-->

16 Tempat Wisata di Sumedang Yang Wajib Dikunjungi

- 1/19/2017

16 Tempat Wisata di Sumedang Yang Wajib Dikunjungi

 
Tempat wisata di Sumedang - Mungkin kamu telah Suka mendengar Sumedang? Ya benar, memanglah itu yng dimaksud yakni Tahu Sumedang, Andai Kamu ingin menikmati banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Sumedang, pastikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak melewatkan tempat-tempat wisata favorit. Sumedang sendiri adalah satu dari sekian banyaknya kota kabupaten di Jawa Barat, letaknya di antara kota Bandung serta Cirebon. Beberapa orang mengenal Sumedang menjdai tempat bersinggah disaat melakukan perjalanan dari Cirebon ke Bandung ataupun sebaliknya.
Selain makanan khasnya yng enak sumedang pun mempunyai tempat wisata yng Spektakuler yng mampu kamu kunjungi.Diantara tempat wisata yng telah ternama, ada beberapa tempat wisata yng belum diketahui oleh tidak sedikit orang. Objek wista di sumedang cukup tidak sedikit. mulai dari wisata Air terjun, Gunungnya yng indah serta sejuk, pemandian air panasnya, serta masih tidak sedikit lagi yng mampu menjadi detinasi wisata yng menarik era berkunjung ke kota sumedang.
Bagi Kamu yng berkunjung ke Sumedang, ada tidak sedikit tempat wisata yng bisa Kamu kunjungi. Baik tempat wisata alam maupun tempat wisata budaya, tempat wisata di Sumedang yng indah. Andai berkunjung ke Sumedang jangan lewatkan tempat wisata terpopuler di Sumedang agar Kamu tak menyesal.
1. Tempat Wisata Curug Cigorobog
Tempat Wisata Curug Cigorobog
Tempat wisata pertama yng ada di sumedang yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikunjungi. Di antaranya merupakan Curug Cigorobog. Curug ini mempunyai beberapa turunan air ataupun undakan. Yang dengannya ketinggian curugnya sekitar 40 meter, curug ini setidaknya mempunyai tiga buah undakan. Yang dengannya masing-masing undakan mempunyai teras air yng mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain-main ataupun berendam.
Air yng mengalirnya tak terlalu deras, akan tetapi Amat sejuk serta jernih. Andai berendam akan terasa menyejukkan badan. Di bagian paling bawahnya ada sirkulasi sungai kecil yng mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain anak-anak. Jadi, tempat ini Amat cocok dipakai menjdai tempat wisata keluarga maupun sahabat.
Andai kamu ingin mengunjungi tempat yang telah di sebutkan kamu mampu mempergunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat maupun ojeg. Dari Alun-alun Sumedang bergerak ke arah timur menyusuri jalan R.A. Kartini. Nantinya akan menuju ke daerah Citengah di sebelah selatan kota Sumedang. Dari Citengah dilanjutkan menuju ke arah pegunungan Margawindu.
Sebelum memasuki daerah perkebunan teh Margawindu, ada gerbang di sebalah kiri jalan yng menunjukan lokasi Curug Cigorobog. Dari jalan raya, menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter menuju ke lokasi. Di lokasi ini telah dilengkapi yang dengannya Shelter, Mushola serta Warung Makanan.
Andai kamu ingin masuk ke Curug Cigorobog biaya tiket cukup murah, cukup yang dengannya membayar Rp. 3.000 per orang dewasa, tempat ini menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikunjungi.
2. Tempat Wisata Curug Sabuk
Tempat Wisata Curug Sabuk
Curug Sabuk merupakan air terjun yng berada di dalam tempat hutan Gunung Kareumbi. Lokasinya di sebelah timur laut tempat Gunung Kareumbi serta secara geografis terdapat atau terletak di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan. Curug ini cukup ternama di kalangan penggemar wisata alam lantaran posisinya yng jauh dari keramaian penduduk.
Andai kamu ingin berkunjung ke curug ini kamu Perlu melewati banyak sekali medan alam, mulai dari areal pesawahan, hutan pinus, kebun salak serta menyeberangi sungai dan jalan menanjak serta menurun. Serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaksesnya tak mampu tak Perlu yang dengannya berjalan kaki. Walau melelahkan, akan terobati yang dengannya suasana alam yng masih asri dan pemandangan alam sepanjang perjalanan. Perjalanan selepas jalan besar akan disambut yang dengannya hamparan sawah luas yang dengannya latar bukit-bukit.
