-->

12 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

- 1/17/2017

12 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

 
Tempat wisata di Solo - Kota solo ataupun pun yng disebut yang dengannya kota Surakarta adalah sebuah kota berlokasi strategis di provinsi Jawa Tengah. Lantaran lokasinya yng strategis serta berada di tengah-tengah jalur darat, kota Solo ramai dikunjungi orang yng dalam perjalanan menuju kota lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk singgah sejenak. kota ini memanglah kota yng sudah melahirkan presiden republik indonesia semisal jokowi. Selain itu kota solo pun tidak sedikit menyimpan membagikan keindahan wisata yng ada di kota solo.
Pada masa saat ini, nama Surakarta dipakai dalam situasi formal-pemerintahan, sedangkan nama Sala ataupun Solo lebih merujuk kepada penyebutan umum yng dilatarbelakangi oleh aspek kultural. Kata sura dalam Bahasa Jawa berguna "keberanian" serta karta berguna "makmur", menjdai sebuah harapan kepada YME. Bisa juga dikatakan bahwasanya nama Surakarta adalah permainan kata dari Kartasura. Kata sala, nama yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk desa tempat istana baru dibangun, merupakan nama pohon suci asal India, yakni pohon sala , pendapat dari wikipedia.
Berkunjung ke sejumlah tempat wisata Solo memberikan kesan kuat akan nuansa sejarah serta kebudayaan masyarakatnya yng masih tetap eksis sampai-sampai saat ini. Solo merupakan tempat yang dengannya sebuah tradisi Jawa yng kuat serta menjadi kebanggaaan. Kamu bisa menemukan warisan budaya Jawa kuno di kota solo. Ramai sekali banyak sekali pesona tempat wisata di Solo terlihat mulai dari keraton, kerajinan batik, masakan yng enak, wayang serta lain-lainnya.
Tempat Wisata di Solo
Nah di artikel ini saya akan merangkum beberapa tempat wisata yng unik serta menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu kunjungi, lantaran disolo ramai sekali wisata yng seru serta pun wisata masakan yng enak-enak. Mungkin bagi yng sedang berlibur di Jogja jangan tidak ingat datang pun ke kota solo ini. Pastinnya kamu tak akan rugi datang ke kota ini.
Baca pun : Tempat wisata di Jogja yng pasti kamu suka
1. Tempat Wisata Air Terjun Jumog
Tempat Wisata Air Terjun Jumog
Wisata pertama yng ada di solo yairu air terjun jumog, siapa sih yng gak suka yang dengannya keindahan alam? pastinya seluruh orang menyukai keindahan alam kan, lebih-lebih keindahan di air terjun, di air terjun memanglah kita mampu bermain air yang dengannya suhu yng cukup dingin lantaran biasannya air terjun tidak sedikit terdapat didaerah desa-desa. salah satunya yang dengannya air terjun jumog.
Tempat wisata Air Terjun Jumog berjarak sekitar 40 kilometer ke arah Timur Solo. Andai para pengunjung berangkat dari arah Solo menuju tawangmangu, kelak sesudah pertigaan pasar karangpandan, para penelusur mengambil ke arah kiri menuju Ngargoyoso. Lantaran kalau yng ke arah kanan merupakan jalan menuju ke tempat wisata tawangmangu.
Air terjun Jumog ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Andai para pengunjung beruntung, maka para pengunjung akan mampu melihat pelangi yng seringkali terlihat di Air Terjun Jumog. Tempat wisata ini sendiri Suka dijuluki menjdai (Surga yng Hilang) oleh masyarakat yng tinggal di lokasi air terjun maupun oleh para wisatawan yng berkunjung.
Mungkin bagi pengunjung yng ingin menginap, mampu kok! lantaran di sekitar tempat wisata Air Terjun Jumog terdapat homestay serta pun cottage yang dengannya beragam variasi harga yng ditawarkan. Era para penelusur berwisata ke Air Terjun Jurog, maka jangan hingga melewatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merasakan makanan khas daerah yang telah di sebutkan yakni sate ayam yng sangatlah lezat.
Bagaimana? Mungkin anda sekalian tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan serta telusuri wisata Air Terjun Jumog yang dengannya airnya yng Amat jernih serta tempatnya yng masih alami?
2. Pandawa Water World Solo
Tempat Wisata Pandawa Water World Solo
Pandawa Water World adalah wahana wisata air yng terdapat atau terletak di perbatasan kota Surakarta serta Sukoharjo. Pandawa Water World Amat cocok dijadikan tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisata keluarga. Di tempat wisata ini terdapat ramai sekali wahana permainan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak hingga orang dewasa.
Di Pandawa ada ramai sekali Wahana antara lain yakni wave pool,action,rider,fantastic,slides,aerated,warm spa,sight tower,serta masih tidak sedikit lagi yng lain-lainnya lantaran tidak lebih lebih jumlah wahananya sekitar 27 wahana permainan. Seluruh wahana itu aman lantaran tiap wahan di awasi oleh para ahlinya yng profesional jadi para pengunjung nggak butuh khawatir.
Tempat wisata pandawa water world buka sehari-hari mulai pukul 8.00 pagi hingga 18.00 sore. Harga tiket masuk di tempat wisata ini yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk hari senin-jumat Rp 50.000/orang sedangkan sabtu-minggu Rp 100.000/orang. Harga tiket masuk yang telah di sebutkan sangatlah sebanding yang dengannya fasilitas yng ada di pandawa water world yang telah di sebutkan,
3. Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu
Tempat wisata selanjutnya yakni Wisata Grojogan Sewu merupakan wisata alam air terjun, terdapat atau terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Yang dengannya ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut, Grojogan Sewu mempunyai hawa sejuk lantaran berada di sebuah hutan yng masih asri serta alami di tambah yang dengannya banyaknya pepohonan akan membuat suasana rindang serta lebih sejuk.
Berwisata di Grojogan Sewu tak sepenuhnya menikmati keindahan air terjun yang dengannya suasana dinginnya, akan tetapi kamu pun mampu belanja sayur maupun buah-buahan ciri khas pegunungan yng siapa tau mampu menambah pengganti wisata kamu. Di sekitar pintu masuk tempat ini pun di sediakan kuda sewaan yng mampu anda genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkeliling, cuma yang dengannya biaya Rp18Ribu rupiah bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekali putaran.
Pintu masuk pertama terdapat atau terletak di atas, kamu Perlu menuruni anak tangga yng jumlahnya ratusan serta tersusun rapi,di sediakan juga gazebo di beberapa titik,bagi atau bisa juga dikatakan untuk beristirahat sejenak sambil melihat monyet ekor panjang yng hidup yang dengannya bebas di tempat ini, anda pun mampu melihat tanaman hias yng di jual di sisi jalan. Sedangkan pintu masuk kedua berada di lereng bawah.
4. Tempat Wisata Taman Sriwedari
Tempat Wisata Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah sebuah kompleks taman di Kecamatan Lawiyan, Kota Surakarta. Sejak era Pakubuwana X, Taman Sriwedari menjadi tempat diselenggarakannya tradisi hiburan Malam Selikuran. Kampung Sriwedari terdapat atau terletak di tepi Jalan Slamet Riyadi ataupun di sebelah Timur Kampung Penumping.
Nama Sriwedari diambil dari cerita pewayangan, yng era itu dipakai menjdai tempat hiburan bagi para istri Prabu Harjuna Sasrabahu. Sriwedari yng ada saat ini dibangun atas perintah Sunan Pakibuwono X bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat hiburan rakyat, abdi dalem, serta sentana dalem.
Di depan Taman Sriwedari terdapat sebuah panggung yng tumbuh pohon beringin yng rindang serta di atas panggung terlihat sepasang meriam yng kerap kali di jadikan menjdai panggung pertunjukan setiap ada event. Disini pun adalah hot spot area jadi Suka dimanfaatkan anak- anak muda bagi atau bisa juga dikatakan untuk nongkrong hot spot an ataupun sekedar menikmati makanan yng terdapat di sepanjang jalan serta sekedar mengambil foto.
5. Tempat Wisata Keraton Surakarta
Tempat Wisata Keraton Surakarta
Keraton Surakarta ataupun Solo ataupun disebut menjdai Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah keraton yang dengannya gaya serta arsitektur yng Amat unik. Keraton ini tertelak di kota Surakarta biasa disebut yang dengannya nama Solo yng berada di Propinsi Jawa Tengah. Keraton Solo adalah perpaduan yng khas antara gaya eropa serta etnik Jawa dalam setiap sudut serta tata ruang Keraton. Secara sejarah Keraton Solo di bangun oleh Pakubuwono II sekitar tahun 1744.
Di Keraton Surakarta ini kamu mampu melihat banyak sekali benda peninggalan kerajaan yng terdapat di dalam museum. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasuki museum yng berada di dalam area kraton, diwajibkan memakai sepatu serta bercelana panjang. Bagi yng memakai sandal disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilepas menjadikan tanpa alas kaki atau juga cekeran, bagi yng bercelana pendek akan dipinjami sebuah kain yng dibelitkan dari pinggang sampai-sampai ke kaki menyerupai disaat memakai jarik. Tiket masuknya tergolong murah, masih di bawah Rp.10Ribu.
6. Museum Kita-kita Purba Sangiran
Museum Kita-kita Purba Sangiran
Museum Sangiran terdapat atau terletak di sebelah utara Kota Solo serta berjarak sekitar 15 km tepatnya di desa krikilan, kec. Kalijambe, Kab.Sragen. Gapura Situs Sangiran berada di jalur jalan raya Solo–Purwodadi dekat perbatasan antara Gemolong serta Kalioso (Kabupaten Karanganyar). Gapura ini bisa dijadikan penanda bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Situs Sangiran, Desa Krikilan. Jarak dari gapura situs Sangiran menuju Desa Krikilan 5 km.
Sangiran adalah situs terpenting bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangan banyak sekali bidang ilmu pengetahuan lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk penelitian pada bagian antropologi, arkeologi, biologi, paleoantropologi, geologi, serta tentu saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk bidang kepariwisataan. Keberadaan Situs Sangiran Amat memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji ke hidup-an kita-kita prasejarah lantaran situs ini dilengkapi yang dengannya fosil kita-kita purba, hasil-hasil budaya kita-kita purba, fosil flora serta fauna purba beserta gambaran stratigrafinya.
7. Tempat Wisata Masakan Galabo Solo
Tempat Wisata Masakan Galabo Solo
Galabo adalah sebuah tempat wisata masakan yng buka di malam hari di Kota Solo. Setiap malamnya Galabo selalu tidak sedikit dikunjungi warga Solo yng ingin menikmati masakan. Daerah ini terdapat atau terletak di daerah Gladak, ataupun tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Pusat Grosir Solo.
Pada malam hari, sepanjang jalan ini akses bagi atau bisa juga dikatakan untuk kendaraan bermotor ditutup, lantas para pedagang makanan dipersilakan membuka lapak dagangannyanya disana. Jadi mampu dikatakan jalan ini kalau siang hari diperuntukkan lalu lalang kendaraan serta parkir ke BTC serta PGS, sedangkan pada malam hari dipakai menjdai arena pasar masakan Galabo.
Jumlah warung yng berjualan di tempat Galabo ini sekitar 50 an warung yang dengannya banyak sekali jenis makanan yng ada di Kota Solo. Jadi warung yng buka di Galabo ini mampu dikatakan perwakilan dari banyak sekali rumah makan, warung serta restoran yng ada di Solo.
8. Kebun Binatang Taru Jurug
Tempat Wisata Kebun Binatang Taru Jurug
Tempat wisata selanjutnya yakni Taman wisata taru jurug, taman mempunyai koleksi binatang langka semisal burung merak hijau, harimau sumatera, iguana, komodo serta hewan-hewan langka lainya. Tidak cuma satwa, di tempat ini pun terdapat macam-macam jenis tumbuhan baik yng berbentuk kecil maupun yng berbentuk besar semisal pohon akasia, pohon pinus, pohon cemara serta pohon flamboyan. Pohon-pohon yang telah di sebutkan tidak cuma berfungsi menjdai konservasi, namun pun mampu di jadikan menjdai tempat berteduh serta penghijauan.
Fasilitas yng ada di taman wisata taru jurug cukup tidak sedikit, semisal aneka wahana permainan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dewasa serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak. Fasilitas yang telah di sebutkan berupa kereta mini, kolam renang, wahana air. Menjadikan seluruh pengunjung mampu berupaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati wahana yang telah di sebutkan sesudah lelah berkeliling melihat satwa yng ada di kebun binatang yang telah di sebutkan.
Harga tiket masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkunjung di taman wisata taru jurug ini cukup murah, yakni Rp 6.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk hari biasaya serta Rp 7.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk hari libur. andai kamu ingin naik gajah tau kuda kamu Perlu membayar Rp7000 rupiah.
9. Tempat Wisata Monumen Pers Solo
Tempat Wisata Monumen Pers Solo
Monumen Pers Nasional terdapat atau terletak di Jalan Gajah Mada 59, Surakarta, Jawa Tengah, di sudut Jl. Gajah Mada serta Jl. Yosodipuro. Letaknya di sebelah barat Istana Mangkunegaran. Kompleks museum terdiri dari bangunan asli Sasana Soeka, dua gedung berlantai dua, serta satu gedung berlantai empat. Di depan museum terdapat lapangan parkir serta dua papan pengumuman yng dilengkapi koran gratis. Bangunan Monumen Pers Nasional ini terdaftar menjdai Cagar Budaya Indonesia.
Museum ini pun mempunyai pusat media. Di sana masyarakat mampu mengakses Internet gratis melalui sembilan komputer yng tersedia. Ada juga perpustakaan yang dengannya koleksi 12.000 buku, ruang baca koran serta majalah lama yng telah didigitalisasi di tempat, serta ruang mikrofilm yng telah tak dipakai lagi.
10. Tempat Wisata Sejarah Museum Mangkunegaran
Tempat Wisata Sejarah Museum Mangkunegaran
Museum Pura Mangkunegaran adalah tempat dimana kita bisa menggali sejarah ihwal abdi dalem Keratonan Surakarta dari Zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yng dulu dikenal menjdai Pangeran Samber Nyawa. Pura Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo serta dalem yng diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yng menarik merupakan keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yng bulat.
Pendopo disini isinya sebuah ruangan terbuka yng dipakai oleh para abdi dalem bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengadakan latihan pertunjukan tari maupun latihan pertunjukan wayang kulit yng adalah salah satunya kebudayaan asli Jawa serta Jawa tengah Khususnya. Pendopo ini terdiri dari dua tiang penyangga utama yng berfungsi menopang bangunan agar tetap berdiri kokoh. Pura Mangkunegaran dibuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk umum sehari-hari jam 09.00-14.00, Jumat jam 09.00-12.00, Minggu jam 09.00-14.00 wib.
11. Tempat Wisata Taman Balekambang
Tempat Wisata Taman Balekambang
Taman Balekambang adalah taman kota seluas 9,8 Ha yng dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Taman ini dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk putrid-putri tercinta, yakni Gray Partini Husein Djayaningrat serta Gray Partinah Sukanta, yng figure keduanya mampu dilihat pada patung yng ada di dalam taman Balekambang. Untuk itu area taman Balekambang ini pun dulu dibagi menjadi dua, yakni Partini Tuin serta Partinah Bosch. Partini Tuin ataupun Taman Air Partini terdapat kolam resapan yng luas serta pun berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk penampungan air. Kolam ini pun mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisata air yang dengannya mempergunakan perahu.
12. Tempat Wisata Pasar Klewer
Tempat Wisata Pasar Klewer
Pasar Klewer Surakarta di Jl. Dr. Radjiman Solo, tepatnya sebelah alun-alun lor Solo ini adalah bangunan yng telah ada sejak tahun 1942 serta diresmikan pertama kali oleh Presiden Suharto. Bangunan pasar klewer terdiri atas dua lantai yng membuat para pengunjung serta pelaku pasar lebih nyaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih serta berjalan-jalan menyusuri setiap sudut lorong pasar.
Di pasar klewer tersedia macam-macam jenis kain serta pakaian mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, orang tua, pakaian resmi, pakaian sekolah, pakaian blouse cantik, pakaian santai dll. Akan tetapi yng menonjol pada pasar klewer merupakan di sana tersedia macam-macam jenis batik dari seluruh kota selain kota Surakarta diseluruh Indonesai, semisal kota Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas dll. Andai kita menengok ke lantai dua kita pun akan menemui beberapa penjahit yng siap merubah kain yng baru saja dibeli menjadi sebuah pakaian yng dimau-kan.
Demikian mengenai 12 Tempat Wisata di Solo Yng Wajib Dikunjungi mudah-mudahan mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh. Selamat berlibur kawan. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 12 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 12 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi