-->

Liburan Wisata Gunung Tangkuban Perahu

- 1/30/2017

Liburan Wisata Gunung Tangkuban Perahu

 
Wisata Gunung Tangkuban Perahu - Siapa sih yng enggak tahu gunung tangkuban perahu, gunung ini telah ada sejak dahulu serta gunung tangkuban ini adalah destinasi gunung yng indah. Yang dengannya ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, di lokasi ini pengunujung akan Amat dimanjakan yang dengannya pemandangan indah sejauh mata memandang. Hamparan pegunungan menjulang, hijaunya pepohonan, eksotisnya pemandangan kawah di puncak gunung, dan juga lain-lainya.
Jadi memanglah tak mengherankan andai wisata Tangkuban Perahu menjadi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mungkin bagi yng tinggal didaerah bandung telah mengenal gunung ini sejak kecil. serta telah diceritakan perihal legenda gunung tangkuban perahu ini. Apa sih Legenda Gunung Tangkuban Perahu ini? Nah mungkin diantara anda sekalian tak tahu legenda ini, jangan khwatir! saya akan bercerita secara singkat perihal legenda gunung tangkuban perahu.
Gunung Tangkuban Perahu
Nah pada peluang di artikel ini Aneka Wisata Seru akan mengajak kamu berkeliling ke gunung Tangkuban Perahu, selain itu pun Aneka Wisata Seru akan memberikan berita wisata di gunung tangkuban perahu semisal beerbagai kawah-kawah yng indah, rute menuju lokasi, serta harga tiket masuk ke gunung tangkuban perahu.
Legenda Gunung Tangkuban Perahu
Mungkin ini yng kamu tunggu-tunggu mengenai legenda gunug tangkuban perahu, legenda ini telah menyebar di daerah bandung malah masyarakat indonesia pun telah pada tahu legendannya namun mungkin ada pun yng belum tahu legenda gunung tangkuban perahu.
Beribu-ribu tahun yng lalu, tanah Parahyangan dipimpin oleh seorang raja serta seorang ratu yng cuma memiliki seorang putri. Putri itu bernama Dayang Sumbi. Dia Amat cantik serta cerdas, di sayangkan dia Amat manja. Pada suatu hari era sedang menenun di beranda istana, Dayang Sumbi terasa lemas serta mumet. Dia menjatuhkan pintalan benangnya ke lantai berkali-kali.
Era pintalannya jatuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesekian kalinya Dayang Sumbi menjadi marah lalu bersumpah, dia akan menikahi siapapun yng mau mengambilkan pintalannya itu. Tepat sesudah kata-kata sumpah itu diucapkan, datang seekor anjing sakti yng bernama Tumang serta menyerahkan pintalan itu ke tangan Dayang Sumbi.
Maka mau tidak mau, sesuai yang dengannya sumpahnya, Dayang Sumbi Perlu menikahi Anjing yang telah di sebutkan. Dayang Sumbi serta Tumang hidup berbahagia sampai-sampai orang-orang dikaruniai seorang anak yng berupa anak kita-kita namun mempunyai kekuatan sakti semisal ayahnya. Anak ini diberi nama Sangkuriang.
Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuring selalu ditemani bermain oleh seekor anjing yng bernama Tumang yng dia ketahui cuma menjdai anjing yng setia, bukan menjdai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yng ganteng serta gagah perkasa.
Pada suatu hari Dayang Sumbi menyuruh anaknya pergi bersama anjingnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk berburu rusa bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan suatu pesta. Sesudah beberapa lama mencari tanpa hasil, Sangkuriang terasa putus asa, namun dia tak ingin mengecewakan ibunya. Maka yang dengannya Amat terpaksa dia mengambil sebatang panah serta mengarahkannya pada Tumang.
Setibanya di rumah dia menyerahkan daging Tumang pada ibunya. dayanng Sumbi yng mengira daging itu merupakan daging rusa, terasa gembira atas kesuksesan anaknya. Segera sesudah pesta usai Dayang Sumbi teringat pada Tumang serta bertanya pada pada anaknya dimana Tumang berada.
Pada mulanya Sangkuriang terasa takut, tapa akhirnya dia mengatakan apa yng sudah terlaksana pada ibunya. Dayang Sumbi menjadi Amat murka, dalam kemarahannya dia memukul Sangkuriang sampai-sampai pingsan tepat di keningnya. Atas perbuatannya itu Dayang Sumbi diusir keluar dari kerajaan oleh ayahnya.
Untungnya Sangkuriang sadar kembali namun pukulan ibunya meninggalkan bekas luka yng Amat lebar di keningnya.Sesudah dewasa, Sangkuriang pun pergi mengembara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui keadaan dunia luar. Beberapa tahun lantas, Sangkuriang bertemu yang dengannya seorang wanita yng Amat cantik. Segera saja dia jatuh cinta pada wanita yang telah di sebutkan.
Wanita itu merupakan ibunya sendiri, namun orang-orang tak saling mengenali satu percis lain-lainnya. Sangkuriang melamarnya, Dayang Sumbi pun mendapatkan yang dengannya senang hati. Sehari sebelum hari pernikahan, era sedang mengelus rambut tunangannya,
Dayang Sumbi melihat bekas luka yng lebar di dahi Sangkuriang, akhirnya dia menyadari bahwasanya dia hampir menikahi putranya sendiri. Mengetahui hal yang telah di sebutkan Dayang Sumbi berusaha menggagalkan pernikahannya. Sesudah berpikir keras dia akhirnya memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengajukan syarat perkawinan yng tidak mungkin dikabulkan oleh Sangkuriang.
Syaratnya merupakan Sangkuriang Perlu membuat sebuah bendungan yng mampu menutupi seluruh bukit lalu membuat sebuah perahu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusuri bendungan yang telah di sebutkan. Seluruh itu Perlu telah selesai sebelum fajar menyingsing.
Sangkuriang mulai bekerja. Cintanya yng begitu besar pada Sangkuriang memberinya suatu kekuatan aneh. Tidak tidak ingat dia pun mempergunakan kekuatan yng dia bisa dari ayahnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanggil jin-jin serta membantunya. Yang dengannya lumpur serta tanah orang-orang membendung air dari sungai serta mata air. Beberapa era sebelum fajar, Sangkuriang menebang sebatang pohon besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sebuah perahu.
Disaat Dayang Sumbi melihat bahwasanya Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya, dia berdoa pada dewa-dewa bagi atau bisa juga dikatakan untuk merintangi pekerjaan anaknya serta mempercepat datangnya pagi. Ayam jantan berkokok, matahari terbit lebih cepat dari umumnya serta Sangkuriang menyadari bahwasanya dia sudah ditipu. Yang dengannya Amat marah dia mengutuk
Dayang Sumbi serta menendang perahu buatannya yng hampir jadi ke tengah hutan. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik, serta membentuk Gunung Tangkuban Perahu (perahu yng menelungkub). Tak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, saat ini kita mengenalnya menjdai Bukit Tunggul.
Bendungan yng dibuat Sangkuriang memicu seluruh bukit dipenuhi air serta membentuk sebuah danau dimana Sangkuriang serta Dayang Sumbi menenggelamkan diri serta tak terdengar lagi dikabarkan sampai-sampai kini. Perahu yng setengah jadi itu konon menjadi gunung. Gunung Tangkuban Perahu merupakan satu dari sekian banyaknya gunung. Asal muasal terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu berasal dari legenda.
Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata di Bandung serta sekitarnya yng Amat gampang dijangkau jalurnya. Selain jaraknya yng cukup dekat, lokasi Tangkuban Perahu pun dirasa tak terlalu sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijangkau.
Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu
Jadi tak cuma kamu yng mempergunakan kendaraan pribadi semisal kendaraan beroda empat misalnya, namun kamu yng berkunjung mempergunakan aneka macam moda transportasi umum lain-lainnya pun tak terlalu susah menjangkaunya. ada ramai sekali rute Tangkuban perahu yng mampu dilewati andai kamu hendak berkunjung ke tempat wisata Tangkuban Perahu ini.
Andai kamu pergi mempergunakan kendaraan pribadi seperi kendaraan beroda empat ataupun motor, ada dua rute yng mampu Kamu pilih.
  • Keluar pintu tol Pasteur menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.
  • Keluar pintu tol Padalarang menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – hingga pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.
Sementara andai kamu mempergunakan kendaraan umum, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kamu mampu pilih rute dibawah ini:
  • Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.
  • Dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu berada di wilayah Cikole, Lembang, Bandung. Lokasi tempat wisata ini berada tidak lebih lebih 30 km dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara. Selain dari kota Bandung, gunung Tangkuban Perahu ini pun mampu diakses melalui kabupaten Subang. Jaraknya pun sekitar 30 km dari pusat kabupaten Subang.
Status Gunung Tangkuban Perahu
Status Gunung Tangkuban Parahu ini masih aktif yng statusnya terus diawasi terus oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Diantara beberapa kawahnya pun masih menunjukan tanda tanda dari aktifnya gunung ini. Beberapa tanda dari aktivitas gunung berapi ini merupakan semisal munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas yng berada di kaki gunungnya, di antaranya merupakan yng terdapat di kasawan Ciater, Subang.
Wisatawan yng berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu Keberadaan dari gunung ini dan bentuk dari topografi Bandung yng semisal cekungan yang dengannya tidak sedikit bukit serta gunung pada setiap sisinya makin menguatkan teori bahwasanya adanya sebuah telaga besar yng saat ini adalah tempat Bandung.
Status Gunung Tangkuban Perahu
Para ahli geologi meyakini bahwasanya tempat dataran tinggi Bandung yng mempunyai ketinggian tidak lebih lebihnya sekitar 709 m di atas permukaan air laut merupakan sisa-sisa dari danau besar yng terbentuk akibat pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba yng dikenal yang dengannya nama Gunung Sunda serta Gunung Tangkuban Parahu cuma adalah sisa dari Gunung Sunda purba yng hingga saat ini masih aktif.
Kejadian semisal ini pun mampu dilihat pada Gunung Krakatau yng berada di Selat Sunda serta tempat Ngorongoro yng berada di Tanzania, Afrika. Menjadikan legenda dari Sangkuriang yng adalah sebuah cerita masyarakat yng ada tempat itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi dari masyarakat yng hidup di tempat Gunung Sunda Purba terhadap aneka macam peristiwa pada waktu itu.
Harga Tiket Masuk Ke Gunung Tangkuban Perahu
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu masuk serta menikmati segala keindahan alam pegunungan wisata tangkuban Perahu pengunjung Perlu membayar harga tiket masuk yng cukup murah serta terjangkau. Yang akan di sajikan kali ini merupakan daftar harga tiket masuk Tangkuban Perahu yng mampu kamu jadikan acuan sebelum berkunjung :
Wisatawan domestik:
Tiket masuk: Rp 13.000
Parkir motor: Rp 5.000
Parkir kendaraan beroda empat: Rp 10.000
Parkir bus: Rp 20.000
Wisatawan asing:
Tiket masuk: Rp 50.000
Parkir motor: Rp 7.000
Parkir kendaraan beroda empat: Rp 15.000
Parkir bus: Rp 25.000
Tiga Kawah Gunung Tangkuban Perahu
Gunung ini pun menyuguhkan pemandangan kawah yng Amat indah. Ada tiga kawah yng Suka dikunjungi wisatawan, yakni Kawah Ratu, Domas, serta Upas.
1. Kawah Domas
Kawah Domas
Kawah Domas adalah bagian wisata alam yng dimiliki Bandung, Jawa Barat. Mungkin masih tidak sedikit orang yng belum tahu keberadaan kawah Domas ini. Namun ketahuilah kawah Domas ini tak kalah indahnya dari Kawah Putih, walaupun Kawah Putih tetap menjadi Primadonanya kawah ternama yng dimiliki Bandung bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan wisatawan berkunjung.
Kawah Domas berada di dataran yng lebih rendah dari Kawah Ratu. Tak semisal di Kawah Ratu yng cuma diperbolehkan melihat dari kejauhan serta terbatas pagar kayu, di Kawah Domas, Kamu mampu melihat lebih dekat. Malah Kamu pun mampu melakukan pengujian panasnya kawah yang dengannya merebus telur di kawah ini.
2. Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu adalah kawah terbesar dari ketiga kawah yng paling terkenal di Gunung Tangkuban Perahu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke kawah ini, Kamu mampu mempergunakan kendaraan beroda empat pribadi maupun kendaraan beroda empat sewaan di lokasi yng akan mengantarkan Kamu hingga ke Kawah Ratu. Jalan menuju ke kawah tidaklah sulit, menjadikan tidak sedikit wisatawan yng datang.
Kawah Ratu ini bisa kamu lihat dari dataran yng lebih tinggi yang dengannya pagar pembatas dari kayu bagi atau bisa juga dikatakan untuk keselamatan wisatawan. Pemandangan yng cantik mampu Kamu saksikan di sini. Tanah di sekitar kawah biasanya berwarna putih yang dengannya batu-batu berwarna kekuningan lantaran kandungan belerang. Selain itu pun Kamu mampu melihat asap yng mengepul dari kawah.
3. Kawah Upas
Kawah Upas
Kawah upas merupakan sebuah kawah yng berbentuk semisal padang kerikil yng terdapat tidak sedikit batu di sana sini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk turun ke dasar kawah ini disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Amat berhati-hati lantaran kita Perlu melewati jalan yng terhimpit oleh batu batu besar. Di dasar kawah pun tidak sedikit terdapat gundukan -gundukan batu yng sengaja dibuat membentuk huruf-huruf yng merangkai sebuah nama sebagia penanda bahwasanya orang yang telah di sebutkan pernah datang.
Kawah Upas berada di sebelah Kawah Ratu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapainya, Kamu Perlu melalui jalan terjal serta berpasir. Mungkin hal ini yng membuat jumlah wisatawan yng berkunjung ke sini lebih tidak banyak bila dibandingkan yang dengannya Kawah Ratu. Selain itu, Kawah Upas pun lebih kecil serta lebih dangkal.
Tips Liburan Ke Gunung Tangkuban Perahu
Berikut beberapa tips yng Perlu kamu perhatikan sebelum berwisata ke gunung Tangkuban Perahu.
  1. Sebaiknya andai berkunjung ke wista tangkuban perahu ini para wisatawan membawa masker bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyamarkan bau belerang yng menyengat.
  2. Andai telah berada di sekitar kawah, jangan mencoba-coba bagi atau bisa juga dikatakan untuk melewati pagar pembatas lantaran bisa membahayakan keselamatan diri sendiri.
  3. Memakai baju ataupun membawa pakaian Anget lantaran suhu di Tangkuban Perahu ini Amat dingin mampu mencapai 2 derajat celcius.
  4. Bagi yng berkunjung melebihi dari jam 4 sore sebaiknya mempergunakan jasa pemandu wisata setempat demi keselamatan.
Fasilitas di Gunung Tangkuban Perahu
Di gunung Tangkuban Perahu pun ada aneka macam fasilitas yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu semisal dibawah ini.
1.Rumah Makan.
Andai kamu lapar dalam berwisata di gunung tangkuban perahu serta tak membawa makanan, jangan khawatir dekat Tangkuban Perahu, lebih-lebih di daerah jalan Lembang yng memperlihatkan masakan khas orang Sunda yang dengannya menu andalan yakni lalapan yang dengannya harga yng Amat terjangkau. Satu dari sekian banyaknya rumah makanan khas Sunda yng Amat terkenal di jalan Lembang merupakan RM Balibu. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lokasi wisata sendiri, ada pun pedagang makanan serta minuman Anget semisal mie rebus serta lain-lainnya
2. Penginapan
Di daerah Lembang ataupun sekitar 6 km dari objek wisata Tangkuban Perahu, tidak sedikit terdapat hotel, villa maupun penginapan bertipe melati dari bintang 1 sampai-sampai bintang 4 yang dengannya tarif menginap yng bervariasi dari mulai Rp.350.000,- per malam bagi atau bisa juga dikatakan untuk tipe kamar double bed sampai-sampai yng bertarif Rp.2.800.000,-. Andai Kamu ingin memperoleh harga yng murah, maka pesanlah secara online lantaran umumnya orang-orang memberikan diskon sampai-sampai 45%.
Bagaimana indah ya? Wisata gunung Tangkuban Perahu, mungkin kamu jadi pengen kesini bareng keluarga maupun sahabat sejati kamu.
Baca pun : Kolam Renang di Bogor yng Amat Menarik serta Seru
Demikian gambaran perihal Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Mudah-mudahan kunjungan wisata Kamu ke sana beserta orang terdekat memberikan kesan serta menyenangkan. Andai Kamu menyukai berita ini, mohon share ataupun berkomentar di bawah ini agar bisa menjadi rujukan bagi sahabat jejaring sosial Kamu. Terima beri. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar Liburan Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Liburan Wisata Gunung Tangkuban Perahu