Dari sini menuju ke arah barat laut menyusuri pinggiran pesawahan disambung jalan setapak. Jalur lain-lainnya dari tempat Kampung Toga ke arah selatan Darmaga, Kukulu serta masuk dari Cikubang. Air tejunnya sendiri, ada beberapa buah air terjuan, baik yng besar maupun yng kecil yang dengannya ketinggian berbeda-beda. Setidaknya ada empat air terjun di Curug Sabuk ini, yang dengannya dua curug besar yng mempunyai ketinggian sekitar 60 meter berdampingan. Air yng mengalir dari atas Curug cukup bersih serta jernih dan dingin serta menyegarkan.
3. Tempat Wisata Kampung Toga
Tempat Wisata Kampung Toga
Kampung Toga adalah tempat wisata terfavorit bagi masyarakat sumedang, Kampung Toga yng pun berguna Kampung Tanaman Obat–obatan, terdapat atau terletak tidak lebih lebih 3 km dari alun alun Sumedang, merupakan tempat wisata terpadu di Kota Sumedang yng terdiri macam-macam fasilitas rekreasi yang dengannya suasana pedesaan Jawa Barat yng cocok menjdai tempat keluarga bersantai serta menghabiskan waktu liburan.
Kampung Toga disiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat wisata berwawasan lingkungan menuju tempat hutan kota yang dengannya banyak sekali fasilitas yng lengkap. Dari puncak bukit Toga terlihat hamparan pesawahan, perkebunan yang dengannya panorama khas Parahiangan yng pun bisa dinikmati yang dengannya wisata dirgantara yakni paralayang serta gantole.
Fasilitas yng tersedia di kampung Toga Amat beranekaragam, terdapat 20 Villa banyak sekali tipe, fasilitas kolam renang dewasa serta anak, restoran, yang dengannya fasilitas lesehan, meeting room, ruang terbuka. Fasilitas outbond, kegiatan olah raga dirgantara, kebun buah-buahan, serta tanaman obat keluarga.
4. Tempat Wisata Perkebunan Teh Margawindu
Tempat Wisata Perkebunan Teh Margawindu
Mungkin bagi kamu yng ingin menikamti suasana perbukitan teh! kamu mampu datang ke Sumedang tepatnya di perbukitan teh Margawindu. Perkebunan teh ini salah satunya wilayah Desa Citengah, serta disaat mengunjungi perkebunan ini akan melewati tempat wisata Cibingbin serta Curug Cigorobog.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai lokasi perbukitan teh Margawindu, kamu mampu mempergunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Cuma saja jalan aspalna telah tidak bagus, tidak sedikit bolong-bolongnya. Sepanjang jalan menuju ke tempat tujuan akan tersaji pemandangan yng indah semisal hamparan pesawahan beserta perbukitan serta sirkulasi sungai yng jernih.
Berkaitan yang dengannya suasananya, perkebunan teh Margawindu ini lebih alami. Udaranya masih Amat segar alami serta tak terlalu bising yang dengannya kendaraan yng lalu-lalang. Pendapat dari cerita, di perkebunan teh ini dulunya ada bekas bangunan milik Belanda. Hal ini mampu dibuktikan yang dengannya bekas fondasi rumah, tegel serta sisa bata yng antik.
5. Wisata Mendaki Gunung Tampomas
Wisata Mendaki Gunung Tampomas
Puncak Gunung Tampomas merupakan sebuah lahan luas setinggi 1684 mdpl seluas 1 hektare yng berada di ujung paling atas Gunung Tampomas. Lokasi ini mempunyai estetika tinggi lantaran dari tempat ini wisatawan bisa menikmati pemandangan indah ke arah Kota Sumedang serta sekitarnya.
Adanya lubang-lubang kawah serta batu-batu besar berwarna hitam manambah kekayaan imajinasi bagi yng melihatnya. Sekitar 200 meter ke arah utara dari puncak Sangiang Taraje, terdapat makam keramat yng dikenal yang dengannya nama Pasarean.
Pendapat dari kisah, tempat yang telah di sebutkan merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi serta Dalam Samaji pada masa kerajaan Pajajaran Lama. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tempat puncak Tampomas, ada beberapa jalur (pos) pendakian. Di antarajalur yng Suka dipakai oleh pendaki merupakan jalur Narimbang, Cibeureum serta Buahdua. Di pos pendakian Narimbang terdapat mata air serta curug Ciputrawangi yng terkenal.
6. Tempat Wisata Situ Cilembang di Sumedang
Tempat Wisata Situ Cilembang di Sumedang
Termpat wisata Situ Biru Cilembang yng berada di Desa hariang Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Air dari Situ Biru Cilembang ini tak benar-benar berwarna biru. Warna birunya cuma pantulan warna langit saja lantaran airnya jernih menjadikan seolah-olah semisal cermin. Pendapat dari warga ada beberapa ikan yng terlihat muncul di Situ Biru Cilembang, diantaranya semisal ikan Nilem, Wader ataupun ikan Lunjar Padi, sengol sampai-sampai terkadang muncul pun kura-kura air tawar.
Konsepnya mirip semisal warna biru air laut, yakni andai di kenai sinar matahari pada sudut yng tepat maka air akan terlihat begitu biru. Ditambah lagi dasarnya yng berpasir bersih, yang dengannya air yng jernih serta kedalaman yng cuma berkisar sekitar 3-4 meter, membuat Situ Cilembang tampak apik yang dengannya warna kebiru-biruannya.
Pendapat dari pemuda setempat bahwasanya ada pantangan hari yng Perlu dipatuhi oleh wistawan. Situ Biru Cilembang ini tak boleh dikunjungi khusus pada hari Selasa serta hari Jumat. Jadi sebaiknya kamu datang kesana selain kedua hari yang telah di sebutkan. Era ini memanglah belum terlalu tidak sedikit pengunjung, akan tetapi pasti kedepan Situ Biru Cilembang ini pasti akan dipenuhi oleh wisatawan dari banyak sekali penjuru daerah. Era ini cuma dari Bandung saja yng paling tidak sedikit mengunjungi Situ Biru Cilembang ini.
Lantaran berada ditempat yng terpencil serta akses jalan yng sulit, anda sekalian Perlu berjalan kaki sesudah memarkirkan kendaraan. Kira-kira sekitar 200 meter saja dari tempat parkir. Cuma saja kamu Perlu berhati-hati bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Situ Biru Cilembang. Lantaran jalan menuju Situ iru Cilembang berbatu, serta terjal.
Andai kamu ingin datang kesini? gratis kok, Disini tak ada tiket masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasuki tempat wisata Sumedang terbaru serta mulai ngehits ini. Akan tetapi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng membawa kendaraan terdapat biaya parkir yng tak terlalu tidak murah. Setiap kendaraan yng berkunjung ke Situ Biru cuma akan dikenakan sebesar IDR 2000 per kendaraan.
Baca ini pun : Tempat wisata di Purwokerto yng Amat indah
7. Tempat Wisata Curug Ciputrawangi
Tempat Wisata Curug Ciputrawangi
Curug Ciputrawangi adalah satu dari sekian banyaknya curug yng ada di Sumedang, tepatnya di daerah Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Tidak heran kadang ada pun yng menyebutnya Curug Narimbang. Curug ini letaknya di sebelah timur kaki Gunung Tampomas serta salah satunya ke dalam tempat Taman Wisata Alam Gunung Tampomas.
Serta andai ingin mendaki Gunung Tampomas, mampu melalui jalur dari Curug Ciputrawangi ini yng adalah posko satu pendakian Gunung Tampomas. Nuansa alam air terjun yng dikelilingi rindangan pepohonan menjadikan tempat ini cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan rasa lelah serta stress. Air terjun ini memanglah tak terlalu tinggi namun mempunyai eksotisme tersendiri
Lantaran salah satunya dalam tempat Taman Wisata Alam Gunung Tampomas yng alamnya masih terjaga, tak mengherankan andai sewaktu-waktu ada hewan liar yng terlihat di tempat curug ini. Hewan liar dari tempat hutan Gunung Tampomas sengaja turun ke Curug Ciputrawangi bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum semisal monyet, landak serta babi hutan. Ataupun malah ada pun macan kumbang. Akan tetapi hewan yang telah di sebutkan, katanya tak akan mengganggu kita-kita sepanjang orang-orang tak diganggu.
8. Agrowisata Kampung Nangorak
Agrowisata Kampung Nangorak
Tempat wisata selanjutnya yng ada di Sumedang yakni Agrowisata kampung Nangorak yng memiliki sebuah tempat yng asyik bagi atau bisa juga dikatakan untuk rekreasi sekalian pun tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal lebih dekat ihwal pengetahuan bercocok tanam serta beternak yang dengannya keindahan alam yng menjanjikan. Duduk diantara semilir angin yng berhembus ataupun berjalan-jalan di kebun strawberry sambil memetik serta merasakan buahnya yng manis.
Melihat kebun melon yng ranum serta harum ataupun mengunjungi peternakan sapi perah. seluruh ada di tempat Agroteknobisnis Sumedang, sebuah tempat wisata agro yng terdapat atau terletak di kampung Nangorak 6 km dari Alun-alun kota Sumedang. Terdapat atau terletak diketinggian antara 800-1000 meter dpl. Cuma memakan waktu tidak lebih lebih dari satu jam perjalanan. Lantaran jalannya yng sempit serta terus menanjak, malah di beberapa tikungan jalan terlihat agak terjal maka haruslah ekstra hati-hati karena andai tak akan memicu kecelakaan.
Akan tetapi begitu cukup mengasyikkan pun lantaran sepanjang perjalanan menuju tempat itu, pemandangan di sekitarnya tampak indah serta terlihat hijau oleh pertanian sawah yng membentang luas. Dari sini terlihat pun gunung Tampomas yng menjulang tinggi. Disaat hingga ditempat lokasi kita cuma diwajibkan membayar tiket masuk yng cuma seribu rupiah saja.Tempat wisata ini memanglah Amat luas. Lantaran didalamnya mencakup perkebunan, pertanian, budidaya tanaman dari 250 jenis tanaman serta pohon.
9. Tempat Wisata Gunung Kunci
Tempat Wisata Gunung Kunci
Tempat wisata selanjutnya yakni Wisata Gunung Kunci, Keindahan dari Gunung Kunci tentunya tak boleh kamu lewatkan disaat berlibur di Sumedang dimana kamu mampu merasakan suasana alam sejuk yng begitu segar sekali. Sebetulnya Gunung Kunci merupakan sebuah bukit yng pada permukaannya ditanami yang dengannya pepohonan pinus ini bernama asli Gunung Panjunan. Istilah Gunung Kunci lantaran pada bukit ini terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda yng mempunyai lambang kunci pada gerbang masuk benteng. Gunung Kunci berlokasi di Kelurahan Kota Kulon yng menunjukkan pemandangan alam dan kesegaran udara yng tidak sedikit ditumbuhi pohon pinus tentu menjadi daya tarik tersendiri.
Fasilitas infrastruktur yng tersedia di Gunung Kunci pun sudah dikembangkan makin baik menjadikan akan membuat mudah petulangan para pengunjung yng datang. Kalau kamu tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk berwisata di Gunung Kunci maka kamu Perlu mengunjungi Goa Jepang yng Amat mencuri perhatian para pengunjung yng datang dimana goa ini terdiri dari 3 lantai serta dijadikan menjdai benteng pertahanan semasa penjajahan yng berlangsung. Lokasi tempat ini ada di Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia
10. Pemandian Air Panas Cileungsing
Pemandian Air Panas Cileungsing
Satu lagi pemandian air panas yng bisa kamu nikmati selain di Sekarwangi yakni Pemandian Air Panas Cileungsing yng berlokasi di Desa Cilangkap. Antusias dari masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Pemandian Air Panas Cileungsing salah satunya cukup tinggi dimana ini terlihat jumlah pengunjung yng datang terus bertambah sehari-hari nya. Apalagi pemandian ini sudah dikelola yang dengannya Amat baik menjadikan makin menambah minat masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus datang serta menikmati kesegaran mandi di mata air panas alami yng Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan.
Selain itu sesudah kamu habis menikmati pemandian air panas maka kamu mampu bersantai di taman yng sudah disediakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain yang dengannya keluarga kamu maupun sekedar duduk santai menikmati udara segar. Lokasi wisata ini terdapat atau terletak di Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Bua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia
11. Tempat Wisata Curug Cinulang
Tempat Wisata Curug Cinulang
Keindahan dari wisata air terjun yng ada di kabupaten Sumedang pun Amat menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu kunjungi disaat berlibur di Sumedang dimana ada satu air terjun yng begitu terkenal yakni merupakan Curug Cinulang. Kita ketahui bahwasanya Curug Cinulang ini mampu kamu kunjungi di Desa Sindulang yng mempunyai pemdangan alam yng Amat sejuk sekali yang dengannya banyaknya pepohonan yng ada disekitar Curug Cinulang, Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Selain itu Curug Cinulang ini mempunyai kejadian yng berbeda yang dengannya air terjun lain-lainnya yakni mempunyai total dua air terjun dimana air terjun pertama mempunyai debut air yng besar serta satu lagi relatif tidak banyak lebih kecil yang dengannya ketinggian mencapai 50 meter. Tentunya berlibur ke Curug Cinulang akan memberikan suatu pengalaman yng Amat menyenangkan serta tak gampang tidak di ingat-ingat lagi dalam liburan kamu.
12. Tempat Wisata Curug Cipongkor
Tempat Wisata Curug Cipongkor
Curug Cipongkor adalah satu dari sekian banyaknya curug yng ada di Kabupaten Sumedang. Curug ini salah satunya curug tipe tunggal, pengertiannya cuma ada satu air terjun yng ada di Curug Cipongkor ini. Peredaran air curugnya sendiri tak terlalu besar, akan tetapi tinggi. Letaknya cukup tersembunyi lantaran berada di sebuah ceruk tebing batu cadas yng menjulang tinggi.
Di atas tebing batu cadas adalah hutan Gunung Tugu yng di dalamnya terdapat monyet-monyet kecil. Di depan air terjun ini terhampar pesawahan berundak-undak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses curug ini tak ada cara lain kecuali Perlu menyusuri jalanan kecil yng dipakai oleh penduduk bagi atau bisa juga dikatakan untuk pergi ke sawah. Jalan setapak yng disambung yang dengannya pematang sawah dan saluran air yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi sawah penduduk. Menjadikan, curug ini Amat cocok bagi pengunjung yng menyukai petulangan di alam bebas.
Mungkin Bagi yng penasaran serta ingin mengunjungi Curug Cipongkor, mampu masuk ke tempat ini dari jalan Raya Bandung-Sumedang. Andai naik kendaraan, turun di dekat SPBU Ciherang, lantas masuk ke perkampungan melalui jalan kecil menanjak yng dibeton di seberang SPBU Ciherang. Selanjutnya mampu menanyakan kepada penduduk setempat, arah yng Perlu dilalui menuju ke Curug Cipongkor. Ataupun mampu meminta diantar, lantaran tak ada penanda ataupun penunjuk arah ke Curug Cipongkor.
13. Tempat Wisata Mata Air Sirah Cipelang
Tempat Wisata Mata Air Sirah Cipelang
Satu dari sekian banyaknya objek wisata yng kini menjadi trending di sosial media merupakan Mata Air Cipelang di Sumedang. Tempat yng biasa disebut Sirah Cipelang ini memanglah masih alami serta mulai "terkuak" di kalangan para pelancong. Berita seputar tempat ini menjadi magnet para wisatawan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjunginya. Mata Air Cipelang yng terdapat di lereng Gunung Tampomas memanglah menyajikan objek wisata yng penuh pesona.
Mata air ini memiliki kedalaman dua meteran serta serta bagian hilirnya dibuat penampungan sekitar 10 meteran. Mata air ini terdapat di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang. Kesegaran air Amat alami ini menyimpan magnet tersendiri. Pepohonan yng tumbuh di sekelilingnya menambah keasrian tempat ini. Lokasi wisata ini memanglah dikelola seadanya oleh para penduduk setempat. Jadi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk karcis ke tempat wisata belum dikelola secara profesional menjdai tempat wisata.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tempat ini, Kamu mampu keluar dari tol Cileunyi ambil arah ke Jln. Jatinangor - Tanjungsari - Sumedang - Conggeang. Perjalanan keluar tol Cileunyi tidak lebih lebih ditempuh 2 jam. Rute lain-lainnya mampu keluar jalur tol Cikampek ke tol Cipali serta exit Tol Cikedung. Patokannya, lokasi mata air Cipelang ini Amat berdekatan yang dengannya Kantor Desa Cipamekar Sumedang.
