-->

19 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

- 1/03/2017

19 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

 
Tempat Wisata di Klaten - Klaten merupakan sebuah Kabupaten yng salah satunya dalam Provinsi Jawa Tengah. Klaten mempunyai macam-macam potensi tempat wisata dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga hingga wisata religi. Tempat Wisata Klaten ini ada yng telah dikembangkan degan baik akan tetapi ada pun yng masih butuh tidak sedikit pembenahan dari Pemerintah Daerah.
Kabupaten Klaten terdapat atau terletak diantara dua pusat kebudayaan besar yakni Kerajaan Surakarta serta Kesultanan Yogyakarta. Hal itu memicu di Kabupaten Klaten pun masih kental yang dengannya norma kebudayaan yng hingga saat ini masih tidak sedikit dilestarikan semisal perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam serta wisata budaya, tempat wisata yng tidak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten merupakan wisata religi.
Klaten memiliki tidak sedikit tempat wisata yang dengannya pemandangan yng Amat indah, mungkin kamu ingin berlibur disinilah tempat yng cocok, dijamin kamu tak akan kecewa apalagi andai kamu berkunjung yang dengannya sanak saudara, maupun keluarga dijamin liburan anda sekalian akan lebih mengasikan.
Baca pun : Tempat Wisata di Purwakarta yng Wajib Dikunjungi
Nah pada peluang di artikel ini Aneka Wisata Seru akan menyarankan beberapa tempat wisata yng paling menarik dikunjungi di daerah Klaten, di klaten tempat wisata yng paling terkenal yakni Candi Prambanan mungkin anda sekalian telah tahu ihwal Candi Prambanan yng adalah situs warisan indonesia. Untuk itu saya akan mengajak kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkeliling daerah Klaten yng Amat menarik.
Tempat Wisata di Klaten yng Wajib Dikunjungi
Nah di artikel ini saya akan membahas beberapa diantara tempat wisata di Klaten yng Amat indah menjadikan Amat sayang andaikan tak dikunjungi. Berikut merupakan Tempat Wisata di Klaten Pilihan Paling Tidak sedikit Dikunjungi Wisatawan.
1. Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten
Candi Prambanan
Tempat wisata pertama yakni Candi Prambanan adalah satu dari sekian banyaknya kompleks candi yng terkenal di Indonesia serta ditetapkan UNESCO menjdai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tak percis yang dengannya Candi Borobudur yng adalah candi Buddha, Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu.
Kompleks Candi Prambanan pun disebut mempunyai seribu buah candi lantaran adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, akan tetapi sebetulnya cuma ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, namun terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini merupakan yng berada di sebelah timur.
Candi Prambanan terdapat atau terletak di dua kabupaten serta dua provinsi sekalian yakni Sleman, Yogyakarta, serta Klaten, Jawa Tengah. Andai kamu ingin berkunjung ke candi prambanan kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang dewasa sedangkan Rp12.500 bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak.
2. Tempat Wisata Air umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok
Tempat wisata sesudah candi prambanan yakni Umbul Ponggok merupakan satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, yng saat ini ini lagi ramai ramainya. Nama obyek wisata ini terdiri dua kata Umbul yng berguna mata air serta Ponggok merupakan nama sebuah desa. Jadi andai diartikan secara langsung memiliki arti mata air yng berada di desa Ponggok.
Tempat ini berupa mata air yng dijadikan menjdai kolam besar yng mampu dijadikan tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk snorkeling, berenang maupun diving. Disini kita mampu melakukan hal yang telah di sebutkan lantaran disediakan tempat penyewaan alatnya semisal Snorkel, kaki katak serta pun pelampung. Jadi kamu yng tak mampu berenang, jangan khawatir bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya menceburkan diri ke kolam ini.
Selain itu, disini terdapat jasa foto bagi atau bisa juga dikatakan untuk prewedding didalam air serta pun pernak pernik tambahan semisal sepeda, TV beserta stik playstation yng tentunya cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk properti foto di dalam air. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk foto pre wedding sendiri pada era menanyakan pada satu dari sekian banyaknya tempat penyewaan disitu, mematok satu setengah juta serta itu belum yang dengannya pakaiannya yng mampu kita bawa sendiri dari rumah. Harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp.5000/orang.
3. Tempat Wisata Mata Air Cokrotulung Klaten
Cokrotulung
Tempat wisata air seluas 10 hektar ini sebetulnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra. Akan tetapi, lebih terkenal yang dengannya sebutan Cokro Tulung lantaran letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten. Istimewanya merupakan air di tempat wisata ini jernih serta segar lantaran langsung dari mata air Cakra. Tidak cuma itu, tempat wisata di sini pun menyuguhkan wahana lain-lainnya, semisal waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, serta flying fox.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Klikers dikenai biaya retribusi hanyna sebesar Rp 10.500 per orang. Letak tempat wisata ini lebih dekat andai ditempuh Klikers yng berangkat dari Solo menuju Jogja, yaitu di simpang tiga arah pemancingan Janti, sebelum pertigaan Pakis, Delanggu.
4. Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten
Riverboarding
Riverboarding adalah satu dari sekian banyaknya wisata alam yng mampu dipilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi waktu luang maupun liburan kita biar menyenangkan. Wisatawan mampu melakukan river boarding di Sungai Pusur. River Boarding ini melintasi tiga desa di kecamatan Tulung serta pun Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 kilometer yng mampu ditempuh selama tiga jam.
Arus sungai sepanjang jalur river boarding ini bervariasi dari yng mengalir deras, jeram ataupun pun ada yng mengalir pelan. Arus akan bertambah deras andai debit air meningkat era musim hujan. kamu bakal merasakan sensasi mengarungi sungai yang dengannya arus sungai yng bervariasi, ada kalanya deras, jeram serta pelan. Namun jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.
5. Tempat Wisata Pemandian Jolotundo Klaten
Pemandian Jolotundo
Pemandian Jolotundo terdapat atau terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian ini mempunyai luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang yang dengannya kedalaman yng berbeda, 2 meter, 1.5 meter serta 1meter.
Tiket masuk pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanykan. Ada banyak sekali fasilitas yng disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar rubah pakaian, mushola, serta kantin.
6. Tempat Wisata Air Lepen Kencono Klaten
Wisata Air Lepen Kencono
Wisata murah di Klaten yng satu ini pun mampu menjadi pengganti liburan bersama keluarga. Namanya wisata air Lepen Kencono, berlokasi di Desa Polanharjo. Tempat ini adalah sebuah objek wisata baru di Klaten. Disini terdapat beberapa jenis wahana permainan semisal jembatan goyang, slider, tubbing anak, serta yng pasti airnya Amat jernih lantaran mempergunakan serta memanfaatkan sumber mata air Si Gedang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati seluruh wahana yang telah di sebutkan pun tak dipungut biaya.
7. Tempat Wisata Air Umbul Kapiler Klaten
Umbul Kapiler
Umbul Kapilaler merupakan tempat pemandian putri yng masih dipakai masyarakat setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa batu serta tanah. Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yng pun dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikemas menjadi air minum kemasan.
Umbul Kapilaler ini tak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin yang dengannya batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yng rindang membuat wisatawan betah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlama-lama di tempat ini. Tak dipungut biaya khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati umbul ini atau juga gratis. Cuma saja waktu sore serta pagi hari umbul ini dipakai masyarakat setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi. Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.
8. Tempat Wisata Galuh Tirto Nirmolo Klaten
Galuh Tirto Nirmolo
Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terdapat atau terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yakni sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya Amat nyaman. Cocok menjdai Wahana bermain anak-anak serta pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlibur bersama keluarga.
Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yng masing-masing ukurannya serta ada tidak sedikit prosotannya, ada yng bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak serta pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dewasa. Pun terdapat wahana permainan semisal bom bom car, bom bom boat, komedi putar, serta becak mini, serta masih tidak sedikit lagi. Yng tidak kalah menariknya ada Flying fox. Ada pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyewa ban. Di dalam tidak sedikit pun yng jualan makanan serta minuman. Disini pun ada Mushola.
9. Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten
Candi Merak
Candi Merak merupakan peninggalan purbakala berupa kompleks percandian di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi ini berada di sebelah barat laut dari wilayah Klaten, berbatasan yang dengannya Kabupaten Boyolali serta Kabupaten Sleman. Pendapat dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah luas kompleks candi Merak sekitar 2.000 meter persegi.Candi Merak terdiri dari satu candi induk yng menghadap ke timur serta tiga candi perwara yng seluruh menghadap ke barat ke arah candi induk.
Keelokan arsitektur bangunan candi Merak sejatinya tak kalah manakala dibadingkan yang dengannya candi-candi yng sepantaran pembuatannya semisal candi Sewu, candi Prambanan, serta candi Plaosan. Malah, konon candi ini seusia yang dengannya candi Bima yng ada di Kompleks candi Dieng. Prakiraan ini atas dasar adanya kudhu serta kala makara di candi Merak yng identik yang dengannya yng ada di candi Bima di wilayah dataran tinggi kabupaten Wonosobo yang telah di sebutkan.
Biaya tiket masuk ke Candi Merak Klaten gak tidak murah kok pemirsa. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 1.000. Sedangkan kalo mau pake guide serta berfoto-foto di komplek candi dipungut biaya Rp 10.000.
10. Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangan Klaten
Museum Gula Gondang
Museum Gula Winangan terdapat atau terletak di Gondangwinangun, kecamatan Jogonalan, kabupaten Klaten, yng berbatasan yang dengannya Propinsi Jogjakarta di sebelah barat serta Surakarta di sebelah timur. Bagi kebanykan orang, museum layaknya semisal tempat rosokan (barang bekas) yng tak lagi berfungsi serta tak butuh tidak sedikit dilihat. Maka tidak heran kalau museum adalah tempat wisata yang terakhir yng menjadi pengganti yang terakhir oleh kabanyakan masyarakat.
Didalam museum dipamerkan peta perkebunan gula yng ada diseluruh Jawa Tengah, salah satunya seluruh pabrik gula yng masih beroperasi maupun tak beroperasi. Diperkenalkan pun cara menaman tebu dan proses pemanenan di sawah, tidak sedikit foto-foto menjadi berita yng bernilai ihwal perkebunan gula jaman dulu, keadaaan gedung pabrik disaat masa awal didirikan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk biaya tiket masuk museum satu orang dikenakan Rp. 5.000,- . Lokasi museum ini letaknya cuma sekitar 10 km ke arah timur dari ujung Candi Prambanan (perbatasan Klaten – Jogja) ataupun perjalanan 10 menitan.
11. Tempat Wisata Alam Bukit Clongop Klaten
Wisata Bukit Clongop Klaten
Bukit Clongop merupakan nama suatu tempat di wilayah Watugajah Gedangsari. Terdapat atau terletak di sebelah utara kecamatan Gedangsari kira-kira berjarak 3 km dari kota kecamatan Gedangsari, ataupun berjarak 3 km kearah selatan dari balai desa Watugajah.
Lantaran letaknya yng tinggi, maka dinamakan Clongop. Pendapat dari bahasa Jawa clongop berasal dari istilah tansah angop (menguap). Ataupun mampu pun berasal dari kata clong-clongan lantas angop yng pengertiannya sesudah kita jalan-jalan lantas istirahat melepas penat lantas kita menguap lantaran ngantuk.
Pada hari minggu ataupun libur bukit Clongop Gedangsari ini tidak sedikit dikunjungi orang, baik kaum remaja, anak-anak ataupun orang tua lebih-lebih pada sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk refresing ataupun ingin melepaskan lelah, tidak ketinggalan para komunitas pothograper yng ingin mengambil momen pemandangan yng indah.
12. Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten
Candi Lumbung
Tempat wisata sesudah bukit Clongop, yakni Candi Lumbung. Candi ini berada di satu kompleks yang dengannya Taman Wisata Candi Prambanan, yakni di sebelah candi Bubrah. Candi ini sudah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yakni di Kabupaten Klaten.
Candi Lumbung mempunyai ukuran yng tak begitu besar, cuma berukuran 8,7 m x 8,7 m. Tinggi bangunan candi 8 m. Pada bagian tengah candi terdapat sebuah sumur candi yng digunakan menjdai tempat menyimpan kotak peripih. Candi Lumbung tak mempunyai candi pendamping (candi perwara) serta cuma berdiri menjdai candi tunggal.
13. Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten
Candi Sewu
Candi Sewu adalah kompleks candi Buddha terbesar kedua sesudah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Borobudur serta Prambanan. Candi Sewu Klaten berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari namanya kita mampu ketahui, bahwasanya candi ini mempunyai jumlah seribu, namun sebenarnya tak demikian.
Tepatnya, perpaduan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit ataupun candi antara, serta 240 candi perwara. candi ini berdekatan yang dengannya Candi Prambanan, yakni tidak lebih lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terdapat atau terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit serta candi perwara dalam susunan yng simetris.
14. Tempat Wisata Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen adalah tempat wisata yng berada di tempat pabrik gula gondang, lokasinya berada di Desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Disini para wisatawan mampu melihat bagaimana proses pembuatan gula pasir serta mengunjungi museum gula dimana kamu mampu mengetahui sejarah industri gula dari masa ke masa, selain itu disini pun ada Green Park yng menyediakan waterpark dan permainan semisal outbound, flying fox dan juga lain-lainya.
15. Tempat Wisata Rowo Jombor Klaten
Rowo Jombor Klaten
Rowo Jombor adalah sebuah cekungan ataupun rowo yng dikembangkan menjadi obyek wisata daerah. Dahulu Rowo Jombor cuma dimanfaatkan menjdai penampung air. Lantas dikembangkan menjadi tempat wisata yang dengannya cara membuat gethek (perahu penumpang dari bambu) di rowo serta masyarakat bisa membayar sejumlah uang andai ingin menaikinya.
Sesudah itu Rowo Jombor dikembangkan lagi yang dengannya membuat warung apung, yaitu tempat makan yng terapung di atas rowo. Warung apung ini jumlahnya puluhan serta masing-masing mempunyai nama tersendiri. Pembangunan warung ini dari rangkaian bambu serta dibawahnya dipasang drum agar bisa terapung.
16. Tempat Wisata Alam Deles Indah Klaten
Deles Indah
Deles Indah adalah objek wisata yng terdapat atau terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, yang dengannya ketinggan antara 800 – 1300m di atas permukaan laut. Lokasi ini memiliki potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan.
Dari lokasi objek wisata Deles Indah bisa dilihat pemandangan puncak merapi yang dengannya nyata, salah satunya pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan Pabrik Gula Gondang Baru serta perusahaan Pabrik Gula Ceper Baru, demikian pun Rawa Jombor yang dengannya jajaran gunung kapurnya. Lokasi Deles Indah sendiri terdapat atau terletak di bawah radius 10 km dari puncak Merapi ini telah dihuni kembali
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk ke wisata alam ini cukup murah . Cuma Rp 2.000 saja.serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ongkos parkir pun cuma Rp 2.000 saja. Cukup yang dengannya dana yang murah meriah anda mampu memperoleh pemandangan asik semisal ini.
17. Tempat Wisata Goa Suran Klaten
Goa Suran Klaten
Gua Suran merupakan Sebuah gua yng terdapat atau terletak di Kalurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom. Gua ini dipergunakan menjdai tempat sujud serta semedi Kyai Ageng Gribig pada waktu belum bias membuat masjid. Gua berbentuk leter L yang dengannya kedalaman ± 4 m. Disamping gua terdapat Sendang Suran menjdai tempat wudlu Kyai Ageng Gribig. Lokasi ini saat ini dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat penyebaran apem yng di lakukan tiap tiap bulan Syapar.
18. Tempat Wisata Masakan Warung Apung Rowo Jombor Klaten
Warung Apung Klaten
Warung Apung Rowo Jombor Klaten era ini menjadi satu dari sekian banyaknya wisata air unggulan di Kabupaten Klaten. Pada hari Minggu serta hari libur ramai sekali warga Klaten serta sekitarnya yng menyempatkan datang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati wisata masakan sajian masakan air tawar di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.
Warung Apung Jombor terdapat atau terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Rowo Jombor sendiri merupakan berupa cekungan yng luas serta bisa menampung air sampai-sampai 4 juta meter kubik. Awal mulanya Rowo Jombor ini digunakan menjdai waduk, akan tetapi lambat laun dikembangkan menjadi daerah wisata. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk ke tempat Wisata Rowo Jombor kamu akan dikenakan tarif karcis sebesar 5 ribu rupiah.
19. Tempat Wisata Religi Makam Sunan Pandanaran Klaten
Makam Sunan Pandanaran
Sunan Pandanaran adalah satu dari sekian banyaknya tokoh penyebar agama islam di Jawa, khususnya di Klaten serta sekitarnya. Beliau hidup se-jaman yang dengannya Wali Songo, akan tetapi memanglah tak salah satunya satu dari sekian banyaknya dari 9 wali yang telah di sebutkan. Makamnya terdapat atau terletak di perbukitan Jabalkat desa Paseban yng salah satunya wilayah kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampai-sampai era ini kompleks pemakaman yang telah di sebutkan tidak sedikit diziarahi masyarakat dari seluruh penjuru tanah air.
Makam terdapat atau terletak di perbukitan gunung Jabalkat, Paseban, Bayat, Klaten. Posisi makam berada pada ketinggian membuat suasana Amat hikmat serta tenang. Malah, pada malam hari tidak sedikit pengunjung yng melakukan ziarah serta melakukan tirakatan di lingkungan makam. Agar bisa masuk, Kamu Perlu membayar retribusi seharga Rp2.000 per orang.
Baca pun : Tempat Wisata di Jepara yng Wajib Dikunjungi
Demikian mengenai 19 Tempat Wisata di Klaten yng Wajib Dikunjungi mudah-mudahan mampu berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda sekalian seluruh, andai kamu ingin bertanya ihwal tulisan atau artikel ini, kamu mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini. Alfian Rizki Orang yng berhasil serta orang yng tak berhasil sebetulnya tak terlalu berbeda dalam hal kemampuan. Orang-orang cuma mempunyai perbedaan dalam hal keinginan.

Postingan terkait:



Source Articles & Image : anekawisataseru.blogspot.com

Seputar 19 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 19 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi