-->

12 Kuliner Khas Solo Yang Bikin Kangen

- 2/11/2017

12 Kuliner Khas Solo Yang Bikin Kangen

 
12 Masakan Khas Solo Yng Bikin Kangen, Tempat Wisata Terindah - Bicara ihwal Kota Solo tidak mampu dilepaskan dari macam-macam masakan yng Amat khas. Masakan yng akan kita bahas disini merupakan berupa masakan yng telah tidak sedikit terkenal di penjuru tanah air. Oleh karena itu tempat-tempat masakan khas di Kota Solo ini selalu ramai dikunjungi baik oleh warga Solo sendiri maupun oleh para wisatawan yng sedang berkunjung ke Solo. Tidak tidak banyak para pengunjung ini sesudah merasakan masakan khas Solo menjadi kangen serta ingin mencobanya lagi lain waktu. Apalagi bagi kamu yng pernah tinggal di Kota Solo, pasti setiap ada waktu luang, ingin kembali merasakan macam-macam masakan yng dulu pernah dirasakan. Butuh diketahui sebelumnya bahwasanya di Solo ada macam-macam Kampus yng sudah meluluskan ribuan sarjana. Para mahasiswa ini datang dari aneka macam daerah di Indonesia. Dari pengakuan orang-orang ini, umumnya akan terasa kangen merasakan kembali makanan dari Solo sesudah sekian lama pergi keluar Solo.
Oke langsung saja akan kita bahas 12 masakan khas Kota Solo yng bikin kangen versi tempatwisatadaerah.blogspot.com.

1. Nasi Liwet


Nasi liwet adalah satu dari sekian banyaknya masakan Kota Solo yng telah dikenal masyarakat luas. Nasi liwet ini unik, lantaran kamu tak akan mendapatkannya di tempat lain. Proses pembuatan Nasi Liwet khas Solo cukup gampang, yakni yang dengannya memasak nasi dicampur yang dengannya kaldu ayam, menjadikan nasi yng telah matang menjadi terasa gurih. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sayur pelengkapnya mempergunakan sayur labu siam yng dipotong memanjang serta dimasak yang dengannya santan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lauk pelengkapnya mempergunakan telur pindang rebus, daging ayam suwir serta pun areh, yng terbuat dari santan yng dikentalkan. Penyajian nasi liwet ini umumnya yang dengannya cara dipincuk mempergunakan daun pisang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu dari sekian banyaknya warung nasi liwet Kota Solo yng telah terkenal di antaranya merupakan yng terdapat di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yng biaanya mulai buka pukul 6 sore. Tips dari kami, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Nasi Liwet Solo ini sebetulnya Amat tidak sedikit, hampir di tiap sudut Kota Solo ada nasi liwet serta rasanya ppun hampir percis. Oleh karena itu andaikan kamu ingin sekedar berupaya, kamu tinggal coba di mana saja pedagang Nasi liwet di Kota Solo.

2. Timlo

Masakan khas dari Solo lain-lainnya merupakan Timlo. Makanan ini pun telah terkenal dari Solo, apalagi ada satu dari sekian banyaknya band humor yng mempergunakan nama Timlo menjdai nama band nya, serta band ini pernah sempet menghiasi layar televisi nasional beberapa waktu yng lalu. Dari segi tampilannya masakan timlo ini mirip yang dengannya soto, yakni mempunyai kuah bening. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pelengkapnya, masakan Timlo Solo ini ada sosis ayam yng dipotong-potong. telur ayam pindang serta pun irisan jeroan ayam, semisal ati serta ampela. Penyajiannya ada yng langsung digabung degan nasi putih ada juga yng dipisah. Kalau dipisah diatas nasinya ditaburi bawang goreng. Satu dari sekian banyaknya Warung Timlo Solo yng selalu ramai dikunjungi merupakan Warung Timlo Sastro yng lokasinya di timur Pasar Gede Solo. Warung ini buka tiap hari pukul 7 pagi.

3. Selat Segar Solo

Selat Solo ini mungkin asal mulanya mau meniru masakan ala Eropa, Salad, akan tetapi pengucapannya pendapat dari lidah Indonesia, Selat. Itu cuma mungkin sih. Masakan Selat Solo terdiri dari beberapa sayur segar semisal wortel, buncis, tomat, selada, kentang, telur pindang mayonaise serta tidak tidak ingat juga daging ataupun kornet yng dipotong tipis menjadikan semisal lingkaran. Racikan ini lantas disiram yang dengannya kuah kecap encer. Warung Selat di Solo pun cukup tidak sedikit, di antaranya merupakan Warung Selat Mbak Lies Serengan yng buka pukul 9 pagi.

4. Tengkleng

Kalau kamu menyukai masakan dari kambing, kamu pasti suka yang dengannya makanan Tengkleng, apalagi yng khas Solo ini. Tengkleng adalah olahan daging kambing yng menyerupai gulai kambing akan tetapi kuahnya tak memakai santan. Dahulu, masakan tengkleng ini terkenal menjdai makanan rakyat jelata, lantaran bahkan dalam masakan ini tak mempergunakan daging kambing, akan tetapi mempergunakan bagian dari kambing semisal tulang belulang, kepala, usus, jerohan, kaki kambing dll. Akan tetapi era ini masakan tengkleng pun salah satunya makanan yng mewah, lantaran nyatanya harganya yng tak murah. Kenikmatan makan makanan tengkleng merupakan yang dengannya menggerogoti daging yng menempel pada tulang, meskipun tersisa tidak banyak. Kasakan tengkleng SOlo yng paling terkenal merupakan tengkleng yng ada di pasar Klewer yakni Tengkleng Ibu Edi. Warung ini tepatnya berada di samping gapura Pasar Klewer dekat yang dengannya Alun-alun utara Keraton Surakarta. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Tengkleng buatan Ibu Edi ini pun tidaklah gampang,lantaran lokasinya yng sempit serta antrinya yng tidak sedikit. Lokasinya malah tak ada tulisannya menjadikan membuat galau bagi pengunjung yng pertama kali mendatanginya. Tempat duduknya pun cuma meja kursi simpel. Namun jangan tanya rasa masakannya. Warung ini telah Amat terkenal enaknya. Rasanya sedap serta tak bau prengus kambing. Warung Tengkleng Bu Edi Umumnya buka jam 1 siang, akan tetapi dalam tempo 2 jam telah habis.

5. Gudeg Ceker

Ceker merupakan nama lain dari kaki ayam yng telah Suka dijadikan masakan. Gudek Ceker ini sebetulnya hampir percis yang dengannya gudek pada biasanya, yakni terbuat dari buah nangka muda ataupun gori. menjdai pelengkap ditambahkan ceker yng dimasak yang dengannya santan, sambel goreng krecek / rambak sapi serta pun telur pindang rebus. Gudek ceker khas Solo yng paling terkenal merupakan gudek ceker yng terdapat di Jl Wolter Monginsidi Margoyudan. Warung Gudek ceker ini merupakan milik Bu Kasno serta buka pada malam hari sekitar pukul 00.00 malam. Setiap harinya warung ini selalu ramai dikunjungi pengunjung lantaran rasanya yng Amat nikmat.

6. Sate buntel

Sate buntel ini setahu kami cuma ada di Kota Solo, yng adalah satu dari sekian banyaknya masakan Khas Solo yng selalu diburu pengunjung. Sate buntel merupakan sate yng berbahan baku daging kambing yng dicincang lantas diberi bumbu. bahan yng telah tercampur ini lantas di bungkus yang dengannya lemak kambing serta ditusuk yang dengannya mempergunakan tusuk sate serta dibakar semisal biasa. Dibungkus dalam bahasa jawa merupakan dibuntel, menjadikan sate ini dinamakan sate buntel. Penyajian sate buntel khas Solo ini hampir percis dngan sate kambing pada biasanya yakni yang dengannya ditambah bumbu kecap serta irisan bawang merah, jeruk nipis serta cabai. Warung sate yng menyediakan sate bunte ini di antaranya merupakan di warung sate kambing Jalan Sutan Syahrir No 39 Widuran.

7. Soto

Makanan Soto memanglah makanan yng telah terkenal di Indonesia, malah tidak sedikit daerah lain di Indonesia mempunyai makanan khas berupa Soto, akan tetapi berbada satu yang dengannya yng lain-lainnya. Ada Soto kudus yng berbahan baku daging kerbau, sate kemiri di pati, soto Semarang dll. Soto di Kota Solo pun mempunyai kehasan tersendiri yakni mempunyai kuah bening, mirip yang dengannya Soto Semarang. Soto di Kota Solo yng pun Amat terkenal merupakan Soto Gading yng terdapat atau terletak di Jl. Brifjen Sudiarjo Gading. Warung ini mulai buka jam 09.00 pagi hingga malam. Di tempat ini kamu bisa menikmati Soto yang dengannya dilengkapi macam-macam lauk yng Amat menarik, misalnya tempe, sate usus, sate daging ayam, sate uritan, tahu, perkedel dll.

8. Sambel Tumpang

Sambal tumpang merupakan makanan khas Kota Solo yng terbuat dari campuran santan serta tempe semangit (tempe yng mulai membusuk) yng dihaluskan. Menjdai tambahan dalam kuah ini umumnya ditambahkan tahu, telur serta krecek kulit sapi. Penyajiannya sendiri umumnya nasi putih diberi sayuran matang semisal bayam ttaoge serta kacang panjang yng lantas disiram yang dengannya sayur tumpang tadi. Selain yang dengannya nasi putih ada pun yng mencampurkan sambel tumpang ini yang dengannya bubur beras. Nasi sambel tumpang umumnya nikmat dimakan pagi hari menjdai sarapan. Pedagang nasi sambel tumpang tidak sedikit dijumpai di sekitar Stadion Manahan Solo pada pagi hari.

9. Sate Kere

Sajian masakan khas Kota solo selanjutnya merupakan sate kere. Dalam bahasa jawa, kata 'kere' pengertiannya merupakan orang yng miskin serta tak mampu. Dinamakan sate kere lantaran mungkin lantaran isinya bukan dari daging semisal umumnya menjadikan Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk warga masyarakat yang dengannya ekonomi lemah. Bahan pembuatan sate ere merupakan gembus ataupun sisa pembuatan tahu. Selain itu umumnya pun dilengkapi yang dengannya bahan lain semisal jeroan sapi berupa paru, limpa, hati, torpedo, ginjal dll. Cara pembuatannya semisal biasa, yakni ditusk lantas dibakar hingga matang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyajiannya yakni yang dengannya bumbu kacang. Warung sate kere yng era ini masih ada merupakan di sebelah selatan Stadion Sriwedari Solo.

10. Wedangan

Wedangan adalah warung khas Kota Solo yng menyediakan makanan khas nasi kucing. Dinamakan nasi kucing lantaran memanglah porsinya mirip porsi makanan kucing, yakni tidak banyak nasi, sambal serta bandeng yng cuma secuil. Pada perkembangannya lauk yng dipakai tak cuma bandeng saja akan tetapi ada pun teri serta pun oseng. Di warung angkringan umumnya pun menyediakn macam-macam lauk dari mulai mendoan, tahu, sate telur, sate usus, sate uritan, sate kulit sapi dll. Minumannya pun pun beragam dari teh, jeruk, kopi, jahe dll. Pedagang wedangan ataupun angkringan Amat mencolok dibanding warung yng lain-lainnya. Kekhasan orang-orang merupakan yang dengannya mempergunakan gerobak, memasang tenda serta teko yng unik.
Wedangan di Kota Solo Suka disebut yang dengannya HIK ataupun singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. Wedangan tak cuma didapati di Solo, akan tetapi pun hampir di setiap tempat di Jawa tengah, lebih-lebih merupakan Solo serta Yogyakarta. Pendapat dari satu dari sekian banyaknya sumber, pedagang wedangan sebetulnya awal mulanya tidak sedikit berasal dari Klaten. Orang-orang berasal dari Cawas yng merantau ke Kota Yogyakarta yng pada waktu itu adalah tempat yng tandus menjadikan sektor pertanian Amat tidak lebih menguntungkan. Merupakan Pak Pairo yng memlai menjdai penujual angkringan di Yogyakarta. Kesuksesannya lantas ditiru oleh warga lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka warung serupa di Yogyakarta serta Solo.
Ada ramai sekali warung HIK ataupun angkringan di Solo, misalnya merupakan angkringan di Jl. Banyuanyar Selatan No. 22b Solo yng buka mulai pukul 17.00 WIB. Di sekitar kampus ISI Solo pun ada wedangan yng pun ramai dikunjungi pembeli. Warung ini berada di bawah gapura ISI Solo yng berbentuk kapal, menjadikan Hik ini dikenal yang dengannya HIK kapal STSI ( STSI adalah nama sebelum berganti menjadi ISI ).

11. Pecel

Kamu pasti Amat famliar yang dengannya makanan yng satu ini. Pecel di Solo tidak jauh beda yang dengannya Pecel di daerah lain-lainnya. Nmaun di SOlo ada sebuah warung yng Amat unik yakni Warieng Tempo Doeloe jl. Supomo 55 pasar Mbeling. Warung ini meyediakan menu Pecel ndeso, yakni pecel yng nasinya mempergunakan nasi beras merah. Nasi ini lantas diberi sayuran berupa jantung pisang, kenikir, daun petai cina, bunga turi, kacang panjang dll yng dinikmati yang dengannya sambal wijen putih serta hitam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lauknya ada belut goreng, wader pari, telur ceplok, sosis dll.

12. Bakso Solo

Daerah kamu ada warung bakso yng meyebut yang dengannya bakso Solo ? Ya, bakso dari Solo memanglah terkenal dimana-mana. Rasanya yng gurih serta kuahnya yng sedap menjadi andalannya. Konon katanya, pedagang bakso Solo ini awal mulanya merupakan dari warga Wonogiri. Wonogiri merupakan satu dari sekian banyaknya kabupaten di sekitar Solo serta dulunya masuk dalam karesidenan Surakarta / Solo. Menjadikan tidak sedikit warga Wonogiri di luar daerah yng menyebut orang-orang orang Solo daripada Wonogiri. Bakso yng nikmat serta terkenal di Kota Solo diantaranya merupakan : Bakso Pawirorejo (Komplek Pasar Gedhe), Bakso Remaja (Selatan Pasar Singosaren), Bakso Alex (Jl. Yosodipuro), Bakso Titoti (Jl. Honggowongso) dll.
Baca : 12 Tempat wisata Solo paling tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan
Demikian tadi berita ihwal 12 Masakan Khas Solo Yng Bikin Kangen. jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjungi tempat wisata Solo yng Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan bersama keluarga.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar 12 Kuliner Khas Solo Yang Bikin Kangen

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 12 Kuliner Khas Solo Yang Bikin Kangen