-->

Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah

- 2/08/2017

Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah

 
Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Di Kabupaten Kudus Jawa Tengah ada dua buah makam Walisongo yng Amat terkenal, yakni Makam Sunan Kudus serta Makam Sunan Muria. Kedua makam ini tidak sedikit dikunjungi oleh masyarakat baik warga Kudus sendiri maupun masyarakat diluar Kudus. Makam Sunan Muria setiap harinya tidak sedikit dikunjungi oleh para peziarah. Akan tetapi akan lebih ramai lagi pada hari Kamis Wage lantaran pada hari itu dipercaya menjdai hari neton Sunan Muria. Makam Sunan Muria adalah makam yng cukup unik lantaran berlokasi di lereng Gunung Muria. Akses ke lokasi makam lumayan berat lantaran berada di puncak sebuah bukut. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga ke lokasi makam, kamu Perlu menempuh perjalanan yng naik turun. Akan tetapi kamu jangan khawatir lantaran disini ramai sekali ojek yng siap mengantarkan kamu ke lokasi Makam. Biaya ojek di Makam Sunan Muria tak lah tidak murah, yakni sekitar Rp. 8000 sekali jalan, itu telah diantar hingga ke lokasi Makam.

Lokasi Makam Sunan Muria di Kudus

Makam Sunan Muria terdapat atau terletak di lereng Gunung Muria di Kabupaten Kudus Jawa Tengah ataupun tepatnya beralamat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kab. Kudus. Dari Terminal Kudus, kamu bisa naik angkutan kota yng langsung menuju ke Muria, yakni jurusan Colo.
Sejarah Makam Sunan Muria di Kudus
Nama asli dari Sunan Muria merupakan Raden Umar Said ataupun Raden Said. Pendapat dari beberapa riwayat, Raden Said merupakan putra dari Sunan Kalijaga hasil pernikahan beliau yang dengannya Dewi Soejinah, putri Sunan Ngandung. Raden Said dikenal menjdai Sunan Muria lantaran beliau dimakamkan di Gunung Muria, yakni sebuah gunung yng berada di perbatasan Kabupaten Kudus, Jepara serta Pati. Sunan Muria adalah satu dari sekian banyaknya penyebar agama Uslam di Pulau Jawa bersama sembilan Sunan lain-lainnya yng lebih dikenal yang dengannya sebutan Walisongo.

Agrowisata Makam Sunan Muria di Kudus

Di sekitar Makam Sunan Muria, kamu pun bisa menikmati banyak sekali produk asli dari warga sekitar, yakni misalnya kopi, pisang byar, jeruk pamelo, rambutan, durian dll. Akan tetapi produk yng mampu disebut unik merupakan buah parijoto. Parijoto adalah buah asli Gunung Muria. Masyarakat setempat percaya bahwasanya seorang ibu yng sedang memiliki kandungan andaikan memakan buah parijoto maka anak yng dilahirkan akan andaikan perempuan maka akan menjadi cantik serta andaikan laki-laki maka akan mempunyai wajah yng ganteng. Cantik serta ganteng ini masih simpang siur apakah dalam arti fisik maupun perangainya. Ya, namanya pun mitos yng berkembang di masyarakat, khususnya di seputar Makam Sunan Muria.
gambar buah parijoto
Selain itu kamu pun menikmati sajian Wisata Masakan yng Amat menarik, yakni pecel pakis Colo. Pakis adalah tanaman khas pegunungan yng dimanfaatkan oleh warga sekitar menjadi masakan yng enak.

Foto Makam Sunan Muria di Kudus

Bukit lokasi makam sunan muria
gambar pintu masuk makam sunan muria
gambar makam sunan muria


Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah