-->

Masjid Agung Demak Jawa Tengah yang Megah

- 3/06/2017

Masjid Agung Demak Jawa Tengah yang Megah

 
Masjid Agung Demak Jawa Tengah yng Megah - Masjid Agung Demak adalah satu dari sekian banyaknya Masjid tertua di Indonesia yng dibangun di Demak. Demak adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yng berdekatan yang dengannya Kabupaten Semarang, Jepara, Kudus serta Grobogan. masjid Agung Demak merupakan satu dari sekian banyaknya peninggalan Kerajaan Demak yng pernah berjaya di Tanah Jawa. Di dalam kompleks Masjid Agung Demak pun terdapat Makam Raja-raja Kesultanan Demak serta yng terbaru diangun juga Museum Masjid Agung Demak. Era ini banyakwarga yng berkunjung ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah serta menjadikannya menjdai tempat wisata sejarah serta religi.

Lokasi Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak terdapat atau terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Lokasi persisnya Amat gampang ditemui yakni di sebelah utara Alun-alun Kabupaten Demak.

Arsitektur Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak dibangun yang dengannya mempergunakan arsitektur bernuansa Jawa, pengertiannya bangunan pokoknya mengambil bentuk limas serta tak ditemui kubah-kubah layaknya masjid di Arab. Atap limas Masjid bersusun tiga yng melambangkan Iman, Islam serta Ihsan. Masjid Agung Demak mempunyai lima buah pintu yng bermakna rukun Islam yakni syahadat, salat, puasa, zakat, serta haji. Sedangkan rukun iman tercermin dari jendela masjid yng berjumlah enam.
Masjid Agung Demak memiliki bangunan-bangunan induk serta serambi. Bangunan induk mempunyai empat tiang utama yng disebut saka guru yang dengannya tinggi sekitar 17 meter. Satu dari sekian banyaknya tiang utama itu disebut soko tatal. Soko tatal itulah yng mempunyai cerita menarik. Soko atau juga tiang ini terbuat dari serpihan-serpihan kayu ataupun tatal yng direkatkan satu yang dengannya yng lain-lainnya menjadikan membentuk tiang. Pendapat dari cerita, tiang ini dibuat oleh Sunan Kalijaga. Masyarakat menyebut tiang ini menjdai wujud karamah Sunan Kalijaga. Tidak sedikit yng percaya Sunan Kalijaga membuat saka ini yang dengannya kekuatan yng tak biasa.

Sejarah Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak diperkirakan didirikan oleh Raden Patah yng adalah Sultan dari Kesultanan Demak sekitar abad 15 Masehi. Dalam masa pemerintahan Raden Patah, Kerajaan Demak mengalami masa jayanya. Masjid Agung Demak ini dulunya menjdai pusat penyebaran Agama Islam di Tanah Jawa. Walisongo Suka mengadakan pertemuan di Masjid ini.

Gambar Masjid Agung Demak

Gambar Masjid Agung Demak
Gambar Masjid Agung Demak
Gambar museum Masjid Agung Demak
Gambar museum Masjid Agung Demak



Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Masjid Agung Demak Jawa Tengah yang Megah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Masjid Agung Demak Jawa Tengah yang Megah