-->

Daftar Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik

- 2/25/2017

Daftar Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik

 
12 Tempat Wisata di Grobogan yng Terkenal Unik, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Grobogan adalah nama sebuah kabupaten yng masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Grobogan beribukota di Kota Purwodadi. Nama Purwodadi sendiri lebih terkenal dibandingkan yang dengannya Kabupaten Grobogan, menjadikan tidak sedikit yng mengira Purwodadi ini nama Kabupaten, padahal cuma nama sebuah kota. Purwodadi terkenal yang dengannya wsata kulinernya yng Amat unik yakni swike kodok. Hmm, jangan coba-coba kalau tak suka ya, lantaran bagi sebagian orang makanan yng berbahan kodok adalah sesuatu yng haram. Andai kamu tak ingin menikmati swike kodok, kamu bisa memesan swike yang dengannya bahan lain-lainnya semisal ayam, tinggal pesan saja kepada penjualnya.
Di sektor pariwisata, Kabupaten Grobogan mempunyai sejumlah tempat wisata yng Amat ternama di kalangan wisatawan khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan sendiri serta sekitarnya. Dalam goresan pena ini akan kita bahas 12 Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik menjdai berikut.


1. Waduk Kedung Ombo




Waduk Kedung Ombo adalah sebuah waduk yng terdapat di Kabupaten Grobogan. Sebetulnya keberadaan waduk ini tak cuma berada di Kabupaten Grobogan akan tetapi pun mencakup wilayah Kabupaten Sragen serta Boyolali. Luas Waduk Kedung Ombo sendiri sekitar 6576 hektar dimana yang dengannya luas waduk itu bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi sawah di Kabupaten robogan, Sragen, Boyolali, Pati, serta Demak. Era ini selain dipakai menjdai sarana riasi, Waduk Kedung Ombo jua dipakai menjdai tempat wsiata yan Amat potensial. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Waduk Kedun Ombo kamu bisa mencari alamatnya di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan ataupun sekitar 29 km dari Kota Purwodadi ke arah selatan. Di Waduk Kedung Ombo ini kamu bisa menikmati pemandangan yng indah, dan bisa pun menikmati masakan ikan air tawar yng dijajakan sejumah warung makan di lokasi waduk. Selain itu pun disediakan kapal motor yng bisa mengangkut pengunjung mengeliingi waduk yng Amat indah ini.
(Baca : Megahnya Waduk Kedung Ombo Grobogan)


2. Bledug Kuwu




Bleduk Kuwu merupakan satu dari sekian banyaknya tempat wisata yng unik di Kabupaten Grobogan. Di loksi ini kamu bisa melihat sebuah kawah lumpur yng terus meletup secara terjadwal setiap antara 2-3 menit. Letupan ini andai ditinjau dari ilmu geologi adalah sebuah aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. as yng keluar ini mengandun metana. Dari letupan ini pun menandung garam serta sejumlah mineral. Oleh masyarakat setempat kandungan mneral ini dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuatgaram bleng secara tradisional. Unik bukan ? Andai kamu berminat mengunjuni tempat wisata Bleduk Kuwu ini kamu bisa menunjunginya di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.


3. Api Kekal Mrapen




Api Kekal Mrapen adalah obyek wisata yng unik lain-lainnya yng ada di Kabupaten Grobogan. Dinamakan api kekal lantaran di tempat ini terdapat sebuah api yng menyala terus serta tidak pernah padam meskipun diguyur yang dengannya hujan. Api kekal Mrapen ini dasarnya memang adalah sebuah kejadian alam dimana di tempat yang telah di sebutkan terdapat sebuah lubang yng mengeluarkan gas alam serta lantas terbakar di udara. Sumber api kekal Mrapen ini adalah sumber api yng bersejarah lantaran Suka dipakai menjdai sumber api bagi beberapa event nasional, semisal Pesta Olahraga Internasional Ganefo tahun 1963, Pekan Olah Raga Nasional ataupun PON, POR PWI tahun 1983 dll. Selain event olahraga, Sumber Api Mrapen pun dipakai menjdai sumber api dalam perayaan Hari Waisak. Lokasi Api kekal Mrapen sendiri terdapat di Desa Manggarmas, Kecamatan odong Kabupaten robogan Jawa Tengah. Lokasi ini terdapat di tepi jalan Purwodadi-Semarang.


4. Gua Macan serta Gua Lowo




Wisata alam yng terdapat di Kabupaten Grobogan lain-lainnya merupakan berupa Goa. Kita tahu bahwasanya di wilayah Kabupaten Grobogan terdapat pegunungan kapur yng cukup besar, menjadikan ada beberapa goa yng terbentuk secara alami. Goa yng terdapat di Kabupaten Grobogan ini diantaranya merupakan Goa Macan serta Goa Lowo. Kedua goa ini terdapat atau terletak berdekatan. Nama kedua goa ini dinamakan yang dengannya nama binatang yng dahulu Suka menghuni goa ini. Akan tetapi era ini telah tak ada macan yng terdapat di goa macan, tinggal namanya saja. Letak Goa macan serta Goa Lawa sendiri terdapat di Dusun Watu Song Desa Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Grobogan. Di kedua goa ini bisa kamu lihat pemandangan alam yng indah berupa goa di tengah rimbunnya pohon serta didalamnya terdapat tidak sedikit stalaktid serta stalagmit.


5. Gua Urang




Goa yng terdapat di Kabupaten Grobogan selain Goa Macan serta Goa Lawa merupakan Goa Urang. Goa ini dinamakan Goa urang lantaran di tempat ini dahulu tidak sedikit didapati udang (dalam bahasa jawa disebut urang). Goa ini bahkan Suka dikunjungi peneliti dari luar daerah, akan tetapi utnuk wisatawan belum tidak sedikit yng datang lantaran akses ke tempat ini cukup sulit lantaran Perlu melewati persawahan penduduk. Pemerintah Kabupaten Grobogan sepertinya belum tidak sedikit melakukan pengembangan terhadap obyek wisata yng cukup potensial ini. Lokasi Goa URang sendiri terdapat di Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, di Kec. Tawangharjo Kabupaten Grobogan.


6. Air Terjun Widuri




Satu lagi tempat wisata yng tersembunyi di Kabupaten Grobogan, yakni Air Terjun Widuri. Air Terjun Widuri ini adalah satu-satunya air terjun yng ada di Kabpaten Grobogan. Air Terjun Widuri memanglah belum tidak sedikit didatangi para wisatawan lantaran lokasinya yng agak tersembunyi, akan tetapi sebetulnya air terjun ini mempunyai pemandangan alam yng Amat asri serta indah. Air Terjun WIduri ini dipercara oleh masyarakat sekitar menjdai lokasi tempat fenomena pertemuan antara Joko Tarub serta Dewi Nawangwulan yng adalah seorang bidadari. Dalam cerita rakyat ini Dewi Nawangwulan bersama yang dengannya bidadari lain yng berjumlah tujuh, sedang mandi di sungai Air Terjun Widuri ini. Joko Tarub lantas mengambil selendang Dewi Nawangwulan agar tak mampu kembali ke kayangan serta lantas menikahinya. Andai kamu berminat bagi atau bisa juga dikatakan untuk datang ke wisata air Terjun Widuri ini kamu bisa mendatanginya di alamat Desa Batur kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.


7. Sendang Coyo




Tempat wisata selanjutnya yng ada di Kabupaten Grobogan merupakan Sendang Coyo. Sendang Coyo adalah satu dari sekian banyaknya sendang kebanggaan warga Grobogan. Sendang ini terus saja ada airnya meskipun pada musim kemarau. Pendapat dari kepercayaan warga setempat, Sendang Coyo adalah sendang peninggalan dari sunan Kalijaga. Sendang ini muncul dari bekas tanah yng ditancapkan tongkat beliau disaat sedang dalam perjalanan menyebarkan Islam di Tanah jawa. Sendang Coyo dipercaya bisa membuat siapa saja yng mandi di dalamnya menjadi awet muda. Akan tetapi mandinya Perlu di lakukan pada malam 1 Suro. Tentu saja ini cuma kepercayaan penduduk setempat, seluruh akhirnya kembali pada kepercayaan kamu masing-masing. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokasi Sendang Coyo ini terdapat di Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan tidak lebih lebih 20 KM sebelah tenggara kota Purwodadi.


8. Waduk Klambu




Selain Waduk KEdung Ombo, Kabupaten Grobogan pun mempunyai waduk lain-lainnya yakni Waduk Klambu. Waduk Klambu memanglah tak setenar Waduk Kedung Ombo, akan tetapi keberadaannya telah tidak sedikit diketahui warga Grobogan. Waduk ini pun digunakan menjdai sarana irigasi, dimana air didalamnya didapat yang dengannya cara membendung 2 sirkulasi sungai yakni Sungai Lusi serta Sungai Serang. Tak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi sawah di Grobogan, Waduk Klambu pun dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi sawah di wilayah Kabupaten Kudu serta Pati. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk irigasi Waduk Klambu pun tidak sedikit dikunjungi para pengunjung yng ingin menikmati keindahan alam waduk Kelambu, meskipun pengunjung yang telah di sebutkan cuma berasal dari Warga Grobogan sendiri. Lokasi Waduk Klambu merupakan di Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.


9. Jatipohon




Obyek wisata selanjutnya yng ada di sekitar Purwodadi Groboga merupakan Jatipohon. Andai kamu Suka melewati jalur Pati-Purwodadi maka kamu pasti Amat familiar yang dengannya wilayah Jatipohon. Wilayah Jatipohon ini adalah wilayah pegunungan yng terdapat atau terletak di Utara Kota Purwodadi serta berbatasan langsung yang dengannya Kecamatan Sukolilo Pati. Lantaran berada di atas perbukitan, maka suasana disni terasa sejuk serta asri. Ada beberapa tempat wisata yanga ada di Jatipohon ini, diantaranya merupakan sumber mata air Jatipohon, gardu pandang bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat keindahan Kota Purwodadi dari atas bukit, Langen Sari Indah dimana didalamnya terdapat kolam renang, pondok lesehan, bumi perkemahan, penginapan dll.


10. Kolam Renang Ayodya




Kolam Renang Ayodya adalah sebuah wisata keluarga baru yng terdapat di Kota Purwodadi Grobogan, malah ada pun yeng menyebutnya yang dengannya ikon wisata baru bagi Kabupaten Grobogan. Hal itu tidaklah mengherankan lantaran Kolam Renang Ayodya tak sekedar menyediakan kolam renang akan tetapi pun menunjukkan sebuah wahana permainan anak yng Amat digemari seluruh anggota keluarga. Nama resmi dari Kolam Renang Ayodya ini sebetulnya merupakan Ayodya Bloombang Water Park akan tetapi tidak sedikit yng menyebutnya yang dengannya Kolam Renang Ayodya. bagaimana tak lengkap, di Kolam Renang Ayodya ini telah terdapat 2 buah kolam besar yang dengannya aneka macam sarana permainan air semisal twin slide, family slide, splash bucket dan sebuah jacuzzi yang dengannya atraksi utama sebuah tower slider yang dengannya tinggi 7 meter bagi atau bisa juga dikatakan untuk menimbulkan adrenalin. Jadi yng pengen liburan seru bersama keluarga, datang saja ke Ayodya Bloombang Water Park di Kota Purwodadi Grobogan.


11. Cindelaras




Obyek Wisata Cindelaras ini terdapat di Desa Bandungharjo, kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Di Area wisata Cindelaras ini menunjukkan keindahan alam berupa waduk yng dikelilingi hutan yng dikelola oleh Perum Perhutani. Dahulu tempat ini Suka iunakan menjdai tempat kemah bagi siswa-siswi di sekitar Kota Purwodadi. Akan tetapi di sayangkan waduk yng ada di Cindelaras ini tak selalu terdapat air, andaikan musim kemarau airnya Suka kering kerontang.


12. Masjid K.H. Burham




Masjid K.H. Burham adalah satu dari sekian banyaknya masjid yng bersejarah lebih-lebih bagi perkembangan Agama Islam di Kabupaten Grobogan. Masjid ini terdapat atau terletak di Jenglong, Purwodadi. Masjid K.H Burham ini dibangun oleh K.H Konawi pada tahun 1752. KH.Konawi ini merupakan ayah dari KH. Burham. KH Konawi meninggal dunia disaat perjalanan pulang dari tanah suci Mekah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunaikan ibadah haji. Jasad beliau dimakamkan di Pulau Saylon ataupun searang dikenal yang dengannya Srilangka. KH. Burham lantas meneruskan perjuangan ayahnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebarkan Agama Islam di Grobogan. Ada keunikan tersendiri dari Masjid ini yakni terdapat sebuah bedug yng adalah bedug terbesar di Kabupaten Grobogan. Bedug ini terbuat dari kayu tanpa sambungan.
Demikian tadi sekilas perihal tempat wisata yng ada di Kabupaten Grobogan yang dengannya macam-macam keunikannya. Mudah-mudahan yang dengannya goresan pena ini bisa menambah wawasan kamu perihal tempat-tempat wisata lebih-lebih yng ada di Kota Purwodadi serta sekitarnya. (Baca : Tempat Wisata Terindah di Pati serta Tempat wisata Blora )

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Daftar Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik