-->

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

- 2/09/2017

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

 
Taman Nasional Baluran Yang dengannya Pemandangan Eksotis Ala Afrika, Tempat Wisata Terindah - Kebanykan orang memanglah memilih pantai menjdai tempat wisata favorit bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlibur. Pulau Jawa adalah satu dari sekian banyaknya pulau yng mempunyai tidak sedikit pantai indah serta sayang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilewatkan. Akan tetapi, bila ingin berupaya berwisata alam yng lain-lainnya, Kamu mampu memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjungi taman nasional menjdai alternatifnya. Taman Nasional Baluran merupakan satu dari sekian banyaknya taman nasional yng menarik di Pulau Jawa. Taman ini Suka pun disebut menjdai Afrikanya Indonesia. Hal itu lantaran di Taman Nasional Baluran ini menyajikan pemandangan eksotis berupa padang Savana yng luas mirip yang dengannya savana yng ada di Afrika. Padang Savana di Baluran ini adalah Padang savana terluas di Pulau Jawa.
Pemandangan di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Pemandangan di Taman Nasional Baluran Jawa Timur


Lokasi Taman Nasional Baluran



Lokasi Wisata Taman Nasional Baluran berada di wilayah Banyuputih, Situbondo serta Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur. Sebelah utara taman ini berbatasan yang dengannya Selat Madura serta sebelah timurnya berbatasan yang dengannya Selat Bali. Selain itu, Taman Nasional Baluran diapit oleh dua gunung, yakni gunung Semeru serta gunung Ijen. Di tengah-tengah taman ini pun terdapat gunung Baluran yng kini tak aktif lagi.


Akses Taman Nasional Baluran



Akses Menuju Taman Nasional Baluran cukup gampang. Kamu yng berasal dari luar Jawa Timur Perlu berlebi dahulu datang ke kota Surabaya. Lantas, Kamu mampu mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur melewati kota Pasuruan, kota Probolinggo, kota Situbondo serta kota Banyuputih. Setibanya di Banyuputih, Kamu ambil jalan menuju ke desa Bilik. Dilanjutkan menuju desa Wongosorejo, di tengah perjalanan Kamu ambil belok kiri menuju visitor center.
Kamu yng berasal dari wilayah timur Jawa Timur bisa melewati jalur Banyuwangi - Batangan - Bekol yang dengannya jarak tempuhnya sekitar 47 km. Ada pun rute lain yang dengannya jarak 60 km, yakni dari Situbondo - Batangan.
Jalan menuju ke obyek wisata Taman Nasional Baluran ini salah satunya Amat nyaman, lantaran telah diaspal serta menjadi jalur lintas provinsi yng menghubungkan Bali, Banyuwangi yang dengannya kota Surabaya. Kamu yng berada di kota-kota terdekat tentu saja mampu mengakses yang dengannya gampang menuju taman ini.
Sesampainya di Bekol, Kamu akan melewati jalan aspal tipis sekitar 15 km bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju pintu masuk Taman Nasional Baluran. Bagi Kamu yng membawa kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan beroda empat disarankan tak memakai sedan serta sebaiknya mempergunakan SUV.


Pemandangan Taman Nasional Baluran



Taman Nasional Baluran Banyuwangi Jawa Timur adalah padang savana terluas di pulau Jawa yng dilengkapi beragam spesies hewan serta tumbuhan. Berkunjung ke lokasi ini seolah berada di Afrika, menjadikan taman ini Suka disebut menjdai Afrikanya Indonesia.
Suguhan di Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran dimulai dari pemandangan kawanan rusa yng berlarian menuju genangan air bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum, gerombolan gajah serta gajah, burung merak yng melebarkan ekornya, belasan elang yng terbang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makan, sampai-sampai monyet yng berlompatan dari pohon satu ke pohon lain-lainnya. Pemandangan yang telah di sebutkan mampu dikatakan percis persis semisal yng didapati di Afrika.
Suguhan lain pun mampu Kamu dapatkan, yakni pemandangan 444 spesies tumbuhan asli serta khas semisal widoro bukol (Ziziphus rotundifolia) pun mimba (Azadirachta indica). Tumbuhan ini masih tetap hijau Disaat tumbuhan lain telah mulai kering, lantaran salah satunya spesies tumbuhan yng mampu menyesuaikan diri dalam kondisi Amat kering.
Di Taman Nasional Baluran ini pun terdapat 26 jenis mamalia serta 155 jenis burung. Mamalia yng hidup di taman ini, semisal kijang, banteng, macan tutul, kucing bakau serta kancil. Lalu, beberapa burung langka mulai dari layang-layang api, ayam hutan merah, tuwuk (tuwur Asia), rangkong, kangkareng, serta salah satunya pun bangau tong-tong.
Taman Nasional Baluran ini menjadi perwakilan ekosistem hutan kering di pulau Jawa yang dengannya tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan hijau serta hutan rawa. Sekitar 40 % vegetasi savana mendominasi taman ini.
Iklim yng umumnya ada di Taman Nasional Baluran merupakan iklim kering tipe F yang dengannya temperatur 27,2°C hingga 30,9° C serta tingkat kelembapan udaranya mencapai 77%, dan dipengaruhi oleh arus angin tenggara yng kuat. Disaat musim kemarau, air di permukaan tanah akan menjadi Amat dibatasi.


Apa yng bisa di lakukan di Taman Nasional Baluran



Andaikan Kamu salah satunya pecinta fotografi, maka disarankan mengawali perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran dari pukul 4.00 ataupun 5.00 pagi menjadikan mampu menyaksikan indahnya matahari terbit di sela-sela kabut serta pepohonan. Hasil foto yng Kamu peroleh akan jauh lebih dramatis semisal fotografi landscape di Afrika.
Pantai Bawa salah satunya menjadi lokasi tidak jelek alias bagus lain yng mampu dijadikan spot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat sunrise. Tempat konservasi serta hutan magrove mampu Kamu nikmati di sekitar pantai ini. Pengunjung diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhati-hati serta waspada disaat berada di tempat ini, lantaran tidak sedikit monyet berkeliaran yng siap mengambil kamera maupun barang bawaan Kamu yng lain-lainnya.
Kamu mampu berkeliling Taman Nasional Baluran mempergunakan perahu yng disewakan di tepi pantai Bawa. Andaikan berlayar ke laut yng lebih dalam, maka Kamu mampu snorkeling sambil menikmati keanekaragaman biota laut.
Sensasi menjelajah savana Afrika mampu Kamu rasakan yang dengannya berupaya trekking di padang savana sepanjang Taman Nasional Baluran. Disaat trekking di sini, Kamu Perlu berjalan kaki bukan mempergunakan kendaraan beroda empat ataupun SUV. Kamu tak butuh khawatir yang dengannya satwa yng ada di sini, lantaran orang-orang akan masuk kembali ke hutan bila mendengar bunyi kendaraan beroda empat.


Tips Berkunjung ke Taman Nasional Baluran



Bulan Maret hingga Agustus menjadi waktu paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran. Diantara bulan Juli hingga Agustus, Kamu bisa menyaksikan pertarungan antar rusa, monyet yng memburu kepiting, serta pun tarian burung merak.
Bagi pengunjung yng ingin berkemah, pihak pengelola sudah menyediakan camping ground di taman ini. Selain itu, kamar mandi serta instalasi air yng ada pun baik. Pengunjung dilarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganggu, merusak, mengambil, ataupun berburu flora serta fauna yng ada di sini.
Kamu disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa bekal makanan serta minuman sendiri, lantaran tak ada fasilitas khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan. Jangan lupakan membawa kantong plastik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang sampah selama perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran ini.
Baca : 10 Pantai Eksotis di Jawa Timur

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika