-->

18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

- 1/20/2017

18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

 
Tempat Wisata di Madiun - Madiun adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terdapat atau terletak 160 km sebelah barat Surabaya, ataupun 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah. Di kota ini terdapat pusat industri kereta api . Selain itu, Madiun dikenal mempunyai Lapangan Terbang Iswahyudi, yaitu satu dari sekian banyaknya pangkalan utama AURI, meski sebetulnya terdapat atau terletak di Kabupaten Magetan. Madiun mempunyai julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, serta Kota Industri.
Madiun ini berbatasan secara langsung yang dengannya Magetan serta Ngawi di sebelah barat serta pun berbatasan yang dengannya Nganjuk disebelah timur. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebelah utara berbatasan langsung yang dengannya Bojonegoro serta di sebelah selatan berbatasan langsung yang dengannya Ponorogo.
Di Madiun sendiri ramai sekali memiliki segudang tempat wisata yng Amat indah diantaranya semisal wisata alam dan wisata sejarah seluruh ada di Madiun, andai kamu ingin berlibur disinilah tempat yng cocok yakni madiun, dijamin kamu tak akan kecewa apalagi andai kamu berkunjung yang dengannya keluarga, pasangan maupun sahabat dijamin pasti liburan anda sekalian akan lebih menyenangkan.
Baca pun : 32 Tempat Wisata di Banyuwangi yng Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Madiun yng Wajib Dikunjungi
Yang akan di sajikan kali ini merupakan sejumlah tempat wisata di Madiun yng wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini merupakan wisata alam yng menawan.
1. Tempat Wisata Rekreasi Umbul Madiun
Tempat Rekreasi Umbul Madiun
Tempat wisata di Madiun yng pertama merupakan Tempat Rekreasi Umbul. Tempat rekreasi Madiun ini merupakan tempat yng Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersantai bersama yang dengannya keluarga. Tempat ini adalah sebuah tempat peninggalan Belanda yng sampai-sampai era ini masih Amat menarik serta masih Amat ternama di Madiun.
Di tempat ini kamu akan disuguhi yang dengannya pesanggrahan, kebun binatang mini serta yng paling menjadi favorit merupakan kolam renang air belerang, dimana orang-orang Amat betah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berendam di dalam kolam yng airnya bersuhu tinggi ini.
Berbeda yang dengannya taman lain pada biasanya, Taman Umbul memperlihatkan keindahan alam serta sesuatu yng berbeda. Kelebihan dari taman ini merupakan letaknya begitu yang dengannya alam. Taman Wisata Umbul berada di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo yng berjarak 20 km kearah selatan kota Madiun.
2. Tempat Wisata Air Terjun Saweru Madiun
Air Terjun Saweru Madiun
Air Terjun Seweru merupakan satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Madiun yng wajib kita kunjungi. Pemandangan air terjun disini Amat mampu membuat pikiran serta hati kita menjadi Amat tenang. Lantaran di tempat ini kamu mampu bersantai sambil ditemani bunyi gemericik dari percikan-percikan air terjun serta pun udara yng Amat sejuk serta segar.
Air Terjun Seweru berada pada ketinggian sekitar 400 mdpl. Air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis. Lokasinya air terjun ini berada di wilayah perkebunan kopi kandangan tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.
Jadi tempat ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan tempat melepas penat akan rutinitas sehari-hari. objek Wisata di Madiun yng satu ini Amat Suka dikunjungi orang-orang yng menyukai kegiatan rekreasi yng berhubungan serta bernuansa alam.
3. Tempat Wisata Alam Wana Wisata Grape Madiun
Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Madiun yng Amat disukai oleh orang-orang yng gemar berpetualang. Di tempat wisata ini kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yng umumnya kita lakukan di alam. Semisal misalnya kemah/camping, serta wahana-wahana alam lain-lainnya yng akan Amat menyegarkan pikiran kamu.
Selain itu, disini kamu mampu menikmati sebuah perdesaan yng disetting sedemikian rupa menjadi tempat wisata yng mengajak pengunjungnya mampu kembali menikmati suasana alam perdesaan, di tempat ini pun terdapat mata air alami yng berasal dari Pengunungan Dungus.
Lokasi tempat wisata ini berada di tepian hutan jati jadi suasanannya Amat tenang serta Amat natural. Di tempat ini pun tersedia taman bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua yng ingin menyenangkan anaknya.
4. Tempat Wisata Alam Gunung Wilis Madiun
Gunung Wilis Madiun
Gunung Wilis adalah satu dari sekian banyaknya gunung di Jawa Timur yng menantang bagi atau bisa juga dikatakan untuk didaki meski gak terlalu tinggi. Apalagi, gunung ini mempunyai beberapa puncak yang dengannya jalur pendakian dari beberapa kota. Satu dari sekian banyaknya jalur pendakian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjelajah Gunung Wilis merupakan lewat Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.
Andai mengawali pendakian, kamu mampu lapor dulu kepada petugas di pos Kempo yng terdapat atau terletak di perkebunan kopi Kandangan sesudah melewati Desa Kare. Selanjutnya, anda mampu meneruskan perjalanan yang dengannya sepeda motor ataupun menumpang ojek hingga ke dusun Pulosari. Sesudah itu, barulah anda mengawali trekking ke puncak.
Gunung wilis terkenal akan lebatnya hutan serta satwa liarnya, di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yng Amat indah, tidak sedikit dijumpai satwa liar, perbukitan, air terjun dan lembah.
5. Tempat Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun
Air Terjun Krecekan Denu
Tempat wisata Air Terjun Krecekan Denu berlokasi di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun ini berada tak jauh dari Wisata Grape. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju kelokasi air terjun ini, kamu telah dimudahkan yang dengannya jalan yng telah lebih halus yang dengannya aspal.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Jarak jangkaunya sekitar 20 KM dari pusat kota, meskipun debit airnya tak begitu deras akan tetapi air terjun setinggi tidak lebih lebih 20 meter ini mempunyai keindahan tersendiri.
Pengunjung mampu menikmati air terjun yang dengannya nuansa pegunungan serta pemandangan pegunungan yng indah, air yng jernih, serta dikelilingi bebatuan menjadikan menambah kesan artistik bagi para pengunjung yng ingin berfoto maupun sekedar menikmati suasana sambil bersantai sejenak.
6. Tempat Wisata Air Terjun Kucur Madiun
Air Terjun Kucur Madiun
Tempat Wisata Air Terjun Kucur Terdapat atau terletak di Dusun Pucang Sawit Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, air terjun ini salah satunya baru dikenal orang. baru pada tahun 2008 air terjun ini dikenal masyaraka, lantaran air terjun ini salah satunya air terjun buatan.
Pendapat dari cerita dulu di Dusun Pucang Sawit penduduknya Amat kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih meskipun sebetulnya berada dikaki pegunungan Wilis yng cantik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada musim kemarau.
Air Terjun ini bertingkat - tingkat ada 4 tingkatan pada tingkat teratas air terjun ini mempunyai ketinggian 15-20 meter, bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng lain cuma mempunyai ketinggian 2-3 meter saja.
7. Tempat Wisata Air Terjun Banyulawe Dong Madiun
Air Terjun Banyulawe Madiun
Tempat Wisata Air terjun Banyulawe terdapat atau terletak di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun yng berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis ini memperlihatkan suasana sejuk khas pegunungan yng bakal buat anda rileks sejadi-jadinya.
Air Terjun ini telah Suka dikunjungi malah di sekitar daerah air terjun pun telah didirikan warung-warung yng menjajakan makanan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati kesegaran air terjun Banyulawe. air terjun Banyulawe yng simpel namun mempesona.
Air terjun ini tersembunyi di balik hutan di desa Kepel Kecamatan Kare. Memanglah tak gampang menemukan air terjun ini, namun kalau nyasar, kamu mampu memanfaat GPS ataupun Genakan Penduduk Sekitar yang dengannya bertanya.
8. Tempat Wisata Waduk Bening Widas Madiun
Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas merupakan berupa bendungan yng terdapat atau terletak di Dusun Petung Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran jaraknya sekitar 40 km dari Koa Madiun. Walaupun cuma berupa waduk, tempat ini biasa dijadikan tempat wisata bagi warga sekitar. Di tempat wisata yng satu ini kamu akan disuguhi pemandangan alam yng Amat indah, yakni lereng-lereng gunung Kendeng serta bentangan hutan jati.
Selain itu, Disini kamu mampu menikmati segala pemandangan yng indah sambil menikmati sajian ikan bakar yng dimasak mempergunakan bumbu khas Madiun. Waduk ini airnya Amat melimpah andai musim penghujan tiba menjadikan waduk ini pun Suka dimanfaatkan menjdai waduk irigasi.
9. Tempat Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun
Situs Nglambangan Madiun
Situs Nglambangan merupakan sebuah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yng terdapat atau terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Ditempat ini terdapat sebuah pura yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan beberapa pusaka. Setiap malam 1 Suro, tempat ini pun dipakai oleh masyarakat sekitar menjdai tempat upacara norma.
Disini ada sejumlah bangunan serta artefak yng masih terjaga hingga saat ini, sepertiPura Lambangsari, Watu Dakon yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, dan Sendang Jambangan. Datang ke tempat ini, anda akan diajak kembali mengarungi masa lalu serta membayangkan kejayaan kerajaan Nusantara di masa dahulu.
10. Tempat Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun
Waduk Kedungbrubus
Waduk Kedungbrubus adalah sebuah bendungan yng letaknya berada di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun serta berbatasan langsung yang dengannya Kabupaten Bojonegoro. Bendungan ini mulai dibnagun pada tahun 2008 yng digunakan menjdai satu dari sekian banyaknya sarana penunjang irigasi serta pun sumber air.
Waduk Kedungbrubus berada di sekitar dusun Kedungbrubus. Fungsi dari waduk ini merupakan menjdai tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membendung peredaran air sungai. Waduk ini selain menjdai tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung air sungai menjdai sarana irigasi, pun dijadikan tempat wisata di Madiun.
Selain itu, Di pinggir waduk terdapat warung-warung makan yng menyediakan ikan bakar, jadi sambil menikmati ikan khas dari waduk, pengunjung pun bisa sambil menikmati keindahan hutan jati yng ada di sekitar waduk.
11. Tempat Wisata Makam & Masjid Kuno Taman
Makam serta Masjid Kuno Taman
Makam serta Masjid Kuno Taman adalah Peninggalan sejarah yng berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid ini merupakan Masjid Donopuro ataupun Masjid Besar Kuno Madiun. Cagar budaya ini berada di kompleks Makam serta Masjid Kuno Taman. Sesuai yang dengannya namanya, di tempat ini terdapat sebuah masjid kuno nan klasik yng masih berdiri kokoh.
Meski kuno, masjid ini pun telah terdapat sentuhan modern berupa tembok, alih-alih kayu. Meski begitu, mayoritas bagian masjid memanglah terbuat dari kayu. Salah satunya tiang penyangga yng berupa gelondongan kayu bulat. Masjid ini sudah ada sejak 1754. Di lingkungan masjid ini ada makam Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholfah yng tidak kalah kuno.
12. Tempat Wisata Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek merupakan monumen bersejarah yng adalah peninggalan serta menjdai saksi atas Peristiwa Madiun. Monumen Kresek terdapat atau terletak di Desa Kresek Kecamatan Wungu berjarak sekitar 8 km ke arah Kota Madiun.
Tempat ini biasa dijadikan menjdai tempat piknik bagi warga Madiun. Suasan yng teduh, pepohonan yng rindang serta udara yng sejuk Amat pas bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan kegiatan piknik. Pada tanggal 1 Oktober di tempat ini selalu diadakan upacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila oleh Pemkab Madiun serta diikuti oleh Peserta dari seluruh Kabupaten Madiun serta Kota Madiun.
Monumen Kresek pun memiliki fasilitas yng memadai untu para pengunjung yng mampir ke tempat ini, fasilitas yng disediakan merupakan menjdai berikut musholla, jogging track, rumah makan, serta mainan anak.
13. Tempat Wisata Sun City and Theme Park
Tempat wisata Sun City Water and Theme Park
Tempat wisata Sun City Water and Theme Park adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Madiun yng mampu dikunjungi, sesuai yang dengannya namanya tempat ini memperlihatkan wahana bermain air serta pun wahana permainan darat ataupun pun disebut theme park.
Tempat wisata ini letaknya Amat strategis lantaran berada di tengah kotadan berada dalam satu area yang dengannya Suncity Mall Madiun tepatnya berada di Jalan S. Parman No.8 Kota Madiun.
Sun City Water and Theme Park berlokasi di sebuah daerah wisata terpadu bersama The Sun Hotel serta Sun City Mall Madiun, selain mampu bermain air di waterpark yng dilengkapi yang dengannya perosotan, kolam arus dan permainan lain-lainnya, pengunjung pun mampu menikmati permainan yng tersedia di Sun City Theme Park.
14. Tempat Wisata Dumilah Water Park Madiun
Dumilah Water Park
Dumilah Water Park adalah tempat wisat yng berada di jantung Kota Madiun. Tempat wisata di Madiun ini menjadi destinasi tempat wisata utama bagi warga sekitar Madiun.
Di Dumilah Water Park para pengunjung bisa beranekaragam permainan air, serta telah terdapat fasilitas yng memadai. Fasilitas yng dimiliki oleh tempat wisata ini merupakan permainan zone, water zone serta pun terdapat pujasera.
Bagi para pengunjung yng hobi memancing, di tempat ini pun terdapat tempat pemancingan. Dumilah Water Park sangatlah cocok menjdai tujuan liburan akhir pekan bersama keluarga, disini pun tersedia banyak sekali wahana permainan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak.
15. Tempat Wisata Tirto Nirmolo Waterpark Madiun
Waterpark Galuh Tirtonirmolo
Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terdapat atau terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yakni sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya Amat nyaman. Cocok menjdai Wahana bermain anak-anak serta pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlibur bersama keluarga.
Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yng masing-masing ukurannya serta ada tidak sedikit prosotannya, ada yng bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak serta pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dewasa. Pun terdapat wahana permainan semisal bom bom car, bom bom boat, komedi putar, serta becak mini, serta masih tidak sedikit lagi. Yng tidak kalah menariknya ada Flying fox-nya. Ada pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyewa ban. Di dalam tidak sedikit pun yng jualan makanan serta minuman. Musholla pun ada.
16. Tempat Wisata Industri Jajanan Brem Asli Madiun
Brem Madiun
Brem adalah makanan khas dari Madiun. Makanan yng berbentuk persegi panjang serta padat ini Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh oleh. Bagi Kamu yng memiliki hobi makan camilan, jangan hingga ketinggalan merasakan oleh-oleh khas Madiun ini.
Rasanya Amat khas serta tak ada duanya menjadikan siapa saja yng memakannya pasti ketagihan. Sensasi makanan ini muncul disaat dimakan. Brem akan langsung mencair serta lenyap yang dengannya meninggalkan rasa dingin di mulut. Selain terkenal yang dengannya sebutan kota pecel, Madiun pun dikenal menjdai kota brem. Sebutan ini telah ada sejak puluhan tahun yng lalu.
Brem ini dibuat dari sari ketan yng difermentasikan, diambil sarinya lantas diendapkan, dimasak serta dikeringkan sampai-sampai mengeras. Rasanya yng manis pas banget buat dibawa pulang menjdai oleh-oleh.
17. Tempat Wisata Belanja Plaza Madiun
Plaza Madiun
Plaza Madiun adalah tempat pusat perbelanjaan terbesar di Madiun. Berlokasi di jalan Pahlawan, Mall ini didirikan pada tahun 2005. Mal ini terdiri dari 2 lantai yang dengannya penyewa - penyewa yng telah terkenal menjdai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Matahari, Hypermart, TB Gramedia, Es Teller 77,Permainan Fantasia serta masih tidak sedikit lagi. Kelebihan dari mall ini selain berada di tengah kota merupakan satu-satunya mall yng mempunyai bioskop di kota madiun.
18. Tempat Wisata Alun-alun Madiun
Alun-Alun Madiun
Mungkin kamu telah puas berkeliling di sekitar kota Madiun, tak ada salahnya bagi pengunjung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati hari yng tenang di alun-alun kota. Percis semisal yang dengannya Wisata Kampung Gajah - Lokasi - Wahana serta Masakan, tidak sedikit wahana yng mampu dinikmati di sekitar kota Madiun, serta tentunya wisatawan akan menikmati wisata masakan yng sedap di kota Madiun.
Di sekitar Alun-Alun, pengunjung mampu memperoleh tidak sedikit jajanan khas Madiun semisal brem ataupun mampu pun merasakan makanan khas kota Madiun ini yakni pecel. Tentunya tak semisal yang dengannya pecel biasa, pecel khas Madiun mempunyai rasa yng berbeda.
Pecel Madiun disajikan yang dengannya campuran sayur hijau, kecubung serta kemangi yng segar, ditemani yang dengannya daging semisal empal serta ati yng temani oleh nasi, sambal kacang serta tentunya kerupuk mampu membuat wisata di kota Madiun makin lengkap.
Baca pun : 17 Tempat Wisata di Surabaya yng Wajib Dikunjungi
Demikian mengenai 18 Tempat Wisata di Madiun yng Wajib Dikunjungi mudah-mudahan mampu memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh, andai kamu ingin bertanya wacana tulisan atau artikel ini, kamu mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi