-->

Taman Satwa Taru Jurug Untuk Hiburan Keluarga

- 1/29/2017

Taman Satwa Taru Jurug Untuk Hiburan Keluarga

 
Taman Satwa Taru Jurug Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Hiburan Keluarga, Tempat Wisata Terindah - Taman Satwa Taru Jurug Suka pun disebut yang dengannya Kebun Binatang Jurug lantaran memanglah tempat wisata keluarga ini menunjukkan hiburan berupa koleksi aneka ragam binatang langka. Taman Satwa Taru Jurug adalah satu dari sekian banyaknya obyek wisata yng terkenal di Surakarta ataupun Solo. Pada musim liburan umumnya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal Kota Solo serta sekitarnya. Malah umumnya parkir kendaraan penuh hingga Perlu parkir di tepi jalan sekitar Kebun Binatang jurug.
Gambar Gapura Taman Satwa Taru Jurug Solo
Gambar Gapura Taman Satwa Taru Jurug Solo

Sejarah Taman Satwa Taru Jurug

Dahulu lokasi taman wisata Jurug yng era ini berada, cuma adalah sebuah taman kota yag terdapat atau terletak di tepi Bengawan Solo. Sedangkan binatang yng ada didalamnya dahulu berada di Kompleks Taman Sriwedari, di tengah Kota Solo. Meskipun waktu itu namanya belum Taman Sriwedari, akan tetapi Taman Bonrojo / Kebun Raja yng dibangun oleh Paku Buwono X pada sekitar tahun 1870 an. Pada tahun 1939 Sinuwun Prabu Paku Buwono X wafat serta Kebun Binatang Bonrojo menjadi tidak lebih terawat. Akhirnya pada tahun 1986 Pemkot Solo berinisiatif mengambil alih kebun binatang agar lebih terawat serta memindahkannya ke tempat yabg saat ini ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelolanya dibentuklah sebuah yayasan yng bernama Yayasan Bina Satwa Taruna serta sejak itu taman wisata ini bernama Taman Satwa Taru Jurug ( TSTJ).

Alamat Taman Wisata Taru Jurug

Alamat Taman Wisata Taru Jurug di Jalan Ir. Sutami No 40, Kentingan, Jebres, Surakarta ataupun tepatnya di sebelah Kampus Universitas Sebelas Maret. (Baca : Tempat Wisata Pilihan di Jawa Tengah )

Fasilitas Taman Wisata Taru Jurug

Kebun Binatang Jurug ini sudah lama dikembangkan oleh Pemkot Solo menjdai tempat wisata keluarga menjadikan fasilitas penunjang yng ada telah lumayan lengkap. Fasilitas yng ada tentunya berupa koleksi flora serta fauna, masjid, arena bermain anak, kereta mini dll. Selain itu pada waktu tertentu di Taman Satwa Jurug pun diadakan pementasan reog, pertunjukan musik, syawalan serta tidak tidak ingat Festival Gethek di Taman Satwa Jurug yng diselenggarakan setahun sekali. Selain itu di dalam Kompleks Taman satwa taru Jurug pun terdapat sebuah monumen yng dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenang seorang maestro keroncong asal Solo yakni Gesang. konon katanya pada waktu menciptakan lagu "Bengawan Solo" beliau terinspirsi disaat sedang berada di taman Jurug.
Gambar Festival Gethek di Taman Satwa Taru Jurug Solo
Gambar Festival Gethek di Taman Satwa Taru Jurug Solo
Gambar Taman Gesang di Kompleks Taman Satwa Taru Jurug Solo
Gambar Taman Gesang di Kompleks Taman Satwa Taru Jurug Solo

Koleksi Binatang Taman Satwa Taru Jurug

Koleksi binatang di Taman satwa jurug antara lain merak hijau, macan tutul, harimau sumatera, ular, komodo, iguana, kuda, landak, burung serta macam-macam unggas lain-lainnya, beruang, kera, zebra, unta, buaya, merak, kijang, gajah, siamang, serta fauna lain-lainnya. Gajah tertua yng bernama Kyai Rebo di Jurug sudah mati serta kini sudah diawetkan serta dipajang di galeri koleksi binatang Taman Jurug persis sesudah pintu masuk.
Selain fauna, Taman Jurug pun mengoleksi aneka macam tumbuhan semisal pohon cemara, pinus, munggur (trembesi),flamboyan, akasia, serta pohon-pohon besar lain-lainnya. Pohon-pohon yng tinggi serta rindang ini cukup membuat suasana sejuk semisal di hutan tempat asli asli binatang-binatang itu.

Harga tiket di Taman Satwa Taru Jurug

Tiket masuk (HTM): Rp 6.000,- hari biasa serta Rp 7.000,- hari libur
Kereta Mini: Rp 3.000,- satu kali putaran
Menunggang Gajah: Rp 7.000,- sekali putaran
Menunggag Kuda: Rp 7.000,- sekali putaran
Jam Buka Taman Jurug dari jam 07.00-17.00.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Taman Satwa Taru Jurug Untuk Hiburan Keluarga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Taman Satwa Taru Jurug Untuk Hiburan Keluarga