-->

Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri

- 2/26/2017

Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri

 
Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri, Tempat Wisata Terindah - Secara resmi, makam Imogiri mempunyai nama resmi semisal yng terdapat di gapura, yakni Pasareyan Dalem Para nata Pajimatan Girirejo Imogiri. Intinya bahwasanya di tempat ini terdapat makam para Raja Kasultanan Mataram Islam. Kerajaan Mataram Islam merupakan cikal bakal Kasultanan Yogyakarta serta Kasunanan Surakarta yng hingga era ini masih berdiri. Kerajaan Mataram didirikan oleh Panembahan Senopati. Makam Imogiri ini hingga era ini dibuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk umum, menjadikan bagi siapa saja boleh mengunjungi kompleks makam serta berziarah ke Para Raja Kerajaan Mataram ini.
Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri


Lokasi Pemakaman Imogiri


Makam Raja-raja Imogiri terdapat atau terletak di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.


Sejarah Makam Imogiri


Pembangunan Makam Imogiri diprakarsai oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo yng adalah Raja ke-3 Kerajaan Mataram pada tahun 1632 - 1640. Makam ini memanglah disiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makam Raja-raja Kerajaan Mataram yng sudah wafat beserta keturunannya. Ada cerita menarik seputar pemilihan lokasi Makam Raja Mataram ini. Pada waktu itu Sultan Agung belum mempunyai gambaran lokasi Makam yng akan di bangun. Beliau lantas melemparkan segenggam pasir yng diperolah dari Tanah Arab. Pasir ini lantas jatuh ke daerah Imogiri serta tempat jatuhnya pasir itu lantas dipakai menjdai lokasi pemakam kerajaan. Raja Mataram yng pertama yng dimakamkan di Pemakaman Imogiri yakni Sultan Agung Hanyokrokusumo sendiri.
Dalam sejarah selanjutnya Kerajaan Mataram pecah menjadi 2 kerajaan yakni Kasultanan Yogyakarta serta Kasunana Surakarta. Hal itu pun berpengaruh terhadap tata kelola pemakaman Imogiri yakni tata letak pemakaman lantas dibagi menjadi 2, sebelah timur bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemakaman raja-raja dari Kasultanan Yogyakarta serta sebelah barat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemakaman raja-raja dari Kasunanan Surakarta.


Raja yng Dimakamkan di Imogiri


Selain Sultan Agung ada 23 Raja yng dimakamkan di pemakaman Imogiri ini. Orang-orang dibagi dalam 8 kelompok, yakni
Kasultanan Agungan (Makam Sultan Agung, pemaisuri, Hamangkurat Mas serta Hamangkurat Amral.
Paku Buwanan ( Makam Paku Buwono I serta Paku Buwona II serta Hamangkurat Jawi )
Kasuwargan Yogyakarta ( Makam HB I serta HB III )
Besiyaran Yogyakarta ( Makam HB IV, HB V serta HB VI )
Saptorenggo Yagyakarta ( Makam HB VII, HB VIII serta HB IX )
Ksuwargan Surakarta ( Makam PB III, PB IV serta PB V )
Kapingsangan Surakarta ( Makam PB VI, PB VII serta PB IX )
Girimulya Surakarta ( Makam PB X, PB XI serta PB XII )
Demikian tadi sekilas wacana Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri Bantul Yogyakarta. Kamu bisa menemukan banyak sekali berita wisata menarik di Link wacana Tempat Wisata Kabupaten bantul serta Obyek Wisata Yogyakarta Lengkap.

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri