-->

Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Manusia Purba

- 1/12/2017

Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Manusia Purba

 
Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Kita-kita Purba, Tempat Wisata Terindah - Dulu pada waktu SMP saya masih ingat betul pelajaran sejarah yng mengupas perihal kita-kita purba. Dalam pelajaran dulu ada beberapa lokasi penemuan fosil kita-kita purba yng terkenal semisal Trinil, Sangiran, Wajak, dll. Nah, lokasi tempat wisata yng akan kita bahas di artikel ini Amat erat kaitannya yang dengannya penemuan fosil kita-kita purba yang telah di sebutkan yakni di Sangiran. Sangiran adalah sebuah daerah yng masuk dalam Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tidak sedikit orang yng berfikir bahwasanya Museum Purbakala Sangiran berada di Solo, padahal tak. Hal itu lantaran selama ini tempat wisata Museum Sangiran selalu dipaketkan dalam tur wisata di Solo serta sekitarnya. Memanglah Kota Solo yng adalah Kota yng berdekatan yang dengannya Sragen mempunyai potensi wisata yng Amat besar, menjadikan bisa mendorong kunjungan wisata di daerah di sekitarnya semisal Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri serta Sragen. Berikut merupakan sekilas perihal Museum Purbakala Sangiran yng adalah tempat wisata bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar perihal kita-kita purba.

Lokasi Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran terdapat atau terletak di Ds. Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi ini berada sekitar 20 km dari Kota Solo kearah utara. (Baca : Tempat Wisata di Kabupaten Sragen )

Sejarah Museum Purbakala Sangiran

Eksplorasi fosil kita-kita purba di Sangiran dimulai pada tahun 1883 oleh P.E.C schemulling lantas dilanjutkan oleh Eugene Dubois meskipun tak terlalu intensif. Penelitian baru mulai diintensifkan oleh Gustav Heinrich Ralph Von Koenigswald pada 1934. Penelitian yang telah di sebutkan dilakuka lantaran pada daerah Sangiran sudah tidak sedikit didapati fosil kita-kita purba oleh masyarakat sekitar. Fosil yng didapati misalnya merupakan Pithecantropus erectus, Meganthropus palaeojavanicus serta aneka macam fosil binatang. Pada tahun 1977 Pemerintah Indonesia menetapkan daerah sekitar Sangiran seluas 56 km2 menjdai daerah cagar budaya. Lantas pada tahun 1988 didirikan museum simpel di lokasi daerah sangiran. Pada tahun 1996 Situs Sangiran ditetapkan menjdai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Hingga era ini pembenahan terus di lakukan oleh pemerintah serta museum purbakala selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung yng ingin mengenal sejarah kita-kita purba di Indonesia.

Koleksi Museum Purbakala Sangiran

Selain fosil kita-kita purba, dipamerkan pun aneka macam fosil binatang purba, antara lain fosil gajah purba yng terdiri dari Elephas namadicus, Stegodon trigonocephalus, Mastodon sp, kerbau (Bubalus palaeokarabau), harimau (Felis palaeojavanica), babi (Sus sp), badak (Rhinocerus sondaicus), sapi ataupun bateng (Bovidae), rusa (Cervus sp), dan kuda nil (Hippopotamus sp). Ada pun fosil binatang-binatang air yng terdiri dari buaya (Crocodillus sp), ikan, kepiting, gigi ikan hiu, moluska (Pelecypoda serta Gastropoda ), dan kura-kura (Chelonia sp).
Tiket Masuk Museum Purbakala Sangiran
Museum Purbakala Sangiran mulai dibuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengunjung menjdai tempat wisata mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisatawan domestik merupakan Rp 5.000 serta Rp 7.500 bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisatawan asing.

Fasilitas Museum Purbakala Sangiran

Selain museum tempat menampung serta memamerkan benda koleksi, mseum sangiran pun terdapat aneka macam fasilitas yng bisa dinikmati oleh para pengunjung. Museum Sangiran telah terdapat Gapura Masuk Musem & Loket Masuk, Tempat Parkir, Ruang Pameran, Audio Visual, Mess Peniliti, Gardu Pandang Sangiran, Kios-Kios Pedagang Cinderamata. Gardu Pandang Sangiran dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat pemandangan di sekitar Sangiran. Sedangkan mess peneliti dipakai oleh para peneliti yng sedang mengadakan study di Museum Purbakala Sangiran. Kios Cinderamata di Sangiran menyediakan macam-macam souvenir dari Sangiran semisal kalung, batu, cincin, gelang, serta replika kita-kita purba.

GambarMuseum Purbakala Sangiran

Gambar Gapura Depan Museum Purbakala Sangiran
Gambar Gapura Depan Museum Purbakala Sangiran

Diorama Manusia Purba di Sangiran
Diorama Kita-kita Purba di Sangiran
Gambar Gardu Pandang Sangiran
Gambar Gardu Pandang Sangiran
Gambar Koleksi Museum Purbakala Sangiran
Gambar Koleksi Museum Purbakala Sangiran

Demikian tadi aneka macam analisis perihal Museum Purbakala Sangiran yng Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi liburan kamu sekeluarga serta pun bisa dipakai menjdai tempat wisata pendidikan bagi siswa-siswi sekolah.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Manusia Purba

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Manusia Purba