dengannya Kampung Baru. Lokasi kampung ini bisa ditempuh yang dengannya berjalan kaki sekitar 10 menit dari Jalan Raya Plered. Akses menuju jalan ini masih berupa tanah liat, bukan aspal. Deretan rumah norma sunda akan menyambut kedatangan kita di Kampung Andir
10. Tempat Wisata Gunung Parang Purwakarta
Gunung Parang
Gunung Parang berlokasi di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat ini berdekatan yang dengannya Waduk Jatiluhur. Gunung Parang adalah gunung batu andesit yng memiliki titik kulminasi 963 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terdiri dari tiga puncak yng masing-masing mempunyai perbedaan ketinggian.
Medan vertikalnya seolah menantang para pemanjat (baik dari dalam maupun luar negeri) bagi atau bisa juga dikatakan untuk turut merasakan rock climbing di Gunung Parang. Andai kamu era tiba di Puncak Gunung Parang, Sahabat Purwakarta akan disuguhi yang dengannya pemandangan Waduk Jatiluhur, hamparan pegunungan, lampu-lampu kota, pun sawah-sawah yng luas menghijau.
11. Tempat Wisata Gunung Lembu Purwakarta
Gunung Lembu
Gunung Lembu terdapat atau terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung yng mempunyai ketinggian sekitar 780 Mdpl ini bisa dicapai yang dengannya beberapa pengganti. Andai mengambil rute keluar tol Ciganea-Purwakarta, anda sekalian Perlu berbelok kanan ke arah jalan raya Sindangkasih, selanjutnya cuma mengikuti jalan serta petunjuk yng ada bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiba di pos pelaporan di Desa Panyindangan kecamatan Sukatani.
Panorama alam yng Amat indah, menjadikan Gunung Lembu ini Amat istimewa serta wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikunjungi. Anda sekalian yng sukses mencapai puncak yang terakhir akan bisa melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Tak cuma itu, lantaran andai malam hari tiba, anda sekalian pun mampu melihat lampu - lampu karamba yng menyala di atas waduk semisal layaknya citylight. Disaat pagi hari tiba anda sekalian pun mampu melihat sunrise yang dengannya latar belakang pemandangan Waduk Jatiluhur serta Gunung Parang.
12. Tempat Wisata Gunung Bongkok Purwakarta
Gunung Bongkok
Gunung Bangkok ini lebih tinggi dibandingkan Gunung Cupu. Tingginya sekitar 975 mdpl yang dengannya waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga ke puncak. Meski tak terlalu tinggi, akan tetapi track menuju puncak gunung ini cukup melelahkan. Menjadikan kita tak mampu mengabaikan persiapan fisik Puncak gunung ini pun adalah sebuah batu. Era weekend, gunung ini cukup ramai dikunjungi wisatawan yng ingin menikmati keindahan alam Purwakarta dari ketinggian
13. Tempat Wisata Gunung Cupu Purwakarta
Gunung Cupu
Tak ada salahnya era liburan di Purwakarta anda sekalian berkunjung ke puncak Gunung Cupu yng terdapat atau terletak di daerah Anjun, Plered. Gunung ini selain menampilkan pemandangan alam yng indah dari puncaknya pun mempunyai kisah legenda yng mirip yang dengannya kisah Jaka Tarub. Konon dulu ada bidadari yng mandi di telaga dekat gunung ini, lantas bajunya dicuri seorang pria desa yng akhirnya ia nikahi.
Sesudah mempunyai anak si pria mengembalikan pakaian yang telah di sebutkan serta bidadari pun pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pegangan anaknya. Cupu yang telah di sebutkan masih diyakini masyarakat tertinggal di puncak gunung yng lantas dinamakan Gunung Cupu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng suka mendaki gunung kamu mampu berupaya di antaranya merupakan Gunung Cupu yng berada di daerah Plered. Walau tingginya cuma sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yng didominasi oleh batu mempunyai pemandangan alam yng indah. Tak ada salahnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya mendaki gunung mungil ini.
14. Tempat Wisata Pusat Keramik Plered Purwakarta
Pusat Keramik Plered
Kota mungil yng pun menjdai kota tertua di Kabupaten Purwakarta ini memiliki histori panjang yng tidak lepas dari kerajinan keramik. Malah konon kerajinan berbahan dasar tanah liat ini, pendapat dari warga setempat sudah ada sejak era neolitikum. Walau keabsahan sejarah ini tetap mampu diperdebatkan, karena banyak sekali versi sejarah awal mula kerajinan keramik di daerah ini. Pusat industri mungil ini terdapat atau terletak di Desa Anjun, Citeko, & Desa Pamoyanan.
Disini ada bermacam jenis wujud kerajinan keramik, mulai sejak dari perabotan keluarga hingga mainan anak-anak bisa jadi suvenir yng menarik. Jikalau berkunjung segera, tak cuma bisa menonton serta-merta pengerjaan keramik, kamu dan bisa mendapati harga lebih murah. Ada yng dipasarkan mulai sejak dari Rupiah 5.000,- sampai-sampai ratusan ribu rupiah.
Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yng Wajib Dikunjungi
Demikain mengenai Tulisan atau artikel 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Ternama Dikunjungi mudah-mudahan mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh yng ingin beribur ke Pantai Menganti, Andai kamu menyukai tulisan atau artikel ini kamu mampu membagikannya ke Media Social Facebook, Twitter, Google+ dll, Terima Beri. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 14 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi