-->

Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yang penuh Misteri

- 1/31/2017

Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yang penuh Misteri

 
Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yng penuh Misteri, Tempat Wisata Terindah - Lawang Sewu merupakan sebuah tempat wisata sejarah yng ada di Kota Semarang. Mampu dikatakan Lawang Sewu adalah satu dari sekian banyaknya land mark di Kota Semarang yng Amat terkenal. Lokasi Lawang Sewu pun Amat gampang didapati lantaran Lawang Sewu terdapat atau terletak di wilayah Tempat Simpang Lima Semarang. Ramai sekali cerita mistis di seputar Lawang Sewu ini, menjadikan tempat ini pernah dijadikan menjdai lokasi syuting sebuah acara misteri. Konon katanya ramai sekali didapati penampakan di tempat ini lantaran memanglah Lawang Sewu ini terbilang Amat angker. Bagi kamu yng tinggal ataupun pernah tiinggal di Semarang pastinya tidak asing yang dengannya lawang sewu ini. Bagi yng berasal dari luar Semarang pasti akan bertanya-tanya, sebetulnya Lawang Sewu tempat apa ya ?
Lawang Sewu di Kota Semarang

Lawang Sewu di Kota Semarang


Sejarah Lawang Sewu Semarang


Bangunan Lawang Sewu yng berada di Kota semarang awal mulanya adalah bangunan yng diperuntukkan menjdai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij ataupun NIS yng adalah perusahaan pengelola jasa kereta api pada masa penjajahan Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 serta selesai pada tahun 1907. Awal mulanya kegiatan pengelolaan perkeretaapian ini dilaksanakan di Stasiun Semarang Gudang, akan tetapi lantaran pesatnya perkembangan jalur perkeretaapian di Pulau Jawa maka butuh kantor yng lebih luas, maka dibangunlah gedung yng dijuluki Lawang Sewu ini. Dalam proses pembuatan gedung baru ini NIS dibantu oleh Prof Jacob F Klinkhamer (TH Delft) serta BJ. uendag dalam urusan perancangaannya. Keduanya adalah arsitek yng berdomisili di Amsterdam Belanda.
Sesudah masa kemerdekaan RI gedung bekas NIS ini dipakai menjdai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) ataupun saat ini PT Kereta Api Indonesia. Lawang Seu pun pernah dipakai menjdai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) serta Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Pemerintah Kota Semarang yang dengannya Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu menjdai satu dari sekian banyaknya dari 102 bangunan kuno ataupun bersejarah di Kota Semarang yng patut dilindungi. Era ini bangunan tua Lawang Sewu yang telah di sebutkan telah mengalami tahap konservasi serta revitalisasi yng di lakukan oleh Unit Pelestarian benda serta bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.


Lawang Sewu Bawah Tanah


Hal menarik lain dari Lawang Sewu merupakan adanya ruangan bawah tanah yng terdapat dibawah gedung yang telah di sebutkan. Fungsi dari ruang bawah tanah ini sebetulnya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk saluran air serta melindungi kondisi ruangan diatasnya agar tak panas, maklum Kota Semarang mempunyai udara yng panas serta dekat laut. Jadi kondisi lorong di Lawang Sewu ini hampir selalu berair. Pada masa penjajahan Jepang, ruang bawah tanah Lawang Seu ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penjara, baik bagi pejuang pribumi serta beberapa orang Belanda. Penjara yng diciptakan Jepang ini merupakan berupa penjara jongkok. Dinamakan demikian lantaran penghuni penjara ini Perlu tinggal di dalam sebuah bak yng cuma mempunyai tinggi 0,5 meter serta lantas dibagian atasnya ditutup yang dengannya teralis besi. Di bagian bawahnya selalu digenangi air. Tidak heran andaikan tidak sedikit pejuang yng mati di penjara ini. Dari fenomena masa lalu semisal ini lah yng membuat Lawang Sewu mempunyai aura yng Amat angker.


Harga Tiket Masuk Lawang Sewu


Didasari berita di pengelola, era ini ada tiga jenis tiket yng diberlakukan di Lawang Sewu Semarang yakni Tiket bagi atau bisa juga dikatakan untuk dewasa umum merupakan Rp. 10.000, Tiket anak-anak Rp. 5000,- serta tiket bagi atau bisa juga dikatakan untuk pelajar merupakan Rp. 5000,-. Jam buka lawang Sewu sendiri merupakan dari mulai pukul 07.00 - 21.00.


Alamat Lawang Sewu Semarang


Alamat Lawang Sewu Semarang merupakan di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Jawa Tengah, Indonesia
Phone: +62 24 3542015
Demikian tadi Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yng penuh Misteri, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kamu yng ingin berkunjung ke Kota Semarang jawa Tengah.
Baca info wisata Semarang Lain-lainnya :
12 Tempat Wisata di Kota Semarang
12 Obyek Wisata Pilihan di Kabupaten Semarang

Source Articles & Image : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Seputar Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yang penuh Misteri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tempat Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang yang penuh Misteri