14. Tempat Wisata River Tubing Sumedang
Tempat Wisata River Tubing di Sumedang
Mungkin kamu suka yang dengannya olahraga yng ekstrim arum jeram? andai kamu suka, coba kamu mampu datang ke Sumedang lantaran kamu mampu bermain river tubing ala Green Canyon di Pangandaran? Kegiatan ekstrim pemacu adrenalin ini mampu traveler lakukan di Kota Tahu. Syaratnya kamu Perlu datang ke tempat desa Cipancar, Sumedang Selatan.
River Tubing di Sumedang, Buat traveler yng punya jiwa petualang tinggi, river tubing merupakan kegiatan yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicicipi. Cuma saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya kegiatan ini setiap traveler Perlu melakukan booking lebih dulu pada operator penyedianya yakni Kalahari Adventure.
15. Tempat Wisata Museum Prabu Geusan Ulun
Museum Prabu Geusan Ulun Foto : sky-adventure.com
Museum Prabu Geusan Ulun terdapat atau terletak di Jalan Prabu Geusan Ulun nomor 40 yng secara administratif salah satunya dalam Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengunjungi museum ini relatif gampang, lantaran letaknya berada di jantung Kota Sumedang serta berdekatan yang dengannya pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang yng berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Bandung ataupun 85 kilometer dari Cirebon.
Pada mulanya museum ini didirikan atas prakarsa Yayasan Pangeran Aria Atmaja yng ingin melestarikan banyak sekali benda peninggalan para raja serta bupati Sumedang dari abad ke-15 sampai-sampai ke-19 Masehi ataupun sejak zaman kerajaan hingga masa penjajahan Belanda. Serta, sesudah meminta izin kepada pihak keluarga Pangeran Sumedang dan menyiapkan segala sarana serta prasarananya, maka pada tanggal 11 November 1973 museum pun diresmikan yang dengannya nama Museum Yayasan Pangeran Sumedang.
Museum Prabu Geusan Ulun bersifat memorial yng di dalamnya menyimpan macam-macam benda bersejarah peninggalan para raja serta bangsawan Sumedang dari abad 15 sampai-sampai 19 Masehi. Benda-benda milik para bangsawan yang telah di sebutkan disimpan di empat buah gedung, yakni: gedung Srimanganti, gedung Bumi Kaler, gedung Gendeng, serta gedung Gamelan.
16. Tempat Wisata Alam Pangjugjugan
Tempat Wisata Alam Pangjugjugan
Berwisata di alam bebas tentunya akan memberikan suatu pengalaman yng Amat indah dalam kegiatan liburan kamu bersama yang dengannya keluarga dimana kita langsung menyatu yang dengannya alam serta merasakan bagaimana kesegaran nya.
Desa Wisata Alam Pangjugjugan merupakan tempat bagi pengunjungnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu bercengkrama yang dengannya alam, mampu mendengar desau pinus, merasakan gemericik air serta gemulai ikan seraya melihat elang terbang yang dengannya gagahnya di udara. Di lokasi ini pengunjung mampu belajar ihwal alam serta ilmu ke hidup-an.
Bagi kamu yng sedang berlibur ke Kabupaten Sumedang maka kamu wajib berkunjung ke Wisata Alam Pangjugjugan yng memberikan kesegaran alam yang dengannya menikmati pemandangan desa yng masih alami. Selain itu ada ramai sekali aktifitas yng mampu kamu nikmati di Wisata Alam Pangjugjugan yakni melihat macam-macam hasil pertanian, peternakan serta komoditi lain-lainnya.
Berlibur ke Wisata Alam Pangjugjugan tentu akan membuat perasaan kamu menjadi segar Kembali ditengah rutinitas pekerjaan yng begitu padat sehari-hari nya. Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Baca pun : Tempat Wisata di Tasikmalaya yng dijamin kamu suka
Bagaimana tempat wisata di sumedang bagus-bagus banget kan? mungkin kalo liburan anda sekalian mampu berwisata ke tempat yng telah saya rekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh, Demikian 16 Tempat Wisata di Sumedang Yng Wajib Dikunjungi mudah-mudahan ini mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh. Selamat Berlibur Kawan-kawan Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 16 Tempat Wisata di Sumedang Yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 16 Tempat Wisata di Sumedang Yang Wajib Dikunjungi