-->

12 Tempat Wisata di Bengkulu yang Bagus untuk Liburan

- 3/24/2017

12 Tempat Wisata di Bengkulu yang Bagus untuk Liburan

 
12 Tempat Wisata di Bengkulu yng Tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk Liburan, Tempat Wisata Terindah - Pernah pergi berlibur ke Bengkulu ? Ataupun bahkan belum mengenal Bengkulu ? Bagi masyarakat yng berada di luar Sumatera, mungkin nama Bengkulu masih begitu asing. Bengkulu adalah nma ibu kota Provinsi Bengkulu yng berada di Pulau Pumatera. Provinsi Bengkulu mempunyai batas wilayah yng berdampingan yang dengannya Sumatera Barat di utara, berbatasan yang dengannya Jambi serta Sumatera Selatan di sebelah timur dan berbatasan yang dengannya Lampung di Selatan. Provinsi Bengkulu ini sebetulnya adalah bagian yng tidak terpisahkan dari Sejarah Republik Indonesia tercinta ini, lantaran di Kota ini dia salah atu proklamator kita Bung Karno pernah diasingkan oleh Pemerintahan Hindia-Belanda. Pengasingan Ir. Soekarno ini berlangsung sekitar tahun 1939-1942.
Selain dikenal yang dengannya sejarah pengasingan Bung Karno itu, Kota Bengkulu pun menyimpan tempat wisata yng indah yng Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk liburan bersama keluarga maupun sahabat dekat. Yang akan di sajikan kali ini kami rangkum 12 Tempat Wisata di Kota Bengkulu yng Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghabiskan liburan.

1. Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu Pantai Panjang di Kota Bengkulu ini adalah sebuah tempat wisata yng Amat terkenal di Bengkulu. Tempat wisata pantai ini berada di tempat yng strategis. Akses bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Pantai Panjang di Bengkulu ini pun tidaklah sulit. Dari pusat Kota Bengkulu kamu cuma butuh waktu 15 menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke pantai Panjang ini. Tempat Wisata Pantai Panjang BEngkulu meiliki keistimewaan yakni panjang pantai yng mencapai 7 km. Panjang sekali bukan ? Yang dengannya pantai sepanjang ini maka pengunjung bisa mengeksplore setiap sudut pantainya serta menikmati pemandangan yng Amat indah tentunya. Kamu tak butuh khawatir mengenai fasilitas yng ada di Pantai Panjang ini, lantaran hampir seluruh fasilitas umum ada disini, dari mulai penginapan, restoran, cafe, dll. Pengunjung pantai bisa berjogging ria ataupun pun bermain voli pantai beserta sahabat serta rekan orang-orang.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu Semisal yng sudah kami sampaikan diatas bahwasanya satu dari sekian banyaknya daya tarik Kota Bengkulu merupakan dahulu pernah dijadikan menjdai tempat pengasingan tokoh proklamator Indonesia yakni Ir. Soekarno. Hingga saat ini, tempat kediaman Bung Karno semasa pengasingan di Bengkulu ini masih terawat yang dengannya baik. Malah kamu bisa mengunjunginya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengenang serta mengkaji sejarah Republik Indonesia. Bung Karno menempati rumah pengasingan ini pada tahun 1938 - 1942. Tidak sedikit peristiwa sejarah yng berlangsung selama masa pengasingan di Bengkulu ini, di antaranya merupakan di tempat ini dia Bung Karno bertemu yang dengannya Fatmawati, seorang gadis Bengkulu yng akhirnya dipinang Bung karno menjdai Istrinya. Ibu Fatmawati ini dia yng lantas menjahit Sang Saka Merah Putih bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan Proklamasi 17 Agustus 1945.

3. Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough Bengkulu Benteng Marlborough adalah sebuah benteng yng dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713 - 1719. EIC adalah sebuah perusahaan dagang yng dimiliki pedagang dariInggris. Pembangunan Benteng Marlborough ini di lakukan era EIC dipimpin oleh Gubernur Joseph Callet. Semisal fungsi Benteng pada biasanya, Benteng Marlborough ini dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan wilayah Bengkulu dari serangan musuh. Pada waktu itu EIC sedang dalam bisnis memonpoli perdagangan lada di wilayah yang telah di sebutkan. Era ini Benteng Marlborough dijadikan menjdai wsiata sejarah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenang masa perjuangan pada waktu itu. Keberadaan Benteng Marlborough adalah sebuah bukti dari keberadaan Penjajah Inggris di wilayah nusantara.

4. Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Pantai Tapak Paderi Bengkulu Tempat wisata pantai di Bengkulu ini dulunya merupakan pusat pelabuhan laut bagi Pemerintahan Inggris pada zaman kolonialisme berlangsung. Akan tetapi era ini Pantai Tapak Paderi menjadi satu dari sekian banyaknya destinasi wisata yng tidak mungkin dilewatkan bagi wisatawan yng berkunjung ke Bengkulu. Pantai Tapak Paderi adalah sebuah pantai yng masih dalam deretan Pantai Panjang di Bengkulu. pada era musim liburan ramai sekali pengunjung yng memadati wisata pantai Tapak Paderi ini. Pengunjung bisa menikmati indahnya sunset di pantai yng menjadi daya tarik wisata tersendiri. Suguhan jagung bakar serta masakan lain-lainnya pun melengkapi pemandangan pantai yng Amat menawan ini.

5. Kota Curup Bengkulu

Kota Curup Bengkulu Selain Rumah kediaman Bung Karno, sebenarnya Bengkulu pun masih mempunyai tempat bersejarah lain-lainnya. Satu dari sekian banyaknya tempat yng pun bersejarah di Bengkulu merupakan di Kota Curup yng adalah ibu kota dari Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Di Kota ini terdapat rumah salah seorang Gubernur Pemerintahan Inggris yng Amat terkenal yakni Raflesia Arnoldi. Raflesia Arnoldi pun dikenal yang dengannya penemu bunga bangkai yng hingga saat ini masih hidup di Kebun Raya Bogor. Kota Curup mempunyai pemandangan yng Amat indah, hal itu lantaran lokasi kota ini terdapat di ketinggian 100 - 1000 meter dpl. Kota Curup terdapat di atas pegunungan Bukit Barisan yang dengannya pemandangan sekitar berupa ladang-ladang sayur yng diselimuti kabut khas pegunungan.

6. Danau Dendam Tidak Telah Bengkulu

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu Masih di Kota Curup, di artikel ini kami akan membahas sebuah tempat wisata terindah di Bengkulu yakni Danau Dendam Tidak Telah. Namanya danau ini cukup unik bukan ? Tempat Danau ini berupa daerah hijau yng ditumbuhi vegetasi yng lebat dan terdapat danau yng masih Amat asri. Tempat ini ditetapkan menjdai daerah cagar alam yng menyimpan begitu tidak sedikit potensi ekologi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan ekosistem. Keberadaan cagar alam ini Amat penting lantaran bisa melindungi kelestarian tumbuhan yng terdapat didalamnya dan banyak sekali maam fauna yng secara alami tinggal dialamnya. Danau Dendam Tidak Telah sudah dijadikan menjdai daerah wisata di Bengkulu telah sejak lama. Pengunjung biasa menikmati pemandangan air danau yng indah dan digunaka oleh pehobi memancing bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing di danau.

7. Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu Di daerah Rejang Lebong pun terdapat sebuah Danau yng tidak kalah indahnya dari Danau dendam Tidak Telah. Nama Tempat wisata danau di Bengkulu ini merupakan Danau Mas Harun Bastari. Danau Mas harun bastari terdapat di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Lokasi danau ini berada sekitar 17 km dari Kota Curup. Danau Mas Harun Bastari adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata keluarga di Bengkulu yng Amat digemari masyarakat, lantaran di tempat ini ada banyak sekali amcam permainan air yng bisa menghibur pengunjung. Di danau ini pengunjung bisa merasakan sensasi naik perahu keliling danau. Selain perahu ada pun sepeda air yng tidak kalah serunya.

8. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu Museum Negeri Bengkulu dulunya merupakan sebuah museum yng terdapat di Benteng Marlborough, akan tetapi pada tanggal 3 Januari 1983 oleh pemerintah dipindah ke lokasi yng saat ini ini berada. Museum Negeri Bengkulu selain dijadikan menjdai tempat wisata pun adalah tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan banyak sekali koleksi cagar budaya yng tentunya mempunyai nilai yng tinggi. Koleksi-koleksi museum ini dikategorikan menjadi beberapa kategori, semisal geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, sampai-sampai teknologika.

9. Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba Bengkulu Bukit Kaba merupkan sebuah bukit yng terdapat di gunung berapai yng terdapat di Bengkulu. Bukit Kaba di Bengkulu menyediakan banyak sekali panorama menarik yng sayang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilewatkan. di lokasi ini ada 8 kawah gunung berapi yng 5 diantaranya tertutup oleh rimbunnya vegetasi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati indahnya kawah di Bukit Kaba pengunjung Perlu melewati sekitar 307 anak tangga. Lokasi tempat wisata Bukit Kaba ini merupakan di Desa Sumber Urip, KEcamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Menaiki anak tangga di Bukit Kaba ini menimbulkansensasi tersendiri. Kebanykan pengunjung akan berkemah agar bisa menikmati idahnya bukit barisan dari atas dan gemerlapnya Kota Curup di malam hari dilihat dari atas.

10. Pulau Tikus Bengkulu

Pulau Tikus Bengkulu Pulau Tikus adalah sebuah pulau yng masuk dalam wilayah Provinsi Bengkulu yng terdapat di Samudera Indonesia. Dahulu pulau ini dipakai oleh para pelaut bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlindung dari hantaman ombah serta badai yng ganas di Samudera Indonesia. Saat ini Pulau tikus lebih tidak sedikit dipakai menjdai tempat wisata di Bengkulu yng Amat potensial. Tempat wisata ini mempunyai luas 1,5 ha. Wilayah pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang, menjadikan tidak heran pulau ini meskipun kecil akan tetapi masih kokoh berdiri, lantaran terumbu karang di sekitarpulau ini bisa mencegah terjadinya pengikisan. Ada beberapa keindahan alam yng Amat menarik perhatian para wisatawan, diantaranya merupakan pemandangan berupa hamparan batu karang yng indah dan ikan-ikan yng berada di sekitar pulau yng Amat beragam ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjangkau pulau Tikus di Bengkulu ini pengunjung bisa melalui Pantai Jakat lantas menyewa kapal nelayan.Perjalanan dari sini memakan waktu 1 jam. Selain itu pengunjung pun bisa melalui Pelabuhan Pulau Baai lantas mempergunakan boat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Pulau Tikus. Yang dengannya cara ini kamu cuma akan memakan waktu sekitar 40 menit.

11. Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu Masjid Jamik Bengkulu ini berada di Jalan Soeprapto, Bengkulu. Masjid ini adalah satu dari sekian banyaknya peninggalan Bung karno selama diasingkan di Bengkulu. Pendapat dari sejarah selama masa pengasingan, Bung Karno membangun Masjid Jamik Bengkulu ini bersama warga setempat. Masjid Jamik Bengkulu buatan Bung Karno ini mempergunakan atap berbentuk limas yng melambangkan persatuan budaya Bengkulu serta Indonesia.

12. Sungai Air Berau Bengkulu

Sungai Air Berau Bengkulu Kamu suka yang dengannya petualangan ? Tempat wisata di Bengkulu ini nampaknya bisa menjadi satu dari sekian banyaknya pengganti dalam mengisi liburan kamu. Tempat wisata yng kami maksud merupakan Sungai Air BErau dimana di tempat ini menyajikan sebuah aktifitas arung jeram yng Amat menantang. Lokasi sungai ini mempunyai arus air yng Amat deras menjadikan memanglah Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan arung jeram. Lokasi Sungai Berau terdapat di kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Di Sungai Air Berau ini pun terdapat sebuah upacara norma yng unik yakni upacara anak daro mandi ke air. Upacara ini adalah upacara memandikan anak bayi yng baru lahir ke sungai ini.
Demikian tadi banyak sekali tempat wisata di Provinsi Bengkulu yng snagat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghabiskan liburan bersama rakan serta keluarga kamu. Mudah-mudahan yang dengannya tulisan atau artikel diatas bisa menambah berita wisata bagi kamu. Tentunya berita tempat wisata di Bengkulu diatas cuma sebagian saja, lantaran diluar itu ada banyak sekali tempat wisata yng bisa dikunjungi oleh wisatawan. Disini kami cuma berusaha merangkum tempat wisata yng pendapat dari kami paling tidak jelek alias bagus.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar 12 Tempat Wisata di Bengkulu yang Bagus untuk Liburan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 12 Tempat Wisata di Bengkulu yang Bagus untuk Liburan