-->

Daftar Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan

- 1/13/2017

Daftar Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan

 
12 Tempat Wisata di Magelang Yng Cocok Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Liburan, Tempat Wisata Terindah - Magelang itu Kota ataupun Kabupaten sih ? Mungkin itu pertanyaan yng pertama kali terlintas di pikiran kita andaikan kita belum mengenal Magelang. Andai kamu berasal dari Magelang maka kamu akan yang dengannya gampang menjawab pertanyaan diatas. Dahulu Magelang adalah nama sebuah Kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini beribu Kota di Kota Magelang yng era ini berdiri. Lantas pada tahun 1950 Pemerintah menetapkan bahwasanya Kota Magelang berdiri sendiri menjdai Kota Magelang didasari UU No. 13 tahun 1950. Kabupaten Magelang pun masih berdiri yang dengannya ibu kotanya terdapat di Mungkid.
Dalam tulisan atau artikel ini kami akan membahas ihwal beberapa tempat wisata yng terdapat di Magelang. Pemaparan ini bersifat menyeluruh anatara tempat wisata di Kota Magelang maupun di Kabupaten Magelang. 12 tempat wisata di Magelang ini kami pilih menjdai tempat wisata yng paling tidak jelek alias bagus diantara yng lain-lainnya. Diluar 12 obyek wisata di Magelang ini masih tidak sedikit wsata lain akan tetapi tak akan kita bahas mendalam dalam tulisan atau artikel ini. Berikut merupakan 12 Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan selengkapnya.


1. Candi Borobudur




Candi Borobudur adalah ikon wisata di Kabupaten Magelang malah pun dipakai menjdai ikon wisata Jawa Tengah. Hal itu lantaran memanglah Wisata Candi Borobudur ini adalah satu dari sekian banyaknya peninggalan sejarah yng berharga tinggi. Candi Borobudur pernah dinnobatkan menjdai satu dari sekian banyaknya dari 7 keajaiban dunia sera sudah ditetapkan menjdai World Heritage Sites oleh UNESCO. Oleh lantaran itu tempat wisata Candi Borobudur selalu didatangi para wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara. Candi Borobudur adalah sebuah candi terbesar umat agama Budha. Candi ini mempunyai bentuk dasar semisal punden berundak dimana didalamnya terdapat 1460 relief serta 506 stupa.


2. Ketep Pass




Ketep Pass adalah tempat wisata di Magelang yng mempunyai pemandangan alam yng Amat indah. Ketep Pass berlokasi diantara dua Gunung besar yakni Gunung Merapi serta Merbabu. Dari Ketep Pass ini kedua gunung yang telah di sebutkan bisa nampak terlihat terang. Malah kalau cuaca sedang cerah kamu bisa mendapati pemandangan alam yng luar biasa. Di Ketep Pass terdapat bioskop mini serta museum vulkanologi. Bioskop mini ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutar dokumentasi erupsi Gunung Merapi yng terkenal dahsyat itu. Oh ya disini pun terdapat beberapa teropong yng bisa dipakai pengunjung bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat secara terang pemandangan puncak Gunung Merapi serta Merbabu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggunaknnya kamu cukup membayar yang dengannya Rp. 3.000 saja


3. Taman Kyai Langgeng




Wisata Taman Kyai Langgeng adalah tempat wisata keluarga yng terdapat di Magelang yng Amat digemari oleh masyarakat. Pada hari libur tempat ini selalu dipenuhi pengunjung. Apalagi lokasi Taman Kyai Langgeng ini terdapat di Pusat Kota Magelang menjadikan Amat gampang terjangkau. Dalam Taman Kyai Langgeng terdapat aneka koleksi tanaman langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran asli, prototipe pesawat terbang, sampai-sampai banyak sekali fasilitas permainan. Selain itu bagi anak-anak pun sudah disediakan macam-macam permainan serta pun kolam renang.


4. Rafting di Sungai Progo Atas




Di Magelang sebenarnya pun adal wisata adventure yng Amat menarik yakni berupa rafting ataupun arung jeram di Sungai Progo. Arung jeram di Magelang ini mempunyai jalur sepanjang 12 km ataupun dibutuhkan waktu sekitar 3 jam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengarunginya. Andai kamu berminat rafting di Sungai Progo atas ini kamu bisa mendatangi pos panitia di Perumahan Griya Tok Songo, Koya Magelang.


5. Air Terjun Kedung Kayang




Ini lah satu dari sekian banyaknya wisata alam di Magelang yangs angat indah, dimana kamu akan disuguhi oleh sebuah air terjun yang dengannya yang dengannya ketinggian mencapai 40 meter dan yang dengannya peredaran air yng deras dan terasa dingin lantaran letaknya di pegunungan. Air terjun yng dimaksud merupakan air terjun Kedung Kayang yng letaknya tidak jauh dari gardu pandang di Ketep Pass. Lokasi wisata ini berada di perbatasan antara dua Kabupaten yakni wilayah Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang, yang dengannya Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasuki area wisata Air Terjun Kedung Kayang kamu cuma akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp.2.500 saja. Murah sekali bukan ?


6. Air Terjun Sekar Langit




Dari Air Terjun Kedung Kayang di wilayah Timur Kabupaten Magelang kita berpindah ke wilayah barat dimana pun terdapat sebuah air terjun yng cukup menarik. Air Terjun ini merupakan Air Terjun Sekar Langit yng terdapat atau terletak di kaki Gunung Andong, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang. Pendapat dari legenda, konon air terjun ini lah yng dipakai tempat mandi para bidadari dalam cerita Joko Tarub. Percaya ? Pemandangan di air terjun ini Amat indah yakni yang dengannya gemeriik air terjun dan rindangnya pepohonan yng berada di sekitar air terjun.


7. Curug Silawe




Masih berupa wisata alam di Kabupaten Magelang, di artikel ini merupakan Curug Silawe dimana tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lantaran lokasinya yng tersembunyi. Lokasi wisata Curug Silawe merupakan di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jalan menuju lokasi Curug Silawe ini pun masih tidak sedikit yng rusak, meskipun memanglah pemandangan di sekitar jalan ini cukup indah. Butuh sentuhan khusus dari pemerintah daerah setempat agar tempat wsiata ini bisa lebih berkembang serta menjadi tempat wisata yng ramai dikunjungi menjadikan bisa mengangkat perekonomian di sekitar lokasi wisata dan dapam menambah Penghasilan Asli Daerah Kabupaten Magelang.


8. Gunung Andong




Wilayah Kabupaten Magelang dikelilingi oleh Gunung. Satu dari sekian banyaknya Gunung yng berada di Magelang merupakan Gunung Andong Gunung ini Suka dijadikan menjdai tempat mendaki ataupun muncak oleh para pecinta alam. Mampu dikatakan gunung Andong ini adalah gunung yng ramah bagi atau bisa juga dikatakan untuk didaki, pengertiannya jalur pendakiannya tak sesulit gunung lain semisal Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing ataupun yng lain-lainnya. Ketinggian Gunung Andong ini mencapai 1.726 mdpl. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendakinya rata-rata para pendaki cuma butuh waktu 1,5 jam. Bgaimana, Tertarik ?


9. Wisata Bukit Tidar Magelang




Bukit Tidah merupakan bukit yng terdapat di Kota Magelang. Bukit ini layaknya sebuah penyejuk ditengah keramaian kota. Selain berfungsi menjdai lahan terbuka hijau, sebenarnya Bukit Tidar Magelang menyimpan potensi wisata yng besar. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat Kota Magelang dari ketinggian dan bisa menikmati pepohonan yng berdiri tegak yng menjadikan suasana menjadi lebih sejuk. Di bukit ini pun terdapat wisata religi yakni Petilasan Syeh Subakir dari Persia yng adalah penyebar agama Islam di Jawa Tengah.


10. Candi Mendut




Candi Mendut adalah obyek wisata di Magelang yng letaknya sekitar 3 km dari Candi Borobudur ataupun tepatnya beralamat di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pendapat dari para ahli sejarah, Candi Mendut diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Bangunan candi ini sebetulnya merupakan berasal dari batu bata yng lantas ditutupi yang dengannya batu alam. Di dalam bilik Candi Mendut terdapat 3 buah arca yng terkenal yakni arca Dyani Buddha Cakyamuni ataupun Vairocana, arca Avalokitesvara, serta arca Bodhisatva Vajrapani.


11. Candi Pawon




Wisata Candi yng terdapat di Magelang selanjutnya merupakan Candi Pawon. Candi ini terdapat atau terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi Pawon ini mempunyai kaitan erat yang dengannya Candi Borobudur serta Candi Mendut. Selain sama-sama peninggalan Agama Budha, posisi Candi Mendut, Candi Pawon serta Candi Borobudur terdapat atau terletak dalam satu garis lurus. Kejadian ini hingga era ini masih dalam perdebatan mengapa mampu semisal itu.


12. Museum Sudirman




Tidak cuma terkenal yang dengannya wisata alamnya yng indah, di Magelng pun terdapat tempat-tempat bersejarah yng layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita kenang. Satu dari sekian banyaknya tempat bersejarah merupakan useum Sudirman yng terdapat di Kota Magelang. Museum Sudirman terdapat atau terletak di Jalan ade Irma Suryani No C-7 ataupun tepatnya di sudut selatan Taman Badaan. Gedung ini nampak sepi pengunjung, hal itu mungkin lantaran minimnya kesadaran kita terhadap tempat-tempat bersejarah di sekeliling kita ataupun pun lantaran minimnya promosi dari pemerintah setempat. Gedung tempat Museum Sudirman ini adalah bekas rumah Jenderal Sudirman sebelum wafat.
Link Terkait :
12 Tempat Wisata Pilihan di Jawa Tengah
Pariwisata Lengkap di Yogyakarta
Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Magelang Yng Cocok Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Liburan. Selain 12 tempat wisata tadi pastinya ada juga tempa wisata lain yng belum kami sebutkan. Kami mohon maaf andaikan pemilihan 12 tempat wisata diatas tidak lebih berkenan dihati para pembaca sekalian. Berikut kami sampaikan sekalian Obyek Wisata yng terdapat di Magelang secara lengkap yang dengannya alamatnya.

  1. Candi Retno Alamat : Desa Candi Retno, Kec Secang

  2. Makam Raden Santri Alamat : Desa Gunungpring, Kec. Muntilan

  3. Makam Sunan Geseng Alamat : Puncak bukit di Desa Tirto, Kecamaan Grabag

  4. Museum Badan Pemeriksa Keuangan Alamat : dalam kompleks rumah Residen Kedu, di jalan Diponegoro No 1, Magelang 5

  5. Museum Bumiputera 1912 Alamat : Jalan Jenderal A. Yani No. 21, Magelang

  6. Museum Taruna Abdul Jalil Alamat : Kompleks pendidikan Akademi Militer seluas 980 m2, 1 km dari pusat Kota Magelang

  7. Taman Rekreasi Kalibening Alamat : Dusun Kalibening, Payaman, Secang

  8. Telaga Bleder Alamat : Desa Ngasinan, Kec. Grabag, di lereng Gunung Andong

  9. Candi Borobudur Alamat : Desa Borobudur, Kec. Borobudur

  10. Candi Mendut Alamat : Desa Mendut, Kec. Mungkid

  11. Ketep Pass Alamat : Desa Ketep, Kecamatan Sawangan

  12. Punthuk Setumbu Alamat : Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur

  13. Air Terjun Kedung Kayang Alamat : Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, 3 Km dari Gardu Pandang Ketep Pass

  14. Air Terjun Sekarlangit Alamat : Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang

  15. Arung Jeram Kali Elo Alamat : Desa Mendut, Desa Blondo, Kec. Mungkid, serta Desa Candirejo, Kec. Borobudur

  16. Candi Asu Alamat : Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang

  17. Candi Gunung Wukir Alamat : Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kec Salam

  18. Candi Lumbung Alamat : Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang

  19. Candi Ngawen Alamat : Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, 5 km dari Candi Mendut

  20. Candi Selogriyo Alamat : Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec Windusari

  21. Candi Umbul Alamat : Desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang

  22. Jurangjero Alamat : Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang

  23. Kelenteng Hok An Kiong Alamat : Jl. Pemuda No 100, Muntilan, Magelang

  24. Museum Borobudur Alamat : Berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang

  25. Museum Diponegoro Alamat : Jl. Diponegoro No.1, Magelang, di sayap kiri Pendopo Karesidenan Kedu 26.

  26. Museum Samudra Raksa Alamat : Dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang

  27. Museum Senirupa Haji Widayat Alamat : Jl. Letnan Tukiyat 32, Kota Mungkid, yang dengannya galeri, art shop serta area taman, diresmikan pada 30 April 1994.

  28. Museum Sudirman Alamat : Jl. Ade Irma Suryani No.C-7, di sudut selatan Taman Badaan

  29. Air Terjun Curug Silawe Alamat : Desa Sutopati, Kec. Kajoran, di lereng Gunung Sumbing



Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan