-->

Daftar Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu

- 2/27/2017

Daftar Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu

 
12 Tempat Wisata di Sukoharjo yng Kamu Perlu Tahu, Tempat Wisata Terindah - Pada tulisan atau artikel ini kita akan membahas ihwal beberapa destinasi tempat wisata yng ada di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo ini merupakan kabupaten yng berbatasan langsung yang dengannya Kota Surakarta ataupun Solo. Letak Kabupaten Sukoharjo ini merupakan adiantara Kota Solo serta Kabupaten Wonogiri. Meskipun masih kalah pamor yang dengannya wisata di Solo, akan tetapi ada beberapa tempat wisata yng sepertinya layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan menjdai refrensi buat menghabiskan musim liburan. Di bawah ini merupakan 12 tempat wisata terindah yng ada di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.

1. Pandawa Water World


Dilihat dari namanya sepertinya telah terlihat bahwasanya tempat wisata di Sukoharjo ini adalah sebuah wahana permainan air yng cocok dijadikan menjdai wisata keluarga. Di lokasi ini selain terdapat kolam renang pun menunjukkan aneka permainan air yng bernuansa petualangan. Hal yng mencolok dari Pandawa Water World merupakan adanya relief di dinding yng bergambar pandawa. Lokasi Pandawa Water World ini merupakan di Solo Baru, Grogol Sukoharjo. Wahana ini sanat digemari oleh masyarakat Solo serta sekitarnya. Malah ada pun pengu jung yng dari luar negeri. Wahana yng ada di Pandawa Water World diantaranya merupakan bungy jumping, black hole, bungy river, wave pool, raf slide, racer slide, kiddy pool, serta wahana yng lainya (Baca : Wisata Pandawa Water World)

2. Alaska Waterboom

Selain Pandawa Water World, Sukoharjo pun mempunyai sebuah tempat wisata air yng mengasyikkan. Tempat wsiata ini merupakan Alaska Waterboom. Obyek Wisata di SUkoharjo ini pun ramai dikunjungi oleh para pengunjung, akan tetapi kebanykan yng hadir masih sebatas pengunjung dari SUkoharjo sendiri. Alaska Waterbook terdapat atau terletak di Desa Polokarto, Sukoharjo. Keunikan dari waterboom di Sukoharjo merupakan lokasi waterboom ini berada di tengah hutan jati. Jadi keberadaannya semisal oase di padang pasir.

3. Kora-kora

Satu lagi tempat wisata bermain anak yng ada di Sukoharjo. Tempat ini pun adalah tempat bermain air yng dikhususkan bagi anak-anak. Lokasi wisata Kora-kora merupakan di Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Di tempat ini ada 4 kolam renang yang dengannya ketinggian yng berbeda, menjadikan putra-putri kita bisa memilih sesuai yang dengannya ketinggian badan masing-masing.

4. Sendang Pinilih

Sendang Pinilih merupakan lokasi wisata di Sukoharjo tepatnya berada di Sawah Jero, Jangglengan, Nguter, Sukoharjo. Meskipun namanya sendang, akan tetapi sebetulnya tempat wisata di Suoharjo ini merupakan berupa kolam renang yng telah dikembangan menjdai obyek wisata air bagi masyarakat Sukoharjo. Ada 3 kolam renang serta 1 kolam ikan yng terdapat di Sendang Pinilih ini. Tarif masuknya yng Amat murah yakni cuma 7000 menjadikan Sendang Pinilih menjdai satu dari sekian banyaknya pengganti berlibur era libur akhir pekan tiba.

5. Dam Colo

Di Kecamatan Nguter Sukoharjo yng adalah kecamatan paling selatan, terdapat sebuah Dam ataupun bendungan yng fungsinya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung air sungai untu dimanfaatkan menjdai sarana irigasi persawahan di sekitarnya. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan irigasi sebenarnya Dam Colo ini pun Suka dimanfaatkan warga sekitar menjdai tempat nongkrong serta ngobrol bersama teman-teman. Memanglah kalau dilihat Dam Colo ini mempunyai keindahan tersendiri yakni berupa bangunan Bendungan yng megah dan bendungan air yng menjadikan suasana menjadi meriah.

6. Waduk Mulur

Satu lagi jenis wisata air yng ada di Kabupaten Sukoharjo jawa Tengah. Wisata ini merupakan Waduk Mulur. Nama Mulur diambil dari nama tempat keberadaan waduk ini yakni di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Waduk ini menjadi tempat paling menyenangkan buat para pehobi memancing. Umumnya pada Hari Minggu ataupun hari libur tidak sedikit pemancing yng berdatangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing di waduk ini. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing pada waktu-waktu tertentu pun diadakan event lomba dayung, sky air serta motor air.

7. Umbul Pecinan Batu Seribu

Umbul Pecinan Batu Seribu adalah satu dari sekian banyaknya wisata keluarga favorit bagi warga masyarakat Sukoharjo. Umbul Pecinan Batu Seribu berupa taman serta pemandian yng berdiri di lahan seluas 2,5 hektar diatas perbukitan batu kapur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju tempat wisata Umbul Pecinan Batu Seribu ini kamu Perlu melewati jalan yng berkelok serta naik. Ada banyak sekali fasilitas yng ditawarkan di Umbul Pecinan Batu Seribu ini yakni kolam renang, sendang, outbond serta pun panggung kesenian. Di Umbul Pecinan Batu Seribu terdapat lele putih yng dikeramatkan olehwarga sekitar lantaran dianggap menjdai penjelmaan dari Kyai Truno.

8. Pemandian Air Anget Langenharjo

Di Kabupaten Sukoharjo sebenarnya terdapat sebuah pemandian air Anget. Pemandian air Anget ini dahulu dibangun oleh keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta. Pembangunan pemandian air Anget ini konon yang dengannya cara mengebor tanah, Jadi bisa disimpulkan bahwasanya air Anget yng keluar adalah bukan terbentuk secara alamiah semisal air Anget yng muncul di pegunungan. Akan tetapi sayang Pemandian Air Anget Langenharjo ini air yng keluar tak lagi Anget. Katanya sih lantaran minimnya perawatan, menjadikan pipa air yng dipakai telah tidak sedikit yng keropos. Pemandian Air Anget Langenharjo ini masih butuh ada pembenahan dari pihak terkait agar penampilannya lebih segar serta bisa lebih diminati oleh wisatawan, lantaran memiliki kandungan nilai historis yng Amat tinggi.

9. Petilasan Kasultanan Pajang

Kasultanan Pajang adalah penerus dari Kerajaan Demak yng sudah runtuh. Dalam sejarah keberadaan Kesultanan Pajang ini tidaklah lama. Hal itu lantaran pada masa akhir pemerintahan Sultan Hadiwijaya, berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Mataram yng lantas mengambil alih kekuasaan Kesultanan Pajang di Tanah Jawa. Kesultanan Pajang Amat identik yang dengannya Sultan Hadiwijaya ataupun Joko Tingkir. Petilasan Kesultanan pajang terdapat atau terletak di Jl. Joko Tingkir, Gang Benowo II Sonojiwan RT 5/RW 22 Makam Haji, Kartosuro, Sukoharjo. Lantaran keruntuhan kesultanan Pajang telah berlangsung selama ratusan tahun, era ini tak ada bangunan fisik yng masih tersisa. Di petilasan ini cuma terdapat serpihan kayu yng dipercaya menjdai bekas getek ataupun rakit milik Joko Tingkir, sebuah batu yng dulunya menjadi tempat bersemadi serta sebuah sendang yng airnya selalu jernih meskipun terdapat atau terletak di pinggir sungai yng keruh serta kotor.

10. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure adalah satu dari sekian banyaknya wisata permainan air di Sukoharjo yng cukup ramai dikunjungi. Disini kamu serta keluarga bisa berlibur serta menikmati beberapa kolam renang serta permainan air yng Amat digemari anak-anak. Royal Water Adventure terdapat atau terletak di Jalan Solo-Wonogiri tepatnya di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo.

11. Makam Ki Ageng Sutowijoyo

Selain terkenal yang dengannya wisata airnya, Kabupaten Sukoharjo pun terdapat beberapa wisata religi yng terkenal. Satu dari sekian banyaknya wisata religi yng ada di Sukoharjo merupakan Makam Ki Ageng Sutowijoyo. Makam Ki Ageng Sutowijoyo ini terdapat di Desa Majasto Kecamatan Tawangsari Sukoharjo. Makam ini jua dikenal yang dengannya nama Makam Bumi Arum Majasto. Ki Ageng Sutowijoyo adalah putra ke 107 Raja Majapahit Brawijaya V. Beliau adalah satu dari sekian banyaknya santri Sunan Kalijogo dan pernah jadi guru dari Joko Tingkir. Ki Ageng Sutowijoyo pun adalah pendiri Desa Majasto. Pendapat dari cerita, makam Ki Ageng Sutowijoyo ini tidaklah dalam namun dangkal. Akan tetapi begitu makam ini tak memicu bau yng tak sedap. Di lokasi ini selain terdapat makam pun terdapat Masjid peninggalan Ki Ageng Sutowijoyo. Hingga era ini makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah, lebih-lebih malam Jumat Kliwon.

12. Makam Ki Ageng Purwoto Sidik

Ki Ageng Purwoto Sidik mempunyai beberapa julukan, diantaranya merupakan Ki Kebo Kanigoro, Ki ageng Banyubiru dll. Beliau masih terbilang paman dari Joko Tingkir sekalian gurunya. Makam Ki Ageng Purwoto Sidik ini berada di Dusun Sarean, Kelurahan Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Dilokasi makam yang telah di sebutkan terdapat petilasan ki Ageng Purwoto Sidik yakni berupa Sendang. Sendang yang telah di sebutkan diantaranya Sendang Banyubiru, sendang Margomulyo, Krapyak, Margojati, Bendo, Gupak Warak, Ndanumulyo, Siluwih serta Sepanjang. Sendang Gupak Warak berada di Wonogiri, serta lain-lainnya tersebar di Weru Sukoharjo.
Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Sukoharjo yng Kamu Perlu Tahu. Memanglah tempat wisata diatas belum sepenuhnya bisa bersaing yang dengannya tempat wisata yng berada di kabupaten sekitarnya. Akan tetapi yang dengannya pembenahan serta pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pastinya bisa lebih tidak sedikit diminati oleh para wisatawan. ( Baca Pun : Tempat Wisata Unggulan di Solo serta Jawa Tengah )

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu